Beragam Penyebab Nyeri Otot Punggung dan Cara Mengatasinya!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal tayang Mei 19, 2020
Bagikan sekarang

Tahukah Anda kalau setiap orang paling tidak pernah sekali mengalami nyeri otot di punggung? Sebagian besar masalah nyeri otot punggung bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja penyebab serta cara mengatasi nyeri otot punggung agar tidak terulang lagi.

Gejala-gejala nyeri otot punggung

Otot yang berada di area punggung Anda pun bisa menegang sehingga membuat area tersebut menjadi sakit. Rasa sakit tersebut bisa terasa ringan, intens, sampai membuat Anda jadi sulit bergerak. Berikut beberapa gejala nyeri otot di bagian punggung yang bisa Anda alami, yaitu:

  • Punggung terasa lebih sakit apabila Anda bergerak dan sakit berkurang ketika diam.
  • Selain pegal, Anda juga bisa merasakan panas serta kesemutan yang disebabkan oleh akar saraf.
  • Rasa sakit dari bagian punggung menjalar sampai ke bagian bokong. Namun, tidak sampai ke bagian kaki.
  • Otot terasa kram dan kejang di bagian punggung.
  • Terasa lebih sulit untuk berjalan atau menekuk.
  • Kesulitan untuk berdiri secara tegak.

Berbagai penyebab nyeri otot punggung

Dikutip dari Spine Health, sebagian besar terjadinya nyeri pada bagian punggung karena disebabkan oleh kerusakan pada jaringan lunak yang mendukung tulang belakang termasuk otot, tendon, dan juga ligamen.

Tulang belakang serta jaringan lunak berfungsi untuk menjaga tubuh tetap tegak dan menopang berat badan dari tubuh bagian atas. Apabila terjadi tekanan dan terlalu banyak melakukan aktivitas, yang terjadi otot punggung serta jaringan lunak menjadi stres, terluka, sehingga menyebabkan sakit.

Dapat dikatakan, faktor umur bisa menjadi penyebab orang dengan usia 30 tahun ke atas lebih sering mengalami kondisi sakit punggung. Namun, ada pula penyebab umum yang menyebabkan kondisi itu terjadi.

  • Hilangnya kepadatan tulang yang berhubungan dengan penuaan akibat kurangnya olahraga.
  • Kelebihan berat badan sehingga tulang dan otot lebih banyak menopang.
  • Cedera, misalnya terkilir atau keseleo setelah olahraga, jatuh, atau akibat kecelakaan bermotor.
  • Terlalu banyak duduk atau terlalu lama berdiri.
  • Postur tubuh yang buruk (membunguk ata terlalu membusungkan dada).

1. Otot dan ligamen yang tegang

Terbiasa mengangkat barang yang berat secara berulang bisa dapat membuat ligamen serta otot-otot di area punggung Anda jadi meregang. Penyebab nyeri otot punggung yang satu ini bisa jadi lebih memburuk apabila ketegangan terjadi terus menerus. Hal ini dikarenakan otot yang kejang pun terasa menyakitkan.

2. Myofascial pain syndrome (MPS)

Kondisi dari penyebab nyeri otot di bagian punggung ini merupakan nyeri kronis yang mempengaruhi sistem muskuloskeletal. Biasanya, saat terjadi nyeri otot akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa minggu.

Namun, ada pula orang yang gejalanya akan menetap. Orang yang mengalami MPS ini mempunyai titik sensitif yang bisa menjadi pemicu.

Areanya pun bisa berkembang pada pita-pita otot yang tegang juga kencang. Rasa sakit bisa datang di bagian tubuh yang berbeda termasuk di bagian punggung, leher, atau rahang.

3. Dermatomiositis

Dermatomiositis adalah penyakit peradangan yang tidak biasa dan ditandai dengan adanya kelemahan pada bagian otot serta ruam kulit yang khas. Penyebab nyeri otot di bagian punggung ini diklaim lebih banyak menyerang wanita dibandingkan laki-laki.

Gejala terjadinya penyakit ini adalah perubahan warna kulit adalah ruam merah keunguan atau bahkan kehitaman.

Tidak hanya di bagian punggung, namun juga bisa terjadi di area lain seperti siku, lutut, dada, juga jari. Otot juga akan terasa melemah sekaligus mempengaruhi bagian tubuh di sisi kiri dan kanan.

Cara mendiagnosis nyeri otot punggung

Apabila rasa sakit pada bagian punggung tidak juga mereda, dokter akan memeriksa beberapa hal pada area tersebut.

Misalnya, menilai bagaimana kemampuan Anda saat duduk, berdiri, berjalan, juga mengangkat kaki. Lalu, dokter juga akan meminta Anda untuk memberikan seberapa besar rasa sakit atau nyeri yang dirasakan.

Penilaian ini nantinya akan membantu untuk menentukan dari mana rasa sakit berasal, seberapa banyak pergerakan yang bisa dilakukan, juga memeriksa apakah ada kondisi kejang otot atau tidak.

1. Riwayat medis

Riwayat medis adalah mencakup informasi dari gejala nyeri otot di bagian punggung yang Anda rasakan. Ditambah dengan memberikan informasi secara detil mengenai kapan dan bagaimana rasa sakit dimulai, rasa sakit yang dimulai sampai setelah cedera, memburuk atau tidak, dan lain-lain.

2. Tes fisik

Selain menanyakan hal yang detil, dokter juga mungkin akan melakukan beberapa tes fisik untuk menguji seberapa besar rentang gerak di bagian punggung yang mengalami nyeri otot. Ada kemungkinan tes yang dilakukan pun bisa mendeteksi kelainan tulang belakang yang mungkin menjadi sumber rasa sakit.

Peminadaian seperti CT Scan juga mungkin akan dilakukan apabila nyeri otot punggung muncul akibat cedera, rasa sakit yang bertahan cukup lama, juga penyebab lainnya.

Cara mengatasi nyeri otot punggung

Kondisi yang satu ini pada kondisi kebanyakan dapat sembuh apabila Anda melakukan istirahat yang cukup. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan dan meredakan rasa sakitnya.

1. Kompres area yang terasa sakit

Ketika rasa sakit di bagian otot punggung baru mulai muncul, sebaiknya segera mengaplikasikan kompres dingin untuk mengurangi terjadinya pembengkakan. Jangan lupa untuk tidak langsung meletakkan es di atas kulit Anda.

Sebaiknya lapisi dengan menggunakan handuk. Aplikasikan sekitar 10 sampai 20 menit. Setelah beberapa hari, Anda pun bisa mengaplikasikan kompres dengan air hangat.

2. Gunakan relaksan otot

Mengaplikasikan relaksan otot adalah salah satu cara untuk meredakan rasa sakit serta kejang otot. Sebagian besar pelemas otot ini tidak mempengaruhi area otot secara langsung. Namun, bermanfaat untuk meredan reseptor rasa sakit di sistem saraf pusat. Perhatikan pula efek samping yang bisa terjadi pada kulit Anda.

3. Pijat bagian belakang punggung

Tidak semua orang mau melakukan terapi pijat saat mengalami nyeri otot punggung. Padahal, pijatan akan membantu Anda mengurangi rasa sakit sekaligus mengendurkan otot-otot yang tegang. Lakukan dengan orang yang sudah ahli agar tidak slaah menekan titik otot yang seharusnya.

4. Lakukan kompresi atau bebat

Cara mengatasi nyeri otot yang satu ini dilakukan untuk membantu menjaga pembengkakan sekaligus membantu menjaga rasa sakit agar terkendali. Hindari pemakaian kompresi yang terlalu ketat agar aliran darah tetap lancar. Selain itu,, perhatikan pula rentang waktu pemakaiannya.

5. Mengonsumsi obat pereda sakit

Biasanya, dokter akan memberikan resep untuk obat anti-inflamasi non steroid untuk membantu meredakan sakit otot di bagian punggung. Obat pereda nyeri otot seperti aspirin, ibuprofen, dan naproksen juga dapat membantu mengurangi pembengkakan serta mengurangi peradangan.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Kunci Atasi Pegal dan Nyeri Otot bagi Orang Kantoran yang Super Sibuk

Rutinitas bekerja plus menerjang kemacetan setiap hari tak ayal membuat tubuh nyeri dan pegal. Intip cara menghilangkan pegal setelah bekerja di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Nyeri Kronis, Health Centers November 6, 2019

6 Peregangan Sederhana Agar Tetap Bugar Saat Berkendara Jauh

Duduk diam selama berkendara untuk perjalanan jauh bisa bikin pegal linu. Coba berbagai peregangan sederhana ini agar tetap bugar sesampainya di tujuan!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Kebugaran, Hidup Sehat September 16, 2019

6 Penyebab Badan Mudah Pegal dan Nyeri Beserta Cara Mengatasinya

Mungkin badan Anda mudah pegal dan terasa nyeri, tapi tahukah Anda apa saja hal yang bisa menjadi penyebab, dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditulis oleh Annisa Hapsari
dr. Zicky Yombana, Sp.S
Hidup Sehat, Fakta Unik September 2, 2019

Tips Tidur Nyaman Meski Punya Sakit Punggung

Tidur dengan sakit punggung yang kambuh tentu membuat Anda tidak nyenyak. Untuk mencegahnya, ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat Agustus 4, 2019

Direkomendasikan untuk Anda

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Otot di Dada

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Otot di Dada

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal tayang Mei 24, 2020
Nyeri Pada Otot Paha? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Nyeri Pada Otot Paha? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Atifa Adlina
Tanggal tayang Mei 20, 2020
Sering Nyeri Punggung Pada Pagi Hari? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Sering Nyeri Punggung Pada Pagi Hari? 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Diah Ayu
Tanggal tayang November 9, 2019
5 Kiat Atasi Nyeri Otot dan Sendi Akibat Sering Bawa Mobil Atau Motor

5 Kiat Atasi Nyeri Otot dan Sendi Akibat Sering Bawa Mobil Atau Motor

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal tayang November 7, 2019