Bolehkah Penderita Diabetes Makan Larut Malam?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Karena kesibukan dan aktivitas harian yang tidak teratur, jadwal makan Anda pun bisa terganggu. Mungkin Anda baru sempat makan pada larut malam. Namun, hati-hati jika Anda mengidap diabetes atau prediabetes. Makan larut malam mungkin berbahaya dan meningkatkan risiko gula darah naik. Sebelum Anda melahap makan malam atau camilan di atas jam 7 malam, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini.

Bolehkah penderita diabetes makan larut malam?

Penderita diabetes sebenarnya boleh makan larut malam, tetapi sebaiknya batasi porsi makan Anda dan perhatikan apa saja kandungannya. Jika Anda sudah makan di sore hari, yaitu sekitar pukul 5 atau 6 kemudian Anda lapar lagi di tengah malam, Anda berisiko menambah asupan karbohidrat Anda dalam sehari. Tambahan asupan karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula Anda dalam semalam. Pasalnya, obat diabetes Anda mungkin tidak bisa mengendalikan kelebihan karbohidrat dan glukosa karena Anda makan di luar jadwal biasanya.

Selain itu, makan larut malam juga bisa menambah kalori. Kebanyakan kalori berisiko menyebabkan berat badan naik. Kelebihan berat badan tentu tak baik bagi penderita diabetes karena bisa membuat tubuh kesulitan mengurai glukosa dan memproduksi insulin.

BACA JUGA: Benarkah Makan Tengah Malam Bikin Gemuk?

Yang harus dihindari saat penderita diabetes makan larut malam

Jika Anda terpaksa makan larut malam, sebaiknya hindari makanan atau camilan yang kadar karbohidrat, kalori, lemak, dan gulanya tinggi. Makanan seperti nasi, kentang goreng, mi instan, keripik kentang, roti, dan daging sebaiknya disimpan saja untuk esok hari. Hindari juga camilan manis dengan kalori yang cukup tinggi seperti es krim dan cake.

BACA JUGA: Mie Atau Nasi, Mana Yang Lebih Sehat untuk Dimakan?

Anda juga tidak disarankan untuk langsung berbaring atau tidur setelah makan. Langsung tidur setelah makan berisiko menyebabkan gangguan pencernaan seperti refluks asam lambung (maag). Tunggulah kira-kira dua jam sebelum Anda tidur. Maka, usahakan untuk tidak makan atau ngemil di kamar, apalagi di atas tempat tidur Anda. Kalau harus makan, lebih baik duduklah di meja makan.

Jangan makan buru-buru karena Anda bisa saja tidak menyadari kalau sebenarnya perut sudah kenyang. Untuk itu, kurangi porsi makan Anda dari porsi biasanya. Makanlah pelan-pelan dan berhentilah kalau sudah kenyang. Sebisa mungkin, usahakan agar makan di larut malam tidak menjadi kebiasaan Anda, apalagi kalau Anda sudah didiagnosis dengan diabetes atau prediabetes.     

BACA JUGA: Jangan Makan Cepat-cepat, 4 Bahaya Ini Mengintai Anda

Makanan yang aman bagi penderita diabetes di malam hari

Jangan khawatir, kalau Anda baru sempat makan larut malam atau tiba-tiba kelaparan, penderita diabetes masih bisa makan atau ngemil. Untuk menghindari gula darah atau berat badan naik, pilih makanan atau camilan yang sehat. Menu makanan yang bisa Anda pilih antara lain adalah salad sayuran, sup kaldu bening tanpa nasi, telur dadar, tumis sayur, dan bubur oatmeal.

BACA JUGA: 8 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes

Camilan yang aman kalau penderita diabetes makan larut malam adalah buah-buahan segar, kacang-kacangan, yogurt plain yang rendah atau bebas lemak, dark chocolate tanpa tambahan susu atau gula, dan biskuit gandum. Untuk mengganjal perut, Anda juga bisa menyiapkan air putih dengan potongan timun dan lemon, teh kayu manis, atau minum banyak air putih.  

BACA JUGA: Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Buah Manis?

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Aneka Pilihan Camilan dan Finger Food untuk Bayi yang Bergizi Tinggi dan Lezat

Kalau Anda masih bingung mau memberikan makanan selingan apa untuk bayi dalam MPASI pertamanya, sontek inspirasi camilan bayi yang sehat ini!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Gizi Bayi, Parenting 06/08/2020 . Waktu baca 10 menit

8 Kondisi yang Menjadi Penyebab Sering Buang Air Kecil

Ada banyak hal yang menjadi penyebab sering buang air kecil, mulai dari kebiasaan minum, konsumsi obat, hingga penyakit. Apakah Anda memiliki salah satunya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kencing yang Perlu Anda Ketahui

Anyang-anyangan alias infeksi saluran kencing membuat Anda sering kebelet dan terasa sakit saat buang air kecil. Apa saja penyebab infeksi saluran kencing?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Urologi Lainnya 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Hati-hati, tidak menjaga kesehatan kandung kemih membuat Anda rentan kena berbagai gangguan sistem kemih seperti infeksi saluran kencing hingga kanker.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sarang nyamuk

4 Tips Mencegah Rumah Menjadi Sarang Nyamuk

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 13/08/2020 . Waktu baca 4 menit
bibir gatal

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 12/08/2020 . Waktu baca 3 menit
mengobati infeksi saluran kencing obat cefixime antibiotik

7 Pengobatan Alami Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 8 menit
diabetes insipidus adalah

Diabetes Insipidus

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 12 menit