Perubahan Gaya Hidup untuk Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Oleh

12 ons bir

  • 5 ons anggur
  • 1 ons 80-proof wiski, rum, vodka

Merokok

Merokok menciptakan kondisi yang lebih mudah bagi kolesterol untuk menempel ke dinding arteri, sehingga memicu penyumbatan arteri. National Institutes of Health memberikan daftar alasan berikut untuk berhenti merokok:

  • Mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke
  • Mengurangi risiko terkena kanker paru-paru, emfisema, dan penyakit paru-paru lainnya
  • Mampu naik tangga dan berjalan tanpa kehabisan napas
  • Memiliki kulit yang lebih muda, dengan keriput lebih sedikit
  • Menghilangkan batuk di pagi hari
  • Mengurangi jumlah batuk, pilek, dan sakit telinga yang akan dimiliki anak Anda
  • Memiliki lebih banyak energi untuk melakukan kegiatan fisik Anda

Dalam waktu dua puluh menit dari rokok terakhir Anda, tekanan darah dan  denyut nadi Anda mengalami penurunan. Dalam waktu delapan jam, tingkat karbon monoksida dalam darah Anda normal. Setelah sepuluh tahun berhenti merokok, risiko kematian Anda akibat kanker paru-paru hampir sama dengan seseorang yang tidak pernah merokok. Setelah lima belas tahun tidak merokok, risiko stroke atau penyakit jantung Anda akan sama seperti  orang yang tidak merokok seumur hidupnya.

Fokuslah pada diet sehat, menjaga berat badan, dan olahraga sebagai perubahan gaya hidup yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Perubahan gaya hidup

merupakan langkah tambahan yang akan membantu menurunkan tekanan darah Anda, termasuk berhenti merokok dan membatasi konsumsi alkohol.

Alkohol

Konsumsi alkohol yang sehat tidak lebih dari satu gelas per hari untuk wanita, dan dua gelas untuk laki-laki. Selain meningkatkan tekanan darah, alkohol merupakan sumber minim kalori yang dapat membuat  Anda sulit untuk menurunkan berat badan. Alkohol dapat menyebabkan peningkatan trigliserida, yang merupakan risiko penyakit jantung lain.

Banyak orang mengonsumsi alkohol berlebihan dalam pergaulan sosial. Sebuah strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan bergantian minum alkohol dengan air atau minuman non-alkohol lainnya. Dengan cara ini Anda masih memiliki minuman di tangan Anda, tetapi Anda tidak minum alkohol.

Apa yang dianggap sebagai “satu gelas minuman”?

Jadi, semakin cepat Anda berhenti merokok, semakin tubuh Anda akan berterima kasih.

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca