6 Pilihan Makanan Sehat untuk Pasien Penyakit Ginjal

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting untuk kehidupan. Ginjal berfungsi untuk menyaring dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta menghasilkan hormon yang dapat menyeimbangkan cairan dan tekanan darah. Sayangnya fungsi tersebut tidak bekerja maksimal bagi pasien dengan penyakit ginjal, sehingga dibutuhkan perhatian khusus terutama pada makanan yang dikonsumsi.

Aturan makanan untuk penderita penyakit ginjal

Seperti yang telah diketahui, kerja utama ginjal adalah menyaring zat-zat yang tidak dibutuhkan dari makanan, minuman, maupun obat-obatan yang dikonsumsi.

Ketika organ ginjal mengalami gangguan, kotoran sisa atau limbah di tubuh akan menumpuk dalam darah dan menimbulkan berbagai masalah seperti pembengkakan atau sesak nafas. Oleh sebab itu, para pasien penyakit ginjal harus membatasi konsumsi pada makanan tertentu untuk mengurangi risiko kerusakan yang lebih serius.

Pola diet dan makanan untuk pasien penyakit ginjal sebenarnya berbeda-beda. Dokter yang bekerja sama dengan ahli diet akan menyusun menu sesuai dengan tingkat keparahan penyakitnya. Namun, umumnya pasien penyakit ginjal harus membatasi konsumsi makanan yang mengandung sodium, fosfor, dan kalium.

Sakit ginjal dapat disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan, salah satu yang paling umum adalah tekanan darah tinggi. Ketika makanan dengan kandungan sodium dan kalium dikonsumsi secara berlebihan, ginjal yang sudah mengalami gangguan tidak dapat menyaring zat tersebut dengan baik. Sisa dari keduanya akan menumpuk dan berujung pada meningkatnya volume serta tekanan darah.

Sedangkankelebihan fosfor akan menghambat penyerapan kalsium pada tubuh yang menyebabkan tulang menjadi rapuh. Tingginya kadar fosfor dalam darah juga bisa menimbulkan gejala seperti kulit gatal-gatal, nyeri sendi, dan nyeri tulang.

Untuk membantu mengendalikan tekanan darah dan menjaga agar penyakit ginjal tidak semakin parah, sebaiknya Anda membatasi konsumsi makanan dengan sodium dan kalium maksimal 2 gram dan fosfor maksimal 1 gram perhari.

Pilihan makanan sehat untuk penderita penyakit ginjal

Banyak pilihan sehat yang dapat menjadi menu makanan untuk Anda yang menderita penyakit ginjal. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Kembang kol

resep kembang kol

Kembang kol merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh. Satu penyajian kembang kol sebanyak 100 gram hanya mengandung 19 mg sodium, 176 mg kalium, dan 40 mg fosfor sehingga aman untuk dikonsumsi oleh para pasien penyakit ginjal.

Selain itu, kembang kol juga terdiri dari berbagai komponen yang bersifat anti-inflamasi yang dapat menjadi pencegah peradangan.

2. Blueberry

blueberry

Buah blueberry dikenal akan kandungan antioksidannya yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit. Tidak hanya memiliki potensi untuk mencegah kanker, penyakit jantung, dan menjaga kesehatan otak, buah blueberry juga dapat menjadi bahan makanan yang baik untuk pasien penyakit ginjal.

Kandungan sodium pada satu penyajian blueberry sekitar 148 gram hanya sebesar 1,5 mg, dengan kandungan kalium sebesar 114 mg dan fosfor sebesar 18 mg.

Anda bisa menikmati buah blueberry dengan memakannya langsung atau menambahkannya pada campuran smoothies yang Anda buat.

3. Ikan dengan omega 3 tinggi

daging ikan
Sumber: Cleveland Clinic

Manfaat asam lemak omega 3 untuk tubuh sudah banyak dikenal, beberapa di antaranya adalah mencegah penyakit jantung dan risiko detak jantung abnormal, menurunkan kadar trigliserida, serta membantu menurunkan sedikit tekanan darah. Omega 3 juga berpotensi sebagai pencegah penyakit autoimun.

Karena tubuh kita tidak bisa memproduksi zat ini sendiri, maka dibutuhkan asupan makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan salmon dan ikan kakap putih.

Daging ikan juga dapat menjadi sumber yang lebih sehat untuk memenuhi kebutuhan protein harian, namun Anda juga harus tetap membatasi konsumsinya.

4. Putih telur

Telur merupakan makanan yang mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh. Namun, jika Anda menderita penyakit ginjal, konsumsi kuning telur harus sangat dibatasi karena kandungan fosfornya yang tinggi.

Bila Anda ingin tetap mengonsumsi telur dengan aman, makanlah bagian putihnya. Selain cocok untuk menu diet renal, putih telur juga dapat menjadi makanan yang tepat bagi pasien penyakit ginjal yang menjalani pengobatan cuci darah dan membutuhkan asupan protein yang lebih tinggi.

Dua putih telur berukuran besar hanya mengandung sekitar 110 mg sodium, 108 mg kalium, dan 10 mg fosfor.

5. Bawang

bawang
Sumber: Study Finds

Bawang terutama bawang putih dan bawang bombai dapat menjadi pengganti garam pada makanan untuk pasien penyakit ginjal. Karena rasanya yang gurih, Anda tetap bisa menikmati makanan lezat tanpa khawatir akan melebihi batas asupan sodium perhari.

Tiga siung bawang putih hanya mengandung sekitar 1,5 mg sodium, 36 mg kalium, dan 14 mg fosfor. Sedangkan bawang bombai mengandung 3 mg sodium, 102 mg kalium, dan 20 mg fosfor. Hal ini menjadikan keduanya sebagai bahan makanan yang tepat bagi Anda yang ingin menjalani diet rendah garam.

Keduanya juga mengandung mineral mangan yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme asam amino, kolesterol, glukosa, dan karbohidrat.

6. Kubis kol

kubis

Tidak hanya rendah sodium, kalium, dan fosfor, hal yang istimewa mengenai kubis kol adalah kandungan serat tak larut yang akan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Serat tak larut yang tidak dipecah dalam usus akan membantu pergerakan organ pencernaan dan menambahkan sisa-sisa ampas pada feses. Kandungan serat dalam bahan makanan inilah yang membantu kerja ginjal pada pasien yang memiliki penyakit untuk mengeluarkan kotoran sekaligus mencegah sembelit.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 14, 2020 | Terakhir Diedit: Februari 21, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca