8 Cara Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Oleh

Anda bisa melakukan banyak hal untuk menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Mengambil aksi akan meningkatkan kesehatan Anda. Dan, mungkin, menyelamatkan hidup Anda. Segera lakukanlah dengan 8 cara ini.

1. Berhentilah merokok. Bila Anda merokok, Anda lebih berkemungkinan untuk terkena serangan jantung daripada nonsmoker,  dan Anda lebih berkemungkinan meninggal dunia bila Anda terkena serang jantung.

2. Perbaiki level kolesterol. Anda lebih berkemungkinan terkena penyakit jantung bila Anda punya:

  • Total tingkat kolesterol di atas 200
  • HDL (kolesterol “baik”) di bawah 40
  • LDL (kolesterol “jahat”) di atas 160
  • Trigliserida di atas 150

Kolesterol bukan satu-satunya hal yang penting. Dokter akan membeberkan semua hal yang berpotensi menjadi penyebab. Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, makanlah diet yang rendah kalori, rendah lemak jahat, dan rendah gula.

3. Kendalikan tekanan darah Anda. Banyak orang Indonesia memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi, membuatnya menjadi faktor penyakit jantung yang paling umum. Olahraga dan makan makanan sehat akan membantu mengurangi risiko ini. Beberapa orang mungkin membutuhkan obat untuk mengontrol tekanan darah mereka.

4,Aktif bergerak.  Orang-orang yang tidak berolahraga lebih berkemungkinan untuk terkena penyakit jantung dan meninggal karenanya daripada orang yang aktif. Periksakan ke dokter Anda sebelum memulai program olahraga baru, khususnya bila Anda biasanya tak pernah berolahraga. Dokter dapat memberitahukan Anda apa yang bisa Anda lakukan.

5. Jalani diet jantung sehat. Makan makanan yang rendah akan kolesterol dan lemak. Anda harus memakan lebih banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang, kedelai, dan makanan tumbuhan lainnya. Seratnya baik untuk kolesterol Anda, dan Anda akan mendapatkan vitamin dengan cara alami dari makanan.

6. Jaga di berat badan ideal. Menghilangkan berat badan yang berlebih itu bagus untuk jantung Anda. Hal ini juga dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi dan mengatasi diabetes.

7. Kontrol diabetes. Diabetes membuat penyakit jantung lebih mungkin terjadi. Banyak orang yang memiliki diabetes tidak mengetahuinya. Periksakan diri Anda dan obati.

8. Kelola stress dan emosi. Semua orang punya stres, dan normal untuk marah-marah jika Anda sedang kesal. Namun, ketika stres dan emosi memuncak, khususnya bila sering sekali terjadi, ini bisa menjadi masalah. Mengatur stres Anda dan mengendalikan emosi dengan cara yang sehat dapat mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca