3 Kunci Atasi Pegal dan Nyeri Otot bagi Orang Kantoran yang Super Sibuk

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . 4 menit baca
Bagikan sekarang

Bekerja di depan layar komputer seharian setiap hari bikin tubuh kaku, pegal, dan nyeri. Belum lagi perjalanan dari rumah ke kantor yang membuat Anda perlu berjibaku dengan kemacetan jalanan. Rutinitas harian ini tak pelak membuat Anda mengalami pegal dan nyeri otot. Saat hal ini terjadi, tentu Anda perlu mencari berbagai cara untuk menghilangkan pegal setelah bekerja agar aktivitas di hari esok tidak terganggu.

Cara menghilangkan pegal setelah bekerja

Postur yang salah saat duduk, kursi yang kurang empuk, hingga posisi meja dan komputer yang tidak sejajar kerap membuat nyeri otot dan leher terasa sakit. Apalagi jika ditambah dengan menyetir dari rumah ke kantor menerjang macet atau mungkin berdiri berdesakan di angkutan umum setiap pulang dan pergi setiap hari.

Ketika tubuh mulai terasa pegal-pegal dan nyeri, jangan dibiarkan. Berikut berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan pegal setelah bekerja:

1. Istirahat yang cukup

tips tidur nyenyak

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience menyatakan bahwa kurang tidur bisa membuat badan makin sakit. Ini karena kurang tidur dapat mengacaukan kerja respon pereda nyeri di otak. Akibatnya, Anda jadi lebih sensitif terhadap rasa sakit.

Dengan kata lain, tidur menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan nyeri otot dan pegal setelah seharian bekerja.

Oleh karenanya, usahakan untuk segera beranjak ke kasur setelah bekerja untuk membantu menghilangkan rasa sakit. Agar tidur lebih nyenyak, Anda bisa mengatur suhu kamar terlebih dahulu. Jangan sampai suhu kamar terlalu panas atau terlalu dingin yang bisa membuat Anda terbangun di tengah malam.

Pastikan juga menemukan posisi yang nyaman saat tidur. Jika punggung terasa sakit, sebaiknya tidurlah dengan posisi telentang. Anda juga bisa tidur dengan posisi miring dengan menaruh bantal di antara kedua kaki.

2. Minum obat yang mengandung ibuprofen dan paracetamol

Nyeri otot dan pegal yang tak tertahankan terkadang justru bikin susah tidur. Alih-alih beristirahat, Anda justru terjaga sepanjang malam dengan nyeri yang sangat mengganggu. Jika hal ini terjadi, saatnya minum obat pereda nyeri untuk menghilangkan pegal dan sakit otot setelah bekerja.

PIlihlah obat pereda nyeri yang terpercaya karena mengandung formula efektif yang terdiri dari ibuprofen dan paracetamol. Kedua bahan aktif ini efektif meredakan nyeri di pusatnya termasuk pada otot setelah seharian bekerja.

Ibuprofen terutama mampu meredakan otot yang pegal dan nyeri karena memiliki efek antiradang. Obat yang mengandung kedua bahan aktif ini dapat dengan mudah dicari di apotek dan pasaran tanpa perlu resep dokter. 

Sebelum minum obat, baca petunjuk pemakaian pada kemasannya. Ikuti aturan pakaianya dan jangan mengurangi atau melebihi dosis yang dianjurkan agar obat bekerja dengan efektif.

3. Usahakan untuk tetap bergerak

yoga obat ejakulasi dini

Menggerakkan otot justru bisa meringankan nyeri otot. Terutama otot-otot punggung. Pasalnya, olahraga dapat membantu mengendurkan otot yang tegang. Tak perlu melakukan olahraga berat, Anda hanya perlu jalan santai, berenang, atau melakukan beberapa gerakan yoga setelah bekerja untuk menghilangkan atau meredakan pegal.

Olahraga juga melepaskan endorfin dalam tubuh. Endorfin yaitu zat kimia di otak yang menjadi penghilang rasa sakit alami.

Ketika endorfin dilepaskan, tak hanya rasa sakit yang akan berkurang tetapi stres akibat rutinitas harian juga perlahan menghilang. Rasa sakit dan stres yang berkurang bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Berolahraga secara teratur juga membantu mencegah nyeri di kemudian hari akibat otot yang menegang.

Jadi, tak perlu bingung lagi untuk menghilangkan otot yang pegal dan nyeri setelah bekerja. Jika berbagai cara ini tak juga mempan hilangkan nyeri dan pegal, konsultasikan ke dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Didi Kempot Tutup Usia Diduga Kelelahan, Bagaimana Hingga Jadi Fatal?

Kabari berita duka datang kembali dari dunia musik tanah air. Penyanyi campur sari, Didi Kempot dikabarkan meninggal dunia. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Berita Dalam Negeri, Berita 05/05/2020 . 5 menit baca

Kerja 4 Hari Seminggu Terbukti Bikin Karyawan Microsoft Makin Produktif

Microsoft Jepang belum lama ini mengurangi jam kerja karyawannya menjadi 4 hari seminggu. Hasilnya, para karyawan ternyata bertambah bahagia dan produktif.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Berita Luar Negeri, Berita 09/12/2019 . 3 menit baca

Dua Metode Menghilangkan Noda Merah Bekas Jerawat

Saat jerawat hilang, bukan berarti masalah selesai. Masih ada noda merah yang mengganggu selama berminggu-minggu ke depan. Begini menghilangkannya.

Ditulis oleh: Hello Sehat Medical Review Team
Penyakit Kulit, Jerawat, Health Centers 14/11/2019 . 4 menit baca

5 Kiat Atasi Nyeri Otot dan Sendi Akibat Sering Bawa Mobil Atau Motor

Selain melelahkan, terlalu lama menyetir kendaraan sendiri bisa memicu nyeri otot dan sendi. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri karena mengemudi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Nyeri Kronis, Health Centers 07/11/2019 . 5 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

nyeri otot dada

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Otot di Dada

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 24/05/2020 . 6 menit baca
nyeri otot paha

Nyeri Pada Otot Paha? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 20/05/2020 . 6 menit baca
nyeri otot punggung

Beragam Penyebab Nyeri Otot Punggung dan Cara Mengatasinya!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020 . 7 menit baca
meeting online melelahkan

Fenomena Zoom Fatigue, Meeting Online yang Melelahkan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 19/05/2020 . 6 menit baca