5 Aturan yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Suntik Insulin

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Ketika seorang diabetesi sudah tak lagi merespon obat minum dengan baik, maka itu artinya ia butuh suntikan hormon insulin. Suntikan insulin memang diperlukan oleh para orang dengan diabetes, sebagai pengganti obat minum yang sudah lagi tak mampu menjaga kadar gula darah. Namun, dalam beberapa kasus, meski sudah suntik insulin, kadar gula darah tetap saja meningkat. Hal ini terjadi akibat adanya faktor yang memengaruhi kerja insulin yang tak Anda ketahui sebelumnya. Adanya faktor ini membuat kerja insulin jadi tak maksimal. Lantas, apa saja faktor yang mengganggu kerja insulin?

Lima hal yang harus diperhatikan ketika suntik hormon insulin

Di dalam tubuh, hormon insulin berperan penting dalam mengatur kadar gula darah. Insulin membuat gula darah menjadi gula dalam otot, yang akan dijadikan energi. Orang dengan diabetes butuh suntikan insulin karena kekurangan (tipe 1) atau insulin yang sudah ada tak lagi bekerja dengan baik (tipe 2).  Maka itu, diabetesi sangat bergantung dengan suntikan hormon insulin jika memang sudah tak ampuh dengan obat minum biasa.

Maka itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, agar kerja insulin tetap maksimal dan kadar gula tetap baik. Apa saja?

1. Suntikkan hormon insulin dengan cara yang dianjurkan

Terkadang, banyak orang yang tak menyadari bahwa ia menyuntik insulin dengan cara yang salah, misalnya saja tidak disuntik pada tempat yang seharusnya. Tentu, hal ini membuat insulin tak diserap dengan baik dan tak memengaruhi kadar gula darah. Jadi, pastikan kalau Anda sudah menyuntikkan insulin pada tempat yang benar dan sesuai dengan anjuran dokter.

Tak seperti obat yang disuntikkan melalui pembuluh darah vena, hormon insulin justru harus disuntikkan ke bagian tubuh yang punya banyak lemak bawah kulit. Contohnya, perut, paha, serta bokong. Jika Anda ragu, minta agar dokter Anda memberikan contoh bagaimana dan di mana menyuntik insulin yang benar, sebelum Anda mempraktikkannya.

2. Waktu pemberian suntikan hormon insulin harus diperhatikan dengan baik

Ada beberapa tipe suntikan insulin yang ada, dari yang disuntikkan sebelum makan dan malam hari sebelum tidur. Masing-masing jenis insulin ini punya khasiat dan cara kerja yang berbeda, maka itu Anda harus memastikan bahwa Anda menyuntikkan jenis insulin yang tepat pada waktu yang benar.

Sebagian besar diabetesi akan mendapatkan suntikan 20-30 menit sebelum makan. Jangan sampai lupa menyuntik, ya. Jika Anda lupa, kadar gula darah Anda bisa langsung melonjak naik.

suntik insulin

3. Jarang olahraga bisa menghambat kerja insulin

Bisa jadi kadar gula darah Anda terus tidak stabil akibat Anda jarang olahraga. Telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa olahraga bisa membantu kerja insulin dalam tubuh. Ya, ketika Anda berolahraga, tubuh butuh energi yang lebih banyak. Bila kebutuhan akan energi meningkat, maka secara otomatis insulin akan terangsang untuk mengubah gula darah menjadi gula otot. Hal ini yang kemudian membuat jumlah gula darah Anda tetap normal dan insulin bekerja dengan baik.

4. Makanan juga jadi faktor utama yang memengaruhi kerja hormon insulin

Percuma saja jika Anda hanya mengandalkan suntikan insulin saja tanpa mengubah pola makan. Jika Anda punya diabetes, maka sebenarnya Anda pantang untuk mengonsumsi makanan manis. Semakin banyak makanan manis yang Anda makan, maka membuat tubuh perlu insulin yang lebih banyak. Hal ini membuat suntikan insulin Anda saat ini jadi tidak bekerja dengan baik.

5. Jangan lupa untuk minum air putih yang banyak

Jaga tubuh agar tidak kekurangan air dengan banyak minum air. Namun, tetap utamakan air putih yang aman bagi kadar gula darah Anda. Hindari soft drink atau minuman manis. Pasalnya, ketika tubuh dehidrasi, akan membuat penyerapan insulin ke dalam darah menjadi terhambat. Kondisi ini akan membuat kadar gula darah melonjak tajam dan insulin menjadi resisten.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca