Kadar Gula Darah Tetap Naik Walau Sudah Disuntik Insulin, Apa Mungkin?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Suntik insulin merupakan salah satu terapi yang diberikan untuk mengendalikan penyakit diabetes. Biasanya penderita diabetes tipe 1 harus diberikan suntikan insulin agar kadar gula darahnya terkontrol.

Sementara, pada penderita diabetes tipe 2, suntik insulin diberikan ketika obat minum yang diberikan sudah tidak ampuh lagi untuk mengendalikan gula darahnya. Namun, apa bisa seseorang yang sudah diberikan suntikan insulin kadar gulanya masih naik? Apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Adakah cara mencegahnya?

Kenapa kadar gula naik setelah suntik insulin?

Suntik insulin adalah cara bagi pengidap diabetes mengendalikan gula darah mereka agar tidak terus tinggi. Namun, kadar gula darah mungkin saja naik setelah suntik insulin. Ini adalah salah satu efek samping suntik insulin yang tidak wajar dan jarang terjadi.

Hal ini cenderung diakibatkan oleh beberapa faktor. Faktor yang paling umum adalah resistensi insulin atau mungkin Anda memerlukan dosis insulin yang lebih tinggi dari dosis sebelumnya.

Mengenai resistensi insulin, resistensi insulin itu sendiri terjadi ketika pankreas Anda memproduksi insulin, akan tetapi sel Anda tidak menggunakan hormon tersebut seperti yang seharusnya.

Ketika insulin tidak bekerja seperti yang seharusnya, sel-sel Anda tidak akan menyerap gula dengan benar sehingga akan berdampak pada penumpukan gula dalam darah Anda.

Resistensi insulin bisa terjadi salah satunya sebagai efek samping penggunaan suntik insulin dalam jangka waktu yang panjang. Akibatnya, Anda mungkin mulai memerlukan dosis insulin lebih besar untuk mendapatkan efek yang sama ampuh dan berpengaruhnya seperti di masa-masa awal. Hal ini dapat diatasi dengan mengubah dosis insulin Anda. Konsultasikan dan minta arahan dari dokter untuk menambah dosis suntik insulin Anda.

Sampai saat ini belum diketahui jelas penyebab beberapa orang memiliki resistensi insulin dan yang lainnya tidak. Namun, kelebihan berat badan atau obesitas merupakan salah satu faktor risiko utama dari tidak terkendalinya gula darah Anda meskipun sudah suntik insulin.  

fakta tentang hormon insulin

Adakah cara untuk mencegah lonjakan gula darah?

Bila Anda berolahraga secara teratur dan menjalani pola makan yang seimbang, Anda bisa menjaga berat badan Anda agar tetap ideal dan sehat. Dengan begitu, Anda mungkin bisa mencegah komplikasi diabetes.

Anda juga sebaiknya menggunakan suntik insulin di bawah pengawasan dokter. Jangan mengubah, menambah, mengurangi, atau menghentikan dosis insulin tanpa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter Anda.

Dengan begitu, dokter Anda bisa memantau efek insulin pada tubuh Anda secara akurat. Dari situ, dokter akan menentukan terapi atau perubahan gaya hidup seperti apa yang paling tepat buat orang yang mengalami resistensi insulin atau gula darah tidak seimbang.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: November 2, 2017 | Terakhir Diedit: Februari 4, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca