Leher sakit biasanya terjadi akibat otot-otot sekitar leher Anda menegang. Hal ini juga bisa diakibatkan oleh postur leher yang tidak benar. Postur leher ini sebenarnya terbentuk dari kebiasaan Anda sehari-hari, entah posisi duduk atau berjalan Anda yang tidak baik, sehingga memengaruhi postur leher. Lalu bagaimana memperbaiki postur leher agar leher tidak sakit lagi?

Gerakan “senam” mudah untuk meredakan leher sakit

Ada beberapa gerakan mudah dan sederhana yang bisa Anda terapkan untuk membuat postur leher Anda kembali baik dan normal, sehingga leher sakit tidak akan Anda rasakan lagi. Berikut adalah gerakannya:

1. Gerakan chin tuck

Berdirilah dengan posisi tegak dan lurus, kemudian taruh telapak tangan Anda di dada, tapi ibu jari Anda menyentuh dagu. Selanjutnya, gerakan kepala Anda ke belakang sehingga sejajar dengan tulang belakang. Gerakan ini akan membuat double chin (dagu berlipat) Anda terlihat. Lalu, kembali gerakan kepala ke depan hingga dagu mengenai ibu jari. Ulangi hal tersebut hingga 5-10 gerakan dalam satu kali.

2. Gerakan mengayunkan lengan

Gerakan ini bisa Anda lakukan ketika sedang bersantai di rumah atau saat Anda memiliki waktu luang. Pertama, berdiri sambil menegakkan tubuh. kemudian, angkat lengan Anda sejajar dengan dada dan tekuk ke atas. Ayunkan lengan yang sudah diketuk tersebut ke kanan, sejajar dengan bahu. Lalu tahan posisi tersebut beberapa saat dan lakukan bergantian pada lengan yang satunya.  

3. Gerakan menunduk

Cobalah untuk menaruh kedua telapak tangan di belakang kepala kemudian dorong kepala dengan tangan ke arah bawah. Selanjutnya, tahan posisi tersebut hingga 30 detik dan lakukan sebanyak 3 kali atau lebih.

4. Gerakan menyamping

Untuk membuat otot di leher meregang, maka Anda dapat mencoba gerakan ini. Mulailah dengan melingkarkan tangan kanan Anda di atas kepala hingga jari mencapai telinga. Kemudian tarik kepala Anda ke arah kanan dan tahan selama 30 detik. Ulangi hal tersebut sebanyak 3 kali dan bergantian dengan sisi yang sebelah kiri.

5. Gerakan bahu ke belakang

Anda harus duduk dengan tegak dengan kaki di letakkan di atas lantai dan lutut Anda membentuk 90 derajat. Posisikan kedua tangan Anda di samping badan dan kemudian tarik kedua bahu ke belakang, sehingga dada Anda membusung. Tahan posisi ini selama 3 detik dalam satu kali hitungan. Lakukan gerakan setidaknya 10 kali.

6. Gerakan meregangkan tangan

Luruskan kedua tangan Anda ke atas, kemudian tarik kedua tangan tersebut. Tahan selama kurang lebih 30 detik. Lakukan hal ini setidaknya 2 jam sekali, apalagi jika kegiatan Anda hanya duduk seharian di depan layar.

Semua gerakan tersebut akan membantu mengurangi gejala leher sakit yang Anda alami, sebab akan meregangkan semua otot-otot yang ada di sekitar leher. Untuk mencegah sakit pada leher, Anda juga sebaiknya melakukan olahraga rutin.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca