9 Pilihan Obat Sakit Kepala Alami yang Sudah Ada di Rumah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 September 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Jika penyebab sakit kepala tidak segera ditangani, nyeri berdenyutnya tentu semakin terasa berlarut-larut. Nah selain dengan obat sakit kepala di apotek, obat dari bahan alami atau herbal dapat menjadi pilihan ketika sakit kepala menyerang. Apa saja yang terbaik?

Obat sakit kepala herbal dan alami yang ampuh

Setiap orang dapat mengalami sakit kepala yang ringan atau mungkin cukup parah sehingga tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari. Cobalah untuk mencari tahu apa penyebabnya. Anda mungkin telat makan, kurang minum, stres, atau Anda terlalu lama duduk dalam posisi yang kurang nyaman.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebagian besar kasus sakit kepala umumnya bisa diredakan dengan perawatan rumahan menggunakan obat herbal dari bahan alami.



Berikut pilihannya:

1. Jahe

Jahe adalah rempah herbal yang digadang mampu menjadi salah satu obat sakit kepala alami.

Bahkan, sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Pythoter Resource membuktikan efek pereda nyeri jahe sama manjurnya seperti obat sumatriptan untuk mengatasi migrain.

Jahe tidak hanya dapat berfungsi sebagai bat sakit kepala, tapi juga bisa mengurangi rasa mual dan ingin muntah. Gejala-gejala seperti ini biasanya sering muncul saat Anda sudah mengalami sakit kepala yang cukup parah.

Sebagai obat untuk meredakan rasa sakit, Anda bisa menyeduh teh tawar dengan potongan jahe atau menggunakan jahe bubuk. Anda juga bisa mengonsumsi obat sakit kepala alami ini dalam bentuk suplemen.

2. Cuka apel

Obat sakit kepala alami lainnya adalah cuka apel. Menghirup uap hangat yang mengandung cuka apel diduga dapat meredakan sakit kepala akibat sinusitis. Kandungan kaliumnya pun dipercaya dapat mengurangi sakit kepala akibat migrain.

Sakit kepala itu sendiri juga menjadi keluhan nyeri yang paling umum dialami penderita diabetes. Sakit kepala pada diabetesi biasanya menunjukkan bahwa kadar gula darah mereka terlalu tinggi (hiperglikemia) atau justru merosot terlalu rendah, yang disebut hipoglikemia.

Semakin sering kadar gula darah naik turun mendadak tanpa pola yang jelas, semakin sering juga diabetesi mengalami sakit kepala. Nah, salah satu khasiat utama dari cuka apel adalah menetralkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Meski demikian. secara garis masih harus dilakukan penelitian lebih dalam lagi mengenai khasiat cuka apel sebagai obat sakit kepala herbal.

3. Kafein

Anda mungkin lebih sering mendengar bahwa kafein dapat menyebabkan sakit kepala. Padahal, justru kafein adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat sakit kepala. Bahkan, ada beberapa obat-obatan generik yang bekerja semakin baik jika dipadukan bersama dengan kafein.

Sebelum Anda merasakan sakit kepala, biasanya pembuluh darah cenderung akan membesar. Hal tersebut yang membuat Anda akan merasakan sakit di area kepala setelahnya. Nah, obat sakit kepala ini dapat mengatasi kondisi tersebut karena sifatnya yang mampu mengecilkan pembuluh darah sehingga meredakan rasa sakit.

Meski demikian, kafein memang bisa menyebabkan sakit kepala jika terjadi caffeine rebound, yaitu saat Anda mengonsumsinya  terlalu banyak. Maka dari itu, konsumsi kopi dengan bijak agar Anda bisa merasakan khasiatnya sebagai obat sakit kepala alami.

4. Peppermint 

Obat sakit kepala herbal lainnya adalah peppermint. Memijat minyak esensial peppermint ke pelipis telah terbukti mengurangi gejala sakit kepala tegang.

Minyak esensial peppermint diduga dapat melancarkan aliran darah dan peredaran oksigen di dalam tubuh. Aliran darah serta oksigen yang lancar menuju otak dapat membantu meredakan rasa sakit di kepala.

Anda juga bisa menggunakan peppermint sebagai minyak esensial yang dihirup, mencampurkan daun segarnya dalam teh hangat, mengonsumsi permen atau kapsul yang mengandung bahan alami ini, dan masih banyak lagi.

Selain itu, peppermint juga dikenal ampuh dalam mengatasi beberapa gejala dari sakit kepala seperti mual, stres, hidung berair, otot pegal linu sakit, dan berbagai penyumbatan di dalam tubuh.

6. Suplemen magnesium

Magnesium adalah pilihan lain dari obat herbal yang bisa Anda gunakan sebagai obat sakit kepala.

Magnesium adalah zat mineral alami di dalam tubuh yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil, meningkatkan kesehatan jantung, mengatur sistem saraf dan fungsi otot, membentuk tulang, DNA, dan protein di dalam tubuh.

Jika kekurangan zat alami ini, tubuh bisa mengalami sakit kepala, termasuk migrain. Itu sebabnya, meningkatkan kadar magnesium di dalam tubuh diduga bisa mengatasi sakit kepala akut dan mencegah Anda mengalami gejala migrain, termasuk hipersensitivitas terhadap cahaya dan suara, serta rasa mual dan ingin muntah.

Maka dari itu, Anda bisa menggunakan bahan alami ini sebagai obat untuk meredakan sakit kepala. Anda bisa menggunakan magnesium oksida dalam bentuk pil untuk meningkatkan asupan magnesium harian. Jika tidak, dokter mungkin akan  memberikan 1-2 gram magnesium sulfat dengan cara menyuntikkan obat ini melalui pembuluh darah jika Anda memiliki kesulitan untuk mengonsumsinya.

7. Makanan bersifat antiradang

Sakit kepala bisa disebabkan oleh peradangan. Maka dari itu, Anda bisa mencoba makanan yang mempunyai kandungan anti-inflamasi sebagai obat sakit kepala alami. Makanan ini tidak hanya akan membantu meredakan peradangan, tapi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Beberapa makanan bersifat antiradang yang bisa Anda coba adalah:

  • Seledri
  • Buah bit
  • Blueberry
  • Flaxseeds
  • Anggur
  • Alpukat

8. Gandum utuh

Obat alami sakit kepala lainnya yang bisa Anda coba adalah mengonsumsi whole grain atau gandum utuh sebagai asupan harian. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan tepung apabila Anda mengalami sakit kepala yang parah.

Gandum utuh diklaim dapat menyeimbangkan kadar gula darah yang mampu mengontrol terjadinya migrain.

9. Air

Sakit kepala adalah salah satu pertanda umum dari dehidrasi dan kelelahan fisik. Maka, cobalah untuk minum lebih banyak air putih jika sedang sakit kepala. Minum air yang cukup dapat membantu mencegah sakit kepala atau sebagai obat alami untuk mengurangi keparahannya.

Jika sakit kepala Anda disertai dengan haus, mulut kering, rasa lelah berlebihan, serta frekuensi buang air kecil yang jarang-jarang, segeralah minum segelas air.

Kebanyakan sakit kepala akibat dehidrasi atau kecapekan dapat sembuh dalam waktu tiga jam setelah minum. Namn, Anda tidak perlu minum berlebihan agar lebih cepat sembuh. Satu atau dua gelas air sudah cukup untuk membantu meredakan sakitnya dalam banyak kasus.

Tidak usah pula meneguk air cepat-cepat. Minum terlalu cepat kadang membuat orang tersedak atau muntah. Jadi, cara yang terbaik adalah menghirup perlahan tapi pasti. Anda bahkan bisa juga mengemut beberapa bongkah es batu jika sedang tidak ingin minum air.

Air putih adalah obat sakit kepala alami yang baik. Namun jika tidak ada air, Anda juga bisa meneguk minuman olahraga rendah gula yang mengandung elektrolit. Elektrolit adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi normal.

Dehidrasi dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Jadi mengisi ulang cairan tubuh dan elektrolit dengan minuman ini juga dapat membantu Anda merasa lebih baik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Makanan pedas sering kali diandalkan untuk mengatasi rasa sakit kepala atau migrain. Tapi benarkah makanan itu dapat menyembuhkan sakit kepala Anda?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat, Fakta Unik 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Warna dahak yang normal adalah bening. Jika Anda mengeluarkan dahak yang berwarna, maka hal itu adalah tanda dari kondisi medis. Apa arti dari warna dahak?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Batuk, Kesehatan Pernapasan 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Pertolongan Pertama untuk Mengobati Sengatan Lebah

Katanya, sengatan lebah bisa bikin seseorang meriang dan panas dingin. Lalu bagaimana cara pertolongan pertama dalam mengobati sengatan lebah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 23 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Bagi korban KDRT, meninggalkan pasangan yang abusive tak semudah itu. Ini dia alasan korban KDRT bertahan meski hubungannya sarat kekerasan dan kekejaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
keluarga sehat karena melakukan perilaku hidup bersih dan sehat

4 Tips Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Lindungi Diri dan Keluarga di Era New Normal

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
proses inflamasi

Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
memanaskan makanan

Bolehkah Memanaskan Makanan Dalam Wadah Plastik di Microwave?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Penyebab sakit pinggang

Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Sakit Pinggang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit