Makan Yogurt Dua Kali Seminggu Minimalisir Risiko Komplikasi Pada Wanita Hipertensi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Yogurt punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh selain melancarkan BAB. Khususnya bagi wanita pengidap hipertensi, membiasakan makan yogurt setidaknya dua porsi setiap minggu dapat membantu mencegah komplikasi hipertensi pada jantung. Bagaimana bisa?

Yogurt menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi ketika tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Hipertensi yang tidak dikelola dengan baik berpotensi menyebabkan komplikasi pada jantung, ginjal, dan berbagai organ vital tubuh lainnya.

Nah, mengutip dari WebMD, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang terbiasa makan yogurt sekitar 2-3 porsi per hari mengalami penurunan tensi hingga 50% dibandingkan orang yang tidak pernah makan yogurt sama sekali.

Sebuah penelitian lain juga melaporkan hal senada. Selain membantu menurunkan tekanan darah, rutin makan dua porsi yogurt setiap minggu meminimalisir risiko atau bahkan bantu mencegah komplikasi hipertensi terkait penyakit kardiovaksular.

Manfaat yogurt ini berasal dari kandungan kaliumnya, yang dapat menyingkirkan kelebihan natrium dari dalam tubuh. Natrium adalah mineral yang berperan meningkatkan tekanan darah. Natrium banyak ditemukan dalam makanan yang tinggi garam.

Penurunan risiko komplikasi terhadap penyakit jantung sebetulnya sama-sama bisa dirasakan oleh pria dan wanita yang terbiasa makan yogurt setiap minggu. Meski demikian, efeknya secara spesifik lebih terlihat berbeda pada perempuan.

Yogurt mencegah komplikasi hipertensi pada wanita

Menurut penelitian milik American Journal of Hypertension yang diterbitkan oleh Oxford University Press, baik pria dan wanita yang rutin makan yogurt setidaknya dua porsi yogurt per minggu mengalami penurunan risiko terkena stroke atau penyakit jantung koroner hingga 20 persen lebih rendah.

Menariknya, penelitian yang sama menunjukkan bahwa penurunan risiko serangan jantung sebagai komplikasi hipertensi jauh lebih rendah pada wanita yang rajin makan yogurt daripada pria. Risiko serangan jantung dilaporkan 30% lebih rendah untuk wanita, sementara pada pria hanya berkisar sekitar 19 persen.

Selain itu, rutinitas makan yogurt mingguan juga dikaitkan dengan penurunan risiko keharusan menjalani pembedahan pembuluh darah seperti bypass jantung atau angioplasty, hingga 16 persen untuk wanita yang memiliki hipertensi.

Penelitian ini mengamati sekitar 55 ribu wanita dan 18 ribu pria dengan tekanan darah tinggi setelah mengesampingkan faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi perubahan tekanan darah. Misalnya usia, ras, riwayat keluarga, aktivitas fisik, dan pola makan.

Yogurt stabilkan tekanan darah pada wanita non-hipertensi

Penelitian lainnya juga menemukan hubungan bagaimana yogurt bisa meminimalisir atau bahkan sama sekali mencegah risiko komplikasi hipertensi terkait masalah jantung pada wanita.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita sehat (dalam artian tidak berisiko atau memiliki riwayat hipertensi) yang pola makan hariannya paling cocok dengan pola diet DASH dan juga mengonsumsi lima porsi yogurt atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 31 persen lebih rendah untuk mengalami tekanan darah tinggi. Ini dibandingkan dengan wanita yang tidak menjalani diet DASH dan hanya makan yogurt satu porsi per minggu atau bahkan kurang dari itu.

Diet DASH adalah pola makan untuk mengurangi asupan natrium (garam), lemak, dan kolesterol. Sebagai gantinya, diet ini membuat Anda meningkatkan asupan protein, serat, serta vitamin dan mineral dari sayur dan buah-buahan serta gandum utuh dan kacang-kacangan

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Oktober 23, 2018 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca