9 Penyebab Sakit Punggung yang Umum Terjadi pada Wanita

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 28 Maret 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Semua orang dapat mengalami sakit punggung setidaknya sekali seumur hidup. Namun, risiko sakit punggung mungkin lebih tinggi dan lebih rentan terjadi pada wanita dikarenakan hal-hal yang lebih spesifik. Berikut adalah beberapa penyebab sakit punggung pada wanita yang perlu Anda ketahui.

Berbagai penyebab sakit punggung pada wanita

Penyebab sakit punggung yang paling umum terlepas dari usia dan jenis kelamin adalah mempertahankan postur tubuh yang buruk.

Punggung bisa juga lama-lama terasa nyeri akibat salah melakukan gerakan, terlalu banyak mengulang aktivitas tertentu yang mengakibatkan tekanan berlebih pada punggung, dan cedera fisik.

Pada dasarnya, sakit punggung dapat timbul dari trauma atau kondisi medis yang berhubungan dengan tulang belakang, ligamen, cakram, serta saraf di sekitarnya.

Nah dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa penyebab sakit punggung yang spesifik hanya terjadi pada wanita atau yang lebih umum dialami kaum Hawa:

1. Dismenore

Dismenore adalah istilah medis untuk menggambarkan nyeri dan kram pada area perut bagian bawah sebelum atau selama haid berlangsung yang bisa menjalar ke punggung.

Nyeri haid terjadi ketika otot rahim berkontraksi cukup kuat untuk meluruhkan jaringan dindingnya.

Sakit punggung pada wanita yang terjadi selama haid biasanya bersifat ringan. Namun pada beberapa kasus, intensitas nyerinya bisa sangat hebat dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

2. Sedang hamil

Sakit punggung yang terjadi pada wanita saat hamil umumnya disebabkan oleh nyeri sciatica. Sciatica adalah nyeri yang disebabkan oleh saraf rusak atau terjepit. Hal ini terjadi ketika saraf sciatica rusak dan terjepit di punggung bawah akibat piringan sendi menonjol ke tulang belakang sehingga jadi menekan saraf.

Saraf terjepit umum dialami oleh ibu hamil akibat berat kandungan yang terus bertambah semakin memberikan tekanan berlebih pada persendian panggul. Perubahan posisi bayi juga dapat menambah tekanan pada saraf panggul dan menjadi penyebab sakit punggung pada wanita.

Perubahan cara bergerak dan postur tubuh saat hamil pun dapat menambah ketegangan pada otot punggung yang memicu nyeri.

3. Endometriosis

Endometriosis adalah kelainan ginekologis yang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan dinding rahim di luar rahim dan kemudian menumpuk jadi endapan. Lama-lama, endapan tersebut akan menyebabkan peradangan dan memicu nyeri pada perut bagian bawah. Ada pula beberapa wanita yang melaporkan nyeri terasa menjalar sampai ke punggung hingga kaki.

Gejala lain yang bisa dirasakan, di antaranya:

  • Menstruasi yang terasa sangat menyakitkan, terutama di daerah panggul.
  • Nyeri biasanya akan bertambah parah saat berhubungan seksual.
  • Rasa sakit atau nyeri di daerah genital

4. Coccydynia

Coccydinia merupakan nyeri di tulang ekor yang menjadi penyebab sakit punggung pada wanita pascamelahirkan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh trauma pada panggul akibat cedera setelah melahirkan.

Tulang ekor berfungsi sebagai penahan beban ketika Anda duduk. Maka saat tulang ekor mengalami cedera, Anda bisa merasakan sakit ketika:

  • Sakit ketika sedang duduk
  • Duduk di permukaan yang keras
  • Berdiri dari posisi duduk

5. Piriformis syndrome

Piriformis syndrome atau sindrom piriformis merupakan sakit atau nyeri pada otot area pantat. Nyeri di area ini biasanya diakibatkan oleh cedera otot akibat mengejan (ngeden) yang terlalu kuat saat bersalin.  Nyeri pada bokong akibat sindrom piriformis juga dapat terasa menjalar ke punggung.

Masalah medis ini lebih banyak dialami wanita juga akibat pengaruh perubahan hormon yang mengendurkan otot-otot panggul sebagai persiapan melahirkan.

Gejala lain dari sindrom piriformis dapat meliputi:

  • Rasa sakit atau nyeri di area pantat dan pinggul yang juga diperburuk karena gerakan pinggul.
  • Nyeri pada punggung atas dan bawah saat bangun tidur.
  • Tidak mampu duduk dalam waktu yang lama.
  • Rasa sakit atau nyeri yang menjalar sampai bagian belakang paha juga kaki.

6. Sacroiliac joint dysfunction

Disfungsi sendi sacroiliac dikatakan sebagai penyebab sakit punggung yang paling umum pada wanita.

Sendi sacroiliac merupakan penghubung antara bagian bawah tulang belakang dan tulang panggul. Nah, wanita biasanya mempunyai luas permukaan sendi sacroiliac yang lebih kecil, tidak merata, serta kurang melengkung dibandingkan pria.

Berbagai hal tersebut membuat sedikit saja tekanan dapat lebih terasa hebat di seluruh area sendi. Maka dari itu, wanita lebih cenderung rentan mengalami sakit punggung akibat disfungsi sendi sacroiliac daripada pria.

Pada wanita yang lebih muda, ini pun dapat menyebabkan risiko ketidaksejajaran sendi sacroiliac yang lebih tinggi. Gejala-gejala yang bisa dirasakan dari disfungsi sendi sacroiliac adalah:

  • Sakit atau nyeri punggung bagian bawah
  • Sakit atau pegal-pegal yang terasa langsung di atas bokong
  • Rasa sakit yang tajam dan menusuk sampai ke paha

Tidak hanya terasa saat Anda sedang duduk, sakit atau nyeri pada punggung juga bisa meningkat saat berbaring miring juga naik tangga.

7. Spinal osteoarthritis

Spinal osteoarthritis pun menjadi salah satu penyebab sakit punggung yang umum terjadi pada wanita. Risiko seorang wanita dapat lebih tinggi untuk mengalaminya dipengaruhi oleh pertambahan usia atau berat badan.

Spinal osteoarthritis adalah jenis osteoarthritis (pengapuran sendi) yang menyebabkan kerusakan pada tulang rawan di sendi facet yang ada di tulang belakang Tanpa adanya bantalan di antara tulang rawan, ruas tulang belakang dapat saling bergesekan sehingga menyebabkan rasa sakit.

Osteoarthritis pada tulang punggung juga dapat mengakibatkan:

  • Sakit atau nyeri di punggung bagian atas, bawah, pangkal paha, juga bokong
  • Punggung terasa kaku dan sakit di pagi hari

Rasa sakit dapat terjadi di satu sisi punggung Anda serta rasa lega ketika sedang membungkuk ke arah depan. Hati-hati dengan rasa sakit yang meningkat karena adanya tekanan.

8. Degenerative spondylolisthesis

Kondisi ini terjadi ketika cakram tulang belakang tergelincir karena aus (degenerasi). Biasanya, penyebab sakit punggung yang sat ini lebih rentan terjadi pada wanita yang mengalami menopause.

Saat menopause, kadar estrogen diproduksi lebih rendah dari baisanya sehingga mengakibatkan tulang rawan menipis dan ligamen yang menyatukan tulang belakang melonggar. Hal ini membuat ruas tulang belakang jadi tidak stabil.

Beberapa hal yang bisa dirasakan saat mengalami degenerative spondilolisthesis adalah:

Apabila Anda ingin meredakan rasa sakitnya, coba mencondongkan dan membungkukkan tubuh ke bagian depan.

9. Fraktur tulang belakang akibat osteoporosis

Osteoporosis terjadi ketika kepadatan tulang menurun sehingga tulang mudah retak dan patah. Kepadatan tulang yang berkurang membuat tubuh tidak mampu menyokong berat beban sebaik dulu sehingga saraf dan otot-otot punggung jadi tertekan. Hal inilah yang mengakibatkan nyeri punggung.

Wanita pun diklaim empat kali lebih rentan mengalami osteoporosis setelah menopause. Pasalnya, menopause membuat tubuh kekurangan hormon estrogen. Estrogen itu sendiri adalah hormon yang membantu menjaga kepadatan tulang.

Hal-hal lainnya yang dirasakan oleh tubuh saat mengalami patah tulang akibat osteoporosis adalah:

  • Rasa sakit menyebar di bagian depan sampai ke bagian jantung serta paru-paru
  • Sakit pada bagian punggung tengah juga punggung bawah

Saat mengalami salah satu penyebab sakit punggung pada wanita ini, tidak ada salahnya untuk berbaring secara telentang untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Tidur Nyaman Meski Punya Sakit Punggung

Tidur dengan sakit punggung yang kambuh tentu membuat Anda tidak nyenyak. Untuk mencegahnya, ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 4 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

Sering Sakit Punggung Saat Duduk? Jajal 7 Cara Ini untuk Meredakannya

Alih-alih membuat tubuh lebih nyaman, duduk kadang bisa membuat punggung nyeri. Dalam kondisi ini, bagaimana cara memulihkan sakit punggung saat duduk?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 Juli 2019 . Waktu baca 5 menit

Cara Memakai Ransel yang Benar Agar Terhindar dari Sakit Punggung

Seringkah Anda merasakan nyeri pundak dan punggung saat pakai ransel? Bisa jadi, cara memakai ransel Anda selama ini belum benar. Simak tipsnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Tips Sehat 14 Juli 2019 . Waktu baca 3 menit

Ternyata, Wanita Berpayudara Besar Lebih Sering Sakit Punggung

Katanya, wanita yang memiliki payudara besar beresiko terkena penyakit sakit punggung. Benar tidak ya omongan tersebut? Mari kita buktikan, di sini!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 9 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

osteoporosis

Osteoporosis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 10 menit
infeksi kandung kemih cystitis adalah

Infeksi Kandung Kemih

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 6 Agustus 2020 . Waktu baca 10 menit
mengatasi nyeri spondilolistesis

5 Cara Mengatasi Nyeri Akibat Spondilolistesis Secara Alami Hingga Medis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit
nyeri punggung pagi hari

Sering Nyeri Punggung Pada Pagi Hari? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 9 November 2019 . Waktu baca 4 menit