Tips Menggunakan Minyak Zaitun untuk Mengobati Sembelit

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Minyak zaitun sangat populer untuk kesehatan jantung, kulit, dan rambut. Ternyata, manfaatnya tidak hanya itu saja. Minyak zaitun juga memiliki khasiat untuk mengobati sembelit alias susah BAB. Kok bisa, ya? Yuk, cari tahu lebih dalam mengenai manfaat minyak zaitun ini pada ulasan berikut.

Khasiat minyak zaitun untuk mengobati sembelit

microlax adalah obat sembelit

Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak yang terbuat dari buah zaitun (Olea europaea). Minyak ini biasanya digunakan untuk memasak makanan atau bahan dasar pembuatan kosmetik. Studi pada Journal of Renal Nutrition tahun 2015 menemukan potensi minyak zaitun untuk mengatasi sembelit.

Sebanyak 50 pasien yang melakukan cuci darah dan mengalami sembelit diminta untuk minum oil mineral, minyak zaitun, dan minyak biji rami dengan dosis 4 mL per hari. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan ketiganya berhasil mengatasi sembelit pada pasien yang menjalani cuci darah.

Sembelit adalah gangguan pencernaan yang sangat umum terjadi. Tak hanya susah buang air besar, sembelit juga menimbulkan gejala mengganggu, seperti perut kembung dan mulas. Penyebab sembelit sangat beragam, tapi paling sering terjadi karena kurang asupan serat, malas olahraga, dan kebiasaan menahan BAB.

Setelah ditelusuri lebih dalam, khasiat minyak zaitun dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan yang berkaitan dengan sembelit, antara lain:

1. Melumasi lapisan usus

Bahan aktif yang terkandung pada minyak zaitun ternyata bekerja seperti obat untuk sembelit. Minyak zaitun akan melumasi lapisan usus sehingga mempermudah makanan bergerak melewati usus besar.

2. Merangsang usus bergerak lebih cepat

Sembelit terjadi akibat usus yang bergerak lebih lambat. Nah, vitamin E, vitamin K, antioksidan, omega 3, dan asam lemak dari minyak zaitun dapat merangsang kontraksi usus. Semakin besar kontraksinya, feses yang tersumbat di usus akan lebih mudah terdorong ke anus dan dikeluarkan dari tubuh.

3. Meningkatkan fungsi kantong empedu

Kandungan lemak di dalam minyak zaitun berfungsi mendorong kantung empedu untuk melepaskan enzim pencernaan agar cepat mencerna makanan yang masuk. Di samping itu, minyak ini menghambat efek stres oksidatif yang mempengaruhi produksi empedu dalam hati. 

4. Berpotensi mencegah peradangan

Bakteri Helicobacter pylori dapat menyebabkan infeksi dan luka di lapisan dinding perut. Jika kondisi ini terjadi, sembelit adalah satu gejala yang ditimbulkan.

Minyak zaitun diketahui tetap stabil ketika berada di dalam lingkungan pencernaan yang asam akibat bakteri tersebut. Ini memberi peluang lemak tak jenuh dari minyak zaitun untuk memperkuat lapisan lendir di usus yang melemah.

Cara pakai minyak zaitun untuk mengobati sembelit

minyak zaitun untuk jerawat

Jika Anda berminat mengatasi sembelit dengan minyak zaitun, Anda bisa menggunakannya dengan cara berikut ini.

1. Telan langsung minyak zaitun

Konsumsi 1 sendok makan minyak zaitun setiap pagi, ketika perut Anda masih kosong. Lakukan juga di malam hari sebelum tidur. Ikuti metode ini setiap hari selama beberapa minggu sampai mulai terasa lancar buang air besar.

2. Kombinasikan minyak zaitun dengan minuman sehari-sehari

Kalau Anda tidak suka atau sulit menelan satu sendok makan minyak zaitun secara langsung, boleh kombinasikan dengan minuman sehat lainnya seperti beberapa contoh di bawah ini:

Susu dan minyak zaitun

Kombinasi susu hangat dan minyak zaitun dapat membantu melunakkan feses tinja yang keras. Minyak zaitun dan susu juga berfungsi memberikan kelembaban pada usus sehingga tidak sakit saat proses mengejan.

Kopi dan minyak zaitun

Untuk mengatasi sembelit, tambahkan dua sendok gula minyak zaitun dalam secangkir kopi hangat Anda di pagi hari. Kopi dan kandungan zaitun akan berperan sebagai pencahar alami untuk sembelit. Dengan ini, kopi juga menjadi salah satu bahan alami untuk proses membersihkan usus besar.

Buah dan sayuran yang dijus

Anda bisa membuat smoothies dari buah dan sayur yang kaya serat, jangan lupa tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun di tiap gelasnya. Serat dari sayur dan buah akan merangsang intensitas buat air besar menjadi lebih teratur dan lancar.

Salad

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk sembelit dengan mencampurkannya pada salad sayur. Khasiat minyak zaitun ditambah dengan serat dari salad dapat membantu melancarkan BAB.

Tips pakai minyak zaitun untuk mengatasi sembelit

mengatasi impotensi obat impotensi alami

Meksi sudah penelitian yang menunjukkan potensi minyak zaitun untuk mengatasi sembelit, Anda tidak boleh menggunakannya tanpa aturan. Supaya tidak menimbulkan masalah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, meliputi:

Takaran minyak zaitun untuk sembelit

Pada dasarnya, minyak zaitun bukan seperti obat sembelit medis yang telah diatur dosisnya. Jadi, tidak ada ketetapan seberapa banyak minyak zaitun perlu diminum untuk mengatasi susah BAB.

Departemen Pertanian di Amerika Serikat menyarankan bahwa asupan minyak zaitun per hari adalah 1 sendok makan. Pada takaran tersebut, minyak zaitun menyediakan nutrisi, di antaranya:

  • 119 kalori
  • 13,5 gram lemak total dengan lemak jenuh sebesar 1,86 gram
  • 1,9 mg vitamin E
  • 8, 13 mcg vitamin K

Pilih minyak zaitun yang tepat

Anda akan menemukan beragam jenis minyak zaitun kemasan. Akan tetapi, yang sebaiknya Anda pilih adalah minyak zaitun ekstra virgin. Alasannya, karena jenis minyak ini tidak melewati banyak proses pemanasan atau proses kimia sehingga lebih banyak kandungan antioksidannya.

Bila Anda perhatikan minyak zaitun ekstra virgin memiliki bau dan rasa yang lebih kuat, ketimbang minyak zaitun biasa yang rasa dan baunya jauh lebih ringan. Selain itu perhatikan bahwa minyak zaitun yang Anda pilih bisa dikonsumsi, bukan yang diaplikasikan ke kulit.

Ketahui efek sampingnya

Minyak zaitun yang memiliki sifat seperti pencahar alami, bisa melancarkan BAB pada beberapa orang bila diminum dengan dosis kecil. Ini memungkinkan terjadinya diare jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Jadi, sebaiknya ikuti anjuran yang disebutkan di atas agar tidak menimbulkan masalah.

Pada beberapa orang, minyak zaitun bisa memicu reaksi alergi. Jadi, pastikan lebih dahulu jika Anda tidak memiliki alergi pada buah zaitun.

Konsultasi ke dokter

Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu sebaiknya konsultasi lebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi sembelit.

Terutama pada pasien diabetes, karena penggunaan minyak ini bisa menurunkan kadar gula darah. Dikhawatirkan jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan hipoglikemia atau kadar gula darah merosot lebih rendah dari batas normal. Kondisi ini tentunya sangat membahayakan diabetesi.

Begitu pula jika Anda sedang menggunakan obat-obatan tertentu. Zat aktif pada minyak zaitun kemungkinan dapat bereaksi dengan obat lain yang akhirnya menimbulkan efek samping atau mengurangi efektivitas pengobatan yang dilakukan.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 10, 2017 | Terakhir Diedit: Februari 16, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca