Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23/06/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Penderita diabetes harus pintar dan teliti dalam memilih makanan, termasuk dalam memilih camilan di antara jam makan. Penyandang diabetes atau diabetesi dianjurkan untuk makan 3 kali makan utama dan 2-3 kali camilan. Hanya saja ketika ingin makan camilan, diabetesi harus cermat memilih sumber makanan yang tepat untuk bantu jaga gula darah. Jika tidak teliti, kadar gula darah dapat seketika melonjak naik.

Batasan makan camilan untuk penderita diabetes

Sama halnya seperti menu makanan utama, camilan juga perlu terdiri dari kombinasi antara lemak, protein, dan karbohidrat sehat. Bahkan camilan sehat merupakan salah satu cara dalam mengontrol asupan kalori dan karbohidrat, dan yang paling penting untuk bantu jaga gula darah.

Camilan tepat dapat membantu menambah asupan nutrisi, meningkatkan energi, dan menjaga berat badan tetap stabil. Selain itu, camilan juga perlu mengandung serat dan protein.

Upayakan untuk mengonsumsi camilan dengan nilai GI yang rendah agar gula darah tetap stabil dan tidak akan meningkatkan kadar gula darah pada diabetes.

Apa saja camilan yang baik untuk penderita diabetes?

Berikut beberapa pilihan makanan yang aman untuk menjadi camilan:

1. Kacang kedelai dan olahannya

fakta sehat tentang kacang kedelai

Kacang kedelai merupakan pilihan camilan untuk penderita diabetes karena kedelai tinggi protein, tinggi serat, dan juga rendah GI sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah. Kedelai rebus atau snack bar yang praktis tentunya bisa jadi alternatif camilan tepat untuk diabetes.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang tinggi protein baik untuk diabetesi. Protein penting untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Selain, itu kacang kedelai baik untuk para penderita diabetes karena dapat membuat kenyang lebih lama sehingga membantu mengurangi risiko makan berlebihan.

2. Telur rebus

camilan untuk penderita diabetes
Sumber: Once Upon A Chef

Telur rebus merupakan camilan yang baik bagi diabetesi karena kandungan protein yang tinggi. Satu buah telur rebus menyediakan 6 gram protein yang berguna bagi diabetesi untuk mencegah kadar gula darah meningkat setelah makan dan membantu Anda untuk kenyang lebih lama.

3. Kacang almond

camilan untuk penderita diabetes

Selain praktis dan kaya akan nutrisi, satu ons (28 gram) kacang almond mengandung lebih dari 15 jenis vitamin dan mineral. Satu ons kacang almond dapat memenuhi kebutuhan mangan per hari hingga 32%, dan magnesium hingga 19 persen.

Penelitian juga menunjukan kacang almond dapat membantu menjaga kadar gula darah pada diabetesi. Kemampuan almond dalam membantu menjaga kadar gula darah diduga karena kandungan serat, protein, dan lemak sehat. Jadi, jangan ragu untuk memilih kacang almond sebagai camilan sehat untuk penderita diabetes.

4. Alpukat

camilan untuk penderita diabetes

Jika Anda merupakan penyandang diabetes atau hanya ingin menjaga gula darah, mengonsumsi alpukat di antara jam makan dapat membantu mengontrol kadar gula.

Alpukat tinggi akan serat dan asam lemak tak jenuh sehingga merupakan jenis makanan yang bersahabat bagi diabetesi. Kedua kandungan tersebut juga dapat mencegah gula darah melonjak naik setelah makan.

Camilan tepat dapat menjadi solusi penting dari pola makan seimbang. Pilih camilan yang tepat dan sehat untuk bantu diabetesi menjaga kadar gula darah sehingga dapat tetap aktif dan hidup lebih sehat!

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Diabetesi termasuk golongan yang rentan terjangkit virus COVID-19. Selain lakukan upaya pencegahan, jaga juga kadar gula darah di rumah dengan tips berikut.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
diabetesi
Coronavirus, COVID-19 30/04/2020 . Waktu baca 4 menit

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu mengontrol diabetesnya. Salah satu yang bisa dilakukan, yaitu jalan kaki. Apa manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Diabetes, Health Centers 26/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

Risiko diabetes pada orang dengan riwayat keluarga akan meningkat sehingga perlu upaya untuk mencegah diabetes dengan menjaga dan memilih makanan sehat.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
makanan untuk mencegah diabetes
Diabetes, Health Centers 23/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Apakah Neuropati pada Diabetesi Bisa Disembuhkan?

Meski belum ada pengobatan untuk menyembuhkan neuropati diabetik, pengidap diabetes dapat meringankan gejala dan menghambatnya menjadi lebih parah.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
neuropati diabetik
Diabetes, Health Centers 20/04/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

diabetes insipidus adalah

Diabetes Insipidus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 12 menit
sering buang air kecil

8 Kondisi yang Menjadi Penyebab Sering Buang Air Kecil

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
prostatitis

Prostatitis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 10 menit
penyakit kulit diabetes

5 Penyakit Kulit yang Umum Menyerang Pasien Diabetes

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit