7 Cara Jitu Mencegah Sakit Maag Agar Tidak Gampang Kumat

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21/04/2020
Bagikan sekarang

Saat maag menyerang, Anda mungkin akan merasakan mulas, kembung, mual, atau panas di dada (heartburn). Tentunya, gejala ini dapat mengganggu aktivitas harian Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kondisi ini bisa dicegah. Lantas, apa saja cara mencegah sakit maag? Yuk, contek beberapa caranya berikut ini.

Cara mencegah sakit maag kumat

Berbicara tentang maag, Anda mungkin menganggapnya sebagai penyakit, padahal sebenarnya tidak demikian. Menurut situs Mayo Clinic, maag adalah sekumpulan gejala yang terdiri dari perut mual, mulas, kembung, dan heartburn.

Tidak hanya gejala, penyebab maag pun beragam. Ini bisa terjadi akibat pola makan yang kurang baik, kebiasaan buruk, infeksi bakteri H. pylori, penggunaan obat NSAID jangka panjang, hingga masalah kesehatan tertentu.

Jika Anda tidak ingin penyakit maag kembali mengganggu, Anda bisa mencegah kondisi tersebut dengan cara berikut:

1. Memilih makanan yang tepat

makanan untuk sakit maag

Makanan pedas, asam, asin, dan berlemak bisa memicu kambuhnya gejala maag karena dapat merangsang produksi asam lambung lebih banyak atau menyebabkan kontraksi pada otot sekitar perut. Oleh karena itu, memilih makanan yang tepat menjadi salah satu cara untuk mencegah sakit maag.

Beberapa pilihan makanan yang aman dikonsumsi untuk orang yang sakit maag, antara lain:

  • Sayuran hijau seperti brokoli, asparagus, kacang hijau, seledri, dan kembang kol
  • Umbi-umbian seperti kentang, wortel, lobak, atau bit
  • Oatmeal rendah gula dan kaya serat
  • Roti gandum whole wheat atau whole grain yang belum diproses karena dipenuhi dengan serat, vitamin, dan nutrisi lainnya dan nasi merah
  • Daging unggas, makanan laut, dan putih telur
  • Berbagai jenis buah yang matang dan tidak asam, seperti melon, pepaya, atau semangka

2. Menyajikan makanan dengan benar

cara mencegah maag

Jika pilihan makanan sudah sesuai, Anda juga perlu memperhatikan cara mengolah makanan. Pasalnya, pilihan makanan di atas jika dimasak menggunakan banyak cabai, lada, bawang-bawang, atau cuka, tetap akan memicu munculnya gejala maag. Untuk itulah, cara Anda mengolah makanan juga termasuk kiat untuk mencegah sakit maag.

Anda sebaiknya tidak menggoreng makanan, karena kandungan lemak pada makanan jadi lebih tinggi. Lemak lebih sulit untuk dicerna sepenuhnya, sehingga akan tinggal lebih lama di perut Anda. Sebaliknya, cobalah resep makanan yang dikukus, direbus, dibakar, atau di panggang.

Kemudian, sajikan makanan yang telah matang di atas piring dengan porsi kecil. Cobalah untuk menghindari makan makanan dalam porsi besar secara sekaligus.

Pada sebagian besar kasus maag, otot sphincter pada kerongkongan lemah dan adanya makanan yang banyak bisa memberikan tekanan pada perut, sehingga menyebabkan refluks asam.

Daripada makan 2 atau 3 kali sehari dalam jumlah besar, Anda bisa makan 4 sampai 5 kali dengan porsi yang lebih kecil. Cara ini cukup ampuh mencegah munculnya gejala maag, seperti perut kembung dan mual.

3. Mengubah kebiasaan buruk saat atau setelah makan

makanan untuk penderita maag makanan untuk penderita asam lambung

Selain pilihan makanan, kebiasaan buruk saat atau sehabis makan juga bisa jadi pemicu maag, contohnya makan dengan terburu-buru. Kebiasaan buruk yang membuat maag kumat dan sebaiknya Anda ubah, antara lain:

Tidak berbaring atau tidur setelah makan

Setelah makan, produksi asam lambung akan meningkat. Jika Anda langsung tidur setelah makan, asam lambung akan lebih mudah naik ke atas menuju kerongkongan menimbulkan heartburn.

Luangkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam sebelum Anda memutuskan untuk tidur. Pastikan Anda duduk dengan tegak selama 30 menit setelah makan. Cara lainnya untuk mencegah maag adalah menghindari makan porsi besar mendekati jam tidur.

Jangan minum kebanyakan air

Setelah makan, Anda tentu butuh air untuk melancarkan proses jalannya makanan. Tidak hanya itu, air juga membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi. Akan tetapi, ini tidak berarti Anda boleh minum air banyak-banyak.

Minum air memang penting, tapi jangan terlalu banyak karena ini bisa membuat Anda kekenyangan dan tekanan di perut jadi semakin besar. Alhasil, hal ini malah akan memicu munculnya gejala maag setelah Anda makan.

4. Berhenti minum alkohol dan merokok

obat berhenti merokok maag

Munculnya gejala maag memang sangat berkaitan erat dengan pola makan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa apa yang Anda minum juga bisa jadi pemicunya, contohnya alkohol.

Alkohol diketahui dapat mengiritasi lapisan kerongkongan dan perut, merangsang produksi asam lambung lebih banyak, dan melemahkan otot sekitar kerongkongan sehingga asam lambung lebih mudah naik menuju kerongkongan.

Efeknya ini tidak jauh berbeda dengan merokok. Kebiasaan buruk ini tidak hanya memicu maag tapi merusak kesehatan secara menyeluruh. Jadi, cara jitu untuk mencegah maag adalah berhenti dari dua kebiasaan buruk ini.

Baik kebiasaan minum alkohol maupun merokok, tidak bisa Anda hentikan secara mendadak. Pasalnya, tubuh yang biasanya diasupi kafein, nikotin, dan berbagai zat lain akan “kaget” ketika tidak mendapatkannya. Tubuh akan menimbulkan berbagai reaksi penarikan zat, umumnya sakit kepala.

Agar berhasil, lakukan cara mencegah sakit maag ini secara bertahap; sedikit-sedikit hingga Anda bisa terlepas sepenuhnya dari kebiasaan ini.

5. Batasi asupan kafein

Gejala maag akan sering muncul jika Anda memiliki penyakit GERD, yaitu refluks asam lambung. Pada orang-orang yang memiliki GERD, minum kopi bisa jadi pemicu gejala maag. Jadi, cara aman untuk mencegah maag adalah mengurangi asupan kafein.

Sebenarnya, kafein tidak hanya pada kopi tapi juga ada pada minuman bersoda dan beberapa jenis teh. Jika Anda biasanya minum kopi 2 atau 3 cangkir sehari, kurangi menjadi 1 cangkir sehari. Jika gejala tetap muncul, ada baiknya Anda menghentikan kebiasaan minum kopi.

6. Gunakan obat sesuai anjuran dokter

omeprazole obat maag asam lambung mencegah

Setiap obat menimbulkan efek samping, apalagi jika digunakan dalam jangka panjang. Jika Anda pengguna obat antinyeri seperti obat NSAID, jangan gunakan terus-menerus. Pasalnya, obat ini bisa menyebabkan kerusakan lapisan perut sehingga menimbulkan gejala maag.

Oleh karena itu, cara mencegah kemunculan gejala maag adalah menggunakan obat jenis ini sesuai anjuran dokter.

7. Kurangi stres (cara mencegah maag yang sering disepelekan)

mengelola stres saat liburan maag

Jika semua cara untuk mencegah sakit maag di atas sudah Anda terapkan dan maag tetap membandel, bisa jadi stres adalah penyebabnya. Ya, stres adalah salah satu pemicu maag namun sering kali tidak disadari oleh banyak orang.

Stres bisa Anda kurangi keparahannya dengan berbagai hal, seperti melakukan hal yang disukai dan mengalihkan perhatian sejenak dari masalah. Jika tidak juga berhasil, konsultasikan ke dokter maupun psikolog.

Cara mencegah sakit maag dapat Anda sesuaikan dengan penyebab dan pemicunya. Anda bisa menyesuaikan cara mana saja yang menurut Anda ampuh dalam mencegah kambuhnya maag. Namun, akan lebih efektif jika semua cara mencegah sakit maag ini diterapkan bersamaan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Pengobatan Gastritis, Mulai dari Perawatan Dokter Hingga Cara Alami

Munculnya gejala gastritis bisa mengganggu aktivitas. Jangan khawatir, simak pengobatan gastritis berikut ini agar gejalanya tidak lagi kumat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

7 Pantangan Agar Gejala Maag Tidak Kumat

Gejala maag dapat kambuh kapan saja. Agar penyakit tidak kumat, ikuti pantangan sakit maag berikut ini mulai dari makanan hingga kebiasaan berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

Puasa bukan menjadi alasan untuk membatasi ibu memberikan gizi yang tepat untuk janin.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

Beragam Cara Pencegahan Gastritis yang Paling Ampuh

Salah satu masalah lambung yang umum terjadi adalah gastritis. Kondisi ini menandakan adanya peradangan pada lambung sehingga menimbulkan berbagai gejala, seperti mual dan mulas. Kabar baiknya, gastritis bisa dicegah ...

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Direkomendasikan untuk Anda

makan sayuran

Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 27/05/2020
komplikasi gastritis

4 Komplikasi Gastritis yang Patut Diwaspadai

Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 23/05/2020
makanan lebaran sehat

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020
akibat bahaya penyakit maag kronis akut

6 Komplikasi yang Mungkin Terjadi Akibat Penyakit Maag

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 21/05/2020