Teknik Futsal Dasar yang Wajib Dikuasai di Lapangan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Main futsal itu bukan cuma soal unjuk kecepatan dan kekuatan menendang bola saja. Meskipun lapangan futsal tidak sebesar lapangan sepak bola dan durasi mainnya lebih singkat, Anda tetap perlu menguasai kemampuan-kemampuan dasarnya. Pasalnya, beda medan tentu tantangan yang Anda hadapi berbeda pula. Lantas apa saja teknik futsal yang harus dikuasai seorang pemain?

Secara umum ada enam kemampuan dasar yang harus dipelajari. Keenamnya yaitu mengendalikan bola, menggiring bola, mengoper, menerima operan, mencetak gol, serta menjaga gawang. Entah Anda seorang pelatih, pemain pemula, atau pemain profesional, tips-tips futsal berikut ini bisa Anda contek.

1. Mengendalikan bola

Kunci utama dari teknik futsal sebenarnya adalah mengendalikan bola. Dengan ukuran lapangan dan waktu yang terbatas, kemampuan menguasai bola jadi syarat utama untuk posisi main apapun.

Mengendalikan bola di sini maksudnya adalah menjaga agar bola, gerakan, serta kecepatan Anda tetap selaras. Untuk itu, dibutuhkan kemampuan motorik dan tingkat konsentrasi yang tinggi.

Cara untuk melatih kemampuan mengendalikan bola salah satunya yaitu dengan juggling. Latihan ini baik untuk mengasah kecekatan, ketangkasan, keseimbangan, koordinasi, serta konsentrasi pemain.

2. Menggiring bola

Kalau Anda sudah bisa mengendalikan bola, sekarang saatnya berlatih menggiring bola. Agar bisa menggiring bola dengan efektif, seorang pemain harus bisa menjaga keseimbangan, kestabilan, dan multitasking. Pasalnya, saat menggiring bola konsentrasi Anda akan terpecah ke banyak hal. Misalnya pandangan ke depan, ke arah lawan, serta ke bola itu sendiri.

Teknik menggiring bola juga mencakup kemampuan menghalangi lawan (shielding) yang akan merebut bola dari kendali Anda. Untuk menahan bola supaya tidak direbut, Anda butuh kekuatan dan ketahanan.

Jadi saat menggiring bola, pastikan tubuh Anda rileks dan seimbang supaya bisa sewaktu-waktu mengubah manuver. Anda juga sebaiknya menggunakan bagian depan kaki sebagai tumpuan menggiring dan menapak. Jangan bertumpu pada tumit karena kecepatan dan koordinasi Anda malah akan berkurang.

3. Mengoper

Mengoper bola pada kawan satu tim bukan kemampuan yang mudah. Untuk mengoper dengan efektif, Anda butuh keakuratan, ketepatan, dan taktik yang baik. Anda harus bisa membaca situasi dengan baik baru bisa menentukan kapan saat yang tepat untuk mengoper bola dan kepada siapa bola dioper.

Untuk mengoper jarak pendek (short pass), arahkan kaki Anda ke luar hingga membentuk sudut siku 90 derajat. Tendang bolanya dengan kaki Anda yang bagian dalam.

Sedangkan kalau mau mengoper jarak jauh (long pass), tambahkan kekuatan tendangan dan cungkil bolanya dengan bagian dalam tumit Anda. Ini supaya bola bisa melambung lebih jauh.

4. Menerima operan

Salah satu teknik futsal yang sering diabaikan adalah menerima operan bola dari anggota tim. Saat menerima operan, Anda harus bisa mengantisipasi bola akan datang dari arah mana.

Anda juga harus memecah konsentrasi. Antara menjaga kecepatan agar selaras dengan kawan yang mau mengoper, mengunci gerakan lawan dan bola dengan mata Anda, serta langsung mengendalikan bola ketika sudah dioper.

Cobalah untuk berlatih menerima operan dengan anggota tim Anda. Minta anggota tim untuk mengoper dengan manuver-manuver yang tidak terduga supaya Anda bisa belajar membaca dan mengantisipasi bola dengan tepat.

5. Mencetak gol

Kemampuan mencetak gol itu butuh kekuatan, keseimbangan, ketepatan, kejelian, dan pengambilan keputusan yang tepat. Anda juga harus tahu bagian bola mana yang harus ditendang dan bagian kaki mana yang baik untuk menembak ke gawang lawan.

Waktu mau mencetak gol, pastikan tumit Anda mengarah ke sasaran tembak. Tendang bagian atas bola kalau ingin menembak rendah. Sebaliknya, tendang bagian bawah bola kalau ingin menembak tinggi.

6. Menjaga gawang

Bila Anda adalah seorang penjaga gawang, tantangan yang Anda hadapi berbeda dengan pemain lainnya. Anda bertanggung jawab sebagai lini terakhir pertahanan tim.

Seorang penjaga gawang tidak harus bertubuh jangkung, kok. Anda hanya butuh fokus yang tajam, refleks yang baik, kekuatan tubuh bagian atas dan bawah, kelincahan, serta ketepatan.

Untuk menguasai teknik futsal yang satu ini, Anda harus rajin berlatih lempar-tangkap bola, melompat dan mendarat, serta melakukan tendangan bebas.

Baca Juga:

Yang juga perlu Anda baca