5 Camilan Paling Sehat Buat Diabetesi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Siapa bilang penderita diabetes tidak boleh ngemil? Boleh, kok. Asal pilih yang sehat dan sesuai anjuran dokter. Nah, coba perhatikan isi meja makan atau kulkas Anda. Apakah cemilan yang ada benar-benar baik untuk penderita diabetes atau tidak? Jika masih banyak makanan tinggi kalori dan gula, ganti dengan yang lebih menyehatkan, yuk!

Pentingnya makan cemilan untuk pasien diabetes

Camilan atau lebih awam disebut “cemilan” adalah makanan selingan di luar makan pagi, siang, atau malam. Biasanya cemilan dikonsumsi untuk menunda lapar dan menambah energi. Bukan hanya orang yang sehat, cemilan ternyata juga penting untuk penderita diabetes.

Pada penderita diabetes, gula darah bisa melonjak naik tinggi sehabis makan dan bisa merosot ketika tidak makan. Meskipun penderita diabetes memiliki masalah dalam mengatur kadar gula darah, bukan berarti makan cemilan adalah sebuah pantangan untuk mereka.

Agar kadar gula darah tetap seimbang, dr. Bent Wisse, seorang dosen endokrinologi di University of Washington School of Medicine menyebutkan bahwa camilan itu penting untuk diabetesi, terutama penderita diabetes tipe 1.

Meski sudah mendapatkan lampu hijau dari ahli endokrinologi, pilihan cemilan untuk penderita diabetes tidak boleh sembarangan. Terutama pada makanan yang mengandung banyak gula atau memiliki indeks glikemik tinggi.

Pasalnya, kedua jenis camilan tersebut bisa membuat kadar gula darah naik dengan cepat sehingga kurang tepat dijadikan sebagai cemilan untuk penderita diabetes.

Rekomendasi cemilan sehat untuk penderita diabetes

Memilih cemilan yang sehat untuk penderita diabetes menjadi bagian dari kunci hidup sehat. Supaya Anda tidak salah menjatuhkan pilihan, mari kupas satu per satu makanan apa saja yang cocok dijadikan cemilan untuk penderita diabetes.

1.  Satu atau dua butir telur rebus

Sumber: Once Upon A Chef

Makanan yang digoreng, seperti bakwan atau kentang goreng memang enak untuk dijadikan camilan. Akan tetapi, cemilan tersebut tidak baik untuk penderita diabetes. Alasannya, makanan yang mengandung banyak minyak ini bisa membuat kadar kolesterol naik dan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes akan semakin membesar.

Ketimbang makan gorengan, penderita diabetes lebih baik memilih telur rebus untuk makanan cemilan.Telur mengandung protein yang lebih lama diubah menjadi gula darah. Itu artinya, kadar gula darah tidak akan naik pesat secara mendadak.

Sebuah riset yang diterbitkan pada British Journal of Nutrition mengamati konsumsi telur pada pasien diabetes. Sebanyak 65 pasien diabetes tipe 2 diminta memakan dua butir telur setiap hari selama 12 minggu.

Hasilnya menunjukkan bahwa pasien mengalami penurunan kadar gula darah puasa dan hemoglobin A1C yang lebih rendah. Keduanya merupakan indikator untuk mengukur gula darah jangka panjang.

Namun, perlu diingatkan lagi bahwa telur sebagai cemilan untuk penderita diabetes tidak boleh dimakan dalam jumlah besar. Penderita diabetes cukup makan 1 atau 2 butir telur per hari untuk cemilan.

2. Snack dari kedelai

jadwal ngemil

Selain gorengan, makanan manis mungkin jadi pilihan sebagian besar orang untuk ngemil. Namun, makanan seperti donat, martabak manis, atau biskuit manis mengandung gula yang bisa menaikkan gula darah dengan cepat. Jenis makanan tersebut tentu tidak baik dijadikan sebagai cemilan untuk penderita diabetes.

Makanan manis bisa memberatkan kinerja insulin dan membuat gejala diabetes muncul. Alih-alih menjaga gula darah tetap stabil, cemilan untuk penderita diabetes seperti ini malah membuat kondisinya semakin parah.

Sebagai gantinya, Anda harus memilih cemilan dari berbahan dasar kedelai untuk pasien diabetes, seperti snack kedelai. Studi yang dilakukan oleh Ahvaz Jundishapur University of Medical Sciences mengamati efek konsumsi kedelai pada pasien diabetes.

Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi kedelai sebanyak 8 gram selama 8 minggu, dapat menurunkan kadar HbAic (hemoglobin yang berikatan dengan glukosa), kolesterol total, dan resistensi insulin.

Camilan untuk penderita diabetes ini diketahui memiliki nilai indeks glikemik yang rendah namun kaya serat. Ini artinya ngemil kedelai tidak akan membuat gula darah melonjak naik, namun membuat perut kenyang lebih lama.

3. Buah segar

manfaat pisang

Buah selalu jadi pilihan tepat sebagai cemilan sehat, terutama untuk penderita diabetes. Meskipun mengandung gula, jika dikonsumsi sesuai porsi buah tidak akan memberikan efek buruk pada penderita diabetes.

Buah sebagai cemilan memberikan banyak manfaat untuk penderita diabetes. Manfaat makan buah antara lain membantu memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, serat, sekaligus memberi perlindungan pada sel tubuh karena kandungan antioksidannya.

Namun, buah untuk cemilan penderita diabetes yang paling baik adalah yang kondisinya segar. Beda dengan buah kering yang diawetkan dengan tambahan gula.

Buah kering cenderung tinggi gula yang bisa memberatkan kerja insulin dalam mengatur gula darah sehingga tidak baik jika dijadikan sebagai cemilan untuk penderita diabetes.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa setiap buah juga memiliki kandungan gula alami. Namun, jumlahnya berbeda-beda tergantung kondisi kematangan dan ukuran. Oleh karena itu, konsumsi buah sebagai cemilan untuk penderita diabetes harus diperhatikan porsinya.

Seperti dilansir dari laman Mayo Clinic, dr. Regina Castro, seorang spesialis endokrinologi menyebutkan bahwa satu porsi buah sebagai cemilan untuk penderita diabetes harus mengandung 15 gram karbohidrat, contohnya:

  • 1 buah pisang atau ½ bagian apel ukuran sedang
  •  1 cangkir buah melon potong dadu (160 gram)
  • 1¼ cangkir stroberi utuh (180- gram)

4. Secangkir yogurt

Makanan manis lain yang biasanya dijadikan camilan adalah es krim. Akan tetapi, es krim cenderung mengandung banyak gula dan lemak sehingga sebaiknya dihindari oleh pasien diabetes untuk dijadikan cemilan.

Jangan khawatir, nikmatnya secangkir es krim bisa Anda ganti dengan secangkir yogurt (148 gram) sebagai cemilan untuk penderita diabetes.

Pilihan yogurt yang paling direkomendasikan sebagai camilan untuk penderita diabetes adalah plain greek yogurt. Jenis yogurt ini kaya protein sehingga dapat menjaga gula darah tetap stabil dan cocok dijadikan sebagai cemilan untuk penderita diabetes.

Selain itu, cemilan untuk penderita diabetes ini juga mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan.

Untuk cemilan penderita diabetes, yogurt bisa Anda tambahkan topping, seperti kacang-kacangan, buah stroberi, atau bubuk kayu manis. Namun, jangan terlalu banyak, cukup sebagai penambah rasa saja.

5. Senggenggam kacang almond

manfaat kacang almond

Satu lagi camilan sehat yang bisa menggantikan keripik atau snack asin untuk penderita diabetes, yaitu kacang almond. Kacang baik sebagai cemilan untuk cemilan penderita diabetes karena mengandung mineral mangan, vitamin B, magnesium, protein, lemak sehat, dan serat.

Studi yang diterbitkan pada jurnal Metabolic Syndrome and Related Disorders  menunjukkan potensi kacang almond dalam menjaga kadar gula darah. Sebanyak 58 orang diminta mengonsumsi kacang almond setiap hari selama 24 minggu.

Hasilnya menunjukkan bahwa kadar gula darah jangka panjang mengalami penurunan sebesar 3 persen. Tidak hanya menjaga kadar gula darah tetap stabil, cemilan yang cocok untuk penderita diabetes ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Itu artinya, penderita diabetes yang memakan kacang ini untuk cemilan bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung maupun stroke.

Namun, Anda harus cermat memilih kacang almond sebagai camilan untuk penderita diabetes. Hindari kacang almond kemasan yang ditambahkan pemanis atau garam.

Jika masih ragu menentukan cemilan yang sehat untuk penderita diabetes, konsultasikan pada dokter atau ahli gizi yang menangani kondisi Anda. Minta juga bantuan ahli medis untuk membuat jadwal makan cemilan yang aman untuk penderita diabetes.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juli 28, 2019 | Terakhir Diedit: Januari 31, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca