Bahayakah Radang Kanker Payudara dan Bagaimana Gejalanya?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Mikhael Yosia

Meski sama-sama kanker payudara, nyatanya ada berbagai jenis kanker payudara. Salah satu jenis yang langka dan sangat ganas adalah radang kanker payudara (inflammatory breast cancer). Mengapa kanker payudara inflamasi terbilang sangat ganas? Simak infonya berikut ini.

Apa itu radang (inflamasi) kanker payudara?

kapan rekonstruksi payudara yang terbaik

Inflamasi kanker payudara bisa berkembang dengan sangat cepat. Dalam hitungan beberapa bulan, mingguan, atau bahkan hari.

Radang kanker payudara (inflammatory breast cancer) adalah jenis kanker langka yang menyebabkan payudara menjadi bengkak dan kulitnya memerah. Peradangan ini disebabkan oleh sel kanker yang menghalangi pembuluh limfa di kulit payudara.

Radang kanker payudara cukup agresif dan bisa berkembang sangat cepat. Walaupun sangat jarang (1-2% dari total kasus kanker payudara secara keseluruhan), radang kanker payudara umumnya menyerang wanita berusia 50-an.

Apa ciri-ciri radang kanker payudara?

jerawat di puting payudara

Radang atau inflamasi kanker payudara tidak menyebabkan benjolan seperti kanker payudara pada umumnya.

Itu sebabnya Anda perlu mewaspadai beberapa gejala dari inflammatory breast cancer ini.

Gejala inflamasi kanker payudara biasanya muncul dan terus berkembang dalam waktu tiga sampai enam bulan pertama.

Dikutip dari Healthline, gejala radang kanker payudara adalah:

1. Perubahan warna pada payudara

Ciri-ciri radang kanker payudara paling awal yang bisa Anda amati adalah perubahan warna kulit payudara. Bisa berwarna merah, merah muda, hingga keunguan.

Perubahan warna kulit dapat terlihat seperti memar sehingga biasanya diabaikan begitu saja.

2. Payudara terasa nyeri

Sama seperti kanker payudara umumnya, inflammatory breast cancer akan menyebabkan payudara terasa nyeri dan hangat saat disentuh.

Rasa nyerinya akan semakin intens saat payudara ditekan. Nyeri tersebut juga umumnya muncul cukup mengganggu saat Anda tidur telentang atau selama memakai bra.

Selain nyeri dan hangat saat disentuh, kanker langka ini juga menyebabkan payudara terasa gatal terutama daerah sekitar puting.

3. Kulit payudara seperti tekstur kulit jeruk

Ciri-ciri radang kanker payudara yang perlu Anda waspadai berikutnya adalah tekstur kulit yang berubah kasar menyerupai kulit jeruk.

Jika sudah begini, Anda perlu segera cek ke dokter.

4. Perubahan kondisi puting

Inflammatory breast cancer akan menyebabkan puting berubah bentuk tiba-tiba. Bisa menjadi rata dengan area kulit di sekitarnya atau justru masuk ke dalam (puting terbalik).

Untuk mengetes apakah puting Anda rata atau terbalik, letakkan jempol dan telunjuk di sekitar areola dan tekan dengan lembut.

Puting yang normal akan bergerak maju setelah dicubit. Sedangkan puting yang rata tidak akan memperlihatkan pergerakan, baik ke luar maupun ke dalam. Saat puting terbalik, posisinya akan tetap berada di dalam meski telah dicubit dengan lembut.

Namun, tidak semua orang yang punya puting rata atau terbalik sudah pasti mengalami kanker payudara inflamasi. Pada sebagian orang kondisi puting tersebut masih tergolong normal dan bukan pertanda masalah kesehatan yang serius.

5. Kelenjar getah bening membesar

Peradangan kanker payudara dapat membuat kelenjar getah bening membesar. Oleh karena itu, segera konsultasikan ke dokter jika lokasi-lokasi kelenjar getah bening, seperti bawah ketiak, leher, dan di atas tulang selangka mengalami pembengkakan.

6. Payudara berubah ukuran

Inflammatory breast cancer dapat menyebabkan payudara semakin menebal dan membesar. Umumnya hanya di salah satu sisi payudara.

Payudara bengkak sebelah biasanya diakibatkan oleh sel kanker yang menyebabkan peradangan di dalam jaringan sisi payudara tersebut.

Namun demikian, dalam beberapa kasus peradangan justru membuat payudara menyusut tiba-tiba.

Bagaimana cara mendiagnosis radang kanker payudara?

tes kanker payudara

Dokter akan melakukan pemeriksaan klinis payudara, termasuk pemeriksaan visual payudara Anda. Dokter akan melihat perubahan warna kulit yang mungkin disebabkan oleh sel-sel kanker di kulit payudara Anda.

Jika payudara Anda bengkak, itu mungkin disebabkan oleh penumpukan cairan (disebut edema). Dokter akan memeriksa kelenjar getah bening terdekat dengan payudara Anda.

Jika kulit payudara Anda menyerupai kulit jeruk, dokter akan memberi catatan khusus. Gejala-gejala ini dapat berkembang dengan cepat. Kadang dapat muncul dalam semalam, terkadang perlu beberapa minggu atau bulan.

Berdasarkan pemeriksaan payudara klinis, dokter akan membuat diagnosis inflammatory breast cancer, tetapi harus dikonfirmasi dengan tes lainnya.

Kanker payudara peradangan bisa mirip dengan gejala kondisi lain, seperti mastitis. Biasanya, Anda akan diminta untuk menjalani beberapa tambahan tes berikut:

  • Mammogram, untuk memeriksa tumor atau penebalan kulit dan meningkatkan kepadatan payudara
  • USG, untuk melihat kelenjar getah bening aksila (di sekitar ketiak) dan massa payudara
  • Biopsi payudara, atau biopsi kulit
  • MRI, menampilkan gambar massa payudara dan perubahan kulit
  • Scan CAT dan PET, menampilkan gambar dari jaringan lunak, tulang, dan pembuluh darah dan kelenjar getah bening, mungkin lokasi metastasis

Stadium radang kanker payudara

kanker payudara stadium 1

Radang kanker payudara umumnya tumbuh dalam bentuk sarang atau lapisan, bukan benjolan. Peradangan itu kemudian menyebar ke bagian tubuh lain di luar payudara melalui melalui sistem getah bening.

Pertumbuhannya menjadi tumor bisa saja lambat. Namun, ketika kulit payudara terlihat meradang, dapat dikonfirmasi bahwa kanker telah berkembang dan dengan cepat menjalar ke permukaan.

Kanker payudara inflamasi selalu dikelompokan sebagai stadium 3b atau stadium 4 kanker payudara. Pada stadium 3b, artinya kanker lebih besar dari 5 cm pada setidaknya satu kelenjar getah bening, dan belum menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda.

Sementara itu, untuk kanker payudara stadium 4 berarti bahwa kanker berada pada dinding dada dan/atau kulit, kelenjar getah bening ikut terlibat, dan telah menyebar ke organ lain.

Penting untuk mengetahui stadium kanker Anda, karena sangat berpengaruh pada rencana pengobatan Anda dan peluang kambuhnya serta kelangsungan hidup.

Pengobatan radang kanker payudara

pengobatan kanker payudara

Radang kanker payudara bersifat agresif dan harus diobati dengan tepat.

Langkah awal yang diberikan adalah kemoterapi neoadjuvant, yang diberikan sebelum operasi. Anda akan dipantau dengan saksama untuk melihat bagaimana kanker Anda merespons pengobatan.

Beberapa pengobatan untuk kanker payudara inflamasi yang mungkin diberikan, antara lain:

  • Kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker dan tumor
  • Radiasi ke dinding dada Anda
  • Terapi biologi yang ditargetkan
  • Mastektomi untuk menghilangkan sisa kanker
  • Aksila diseksi kelenjar getah bening (pengangkatan kelenjar getah bening)
  • Terapi hormonal untuk mengurangi risiko kambuh

Bisakah radang kanker payudara kambuh lagi?

kanker payudara stadium 4

Inflammatory breast cancer memiliki risiko kambuh lebih tinggi dari jenis kanker payudara lain. Statistik menunjukkan bahwa angka harapan hidup 5 tahun untuk pasien radang kanker payudara adalah antara 25-50 persen. Angka ini jauh lebih rendah daripada tingkat kelangsungan hidup pasien kanker payudara jenis lainnya.

Jika telah didiagnosis radang kanker payudara stadium 3b dan menjalani perawatan efektif, Anda mungkin dapat hidup lebih lama dan memiliki kualitas hidup lebih baik.

Jika ditemukan lebih dini, kanker payudara yang mengalami inflamasi dapat diobati sebagai penyakit kronis, dan pasien mungkin dapat bertahan hidup lebih lama.

Setiap kasus tak bisa disamakan. Itu sebabnya, penting bagi Anda mendiskusikan dengan dokter mengenai rencana pengobatan kanker payudara inflamasi, kemungkinan sembuh, dan solusi lain demi penyembuhan yang lebih tepat.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 23, 2018 | Terakhir Diedit: Februari 6, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca