Cara Menghilangkan Bekas Cacar dengan Bahan Alami, Obat, Hingga Prosedur Kecantikan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Cacar air atau varicella adalah infeksi virus yang menyebabkan munculnya lentingan kecil di kulit. Penyakit ini umumnya menyerang anak-anak, namun bisa juga terjadi pada orang dewasa yang belum pernah terinfeksi. Selain gatal pada kulit yang sangat mengganggu, lenting cacar air bisa meninggalkan bekas luka yang sulit hilang. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bekas cacar ini? Simak beberapa pengobatannya berikut ini.

Cara menghilangkan bekas cacar air pada kulit

Rasa gatal yang pasti membuat Anda gemas untuk menggaruk lenting cacar iar. Sayangnya, menggaruk lenting tersebut akan membuat lenting pecah, luka, dan membentuk jaringan parut. Bekas luka tersebut bisa mengurangi penampilan kulit Anda, apalagi jika terjadi di sekitar wajah.

Jangan khawatir, ada berbagai cara yang bisa Anda tempuh untuk menghilangkan bekas cacar, seperti:

1. Menggunakan bahan alami

manfaat lidah buaya untuk rambut

Beberapa bahan alami dipercaya dapat mengobti bekas luka akibat cacar air. Namun, sebelum Anda menggunakannya, lakukan konsultasi lebih dahulu dengan dokter. Beberapa bahan alami yang bisa Anda oleskan pada bekas cacar, antara lain:

  • Lidah buaya. Gel dari lidah buaya telah diuji dapat mengobati luka bakar dan mengurangi sensasi panas yang ditimbulkan pada kulit yang terbakar.
  • Vitamin E. Vitamin ini memang sudah dikenal untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk sebagai bahan alami untuk merawat bekas cacar air.
  • Rosehip oil. Minyak esensial ini mengandung antioksidan dan fitokimia, seperti asam askorbat dan asam lemak. Mengoleskan minyak ini pada bekas cacar sebanyak 2 kali sehari selama 12 minggu dapat meningkatkan penampilan kulit jadi lebih baik.
  • Cocoa butter. Teksturnya yang halus, lembut, dan mudah menyerap pada kulit membuat cocoa butter cocok dijadikan pelembap yang mungkin dapat memperbaiki bekas cacar air.
  • Bahan alami lainnya. Ada banyak bahan alami lainnya bisa digunakan untuk membantu memperbaiki penampilan bekas cacar air, seperti madu, olive oil, jojoba oil, oat, perasan air lemon, argan oil, dan shea butter.

2. Pakai obat dari apotek

pelembap untuk kulit kering

Selain bahan alami, tersedia juga obat-obatan di apotek yang bisa mengobati bekas cacar air, seperti:

  • Krim retinol. Krim ini mengandung vitamin A, yang berperan dalam produksi kolagen. Kolagen ini diperlukan oleh tubuh untuk membangun kembali jaringan ikat di kulit yang sudah rusak sehingga dapat mengurangi bekas cacar air. Anda bisa mengoleskan krim ini setiap malam sebelum tidur.
  • Eksfoliasi. Metode ini sebenarnya digunakan untuk mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Namun, bisa juga digunakan untuk membantu menghilangkan permukaan kulit yang terasa kasar atau tebal, seperti bekas cacar. Pengelupasan ini terdiri dari scrub atau sikat khusus dan bahan eksfoliasi yang bisa Anda dapatkan di apotek.
  • Krim penghilang bekas luka. Obat ini mengandung berbagai kombinasi bahan yang membantu mencegah terbentuknya bekas luka baru dan mengurangi penampilan luka yang sudah lama.

3. Prosedur kecantikan

penyebab sirosis hati

Jika pengobatan dengan bahan alami atau obat-obatan tanpa resep tidak memberikan hasil yang memuaskan, Anda bisa mengikuti perawatan kulit langsung dari dokter. Dokter akan menjelaskan pada Anda, prosedur mana yang lebih efektif. Beberapa prosedur yang tersedia untuk menghilangkan bekas cacar air, antara lain:

  • Eksisi bekas luka. Prosedur ini direkomendasikan jika semua teknik untuk mnghilangkan bekas luka gagal. Anda akan diberi obat bius dan dokter akan mengangkat jaringan parut lewat pembedahan. Perawatan ini sangat cocok dilakukan jika bekas luka membentuk cekungan yang dalam.
  • Filler. Cekungan bekas luka bisa kembali rata dengan prosedur filler, yaitu mengisi jaringan luka dengan lemak atau asam hialuronat. Hanya saja prosedur ini sifatnya sementara dan hanya bertahan sekitar 6 bulan.
  • Microneedling. Microneedling menggunakan alat rolling pin yang tertutup jarum yang sangat kecil. Meski akan terjadi pendarahan kecil, prosedur ini dapat merangsang produksi kolagen kulit sehingga tekstur kulit kembali halus dan rata. Untuk hasil yang memuskan, prosedur ini harus dilakukan secara berulang dan bertahap.
  • Mikrodermabrasi. Teknik untuk membentuk kembali struktur kulit dengan menggunakan sikat yang berputar cepat yang dapat menembus ke dalam jaringan kulit. Prosedur ini sangat efektif untuk memperbaiki tampilan kulit dan menghilangkan bekas luka di permukaan kulit.
  • Chemical peels. Chemical peeling menghilangkan lapisan luar dari bekas luka dan melapisi kembali area tersebut dengan asam. Prosedur ini dilakukan dalam beberapa tahap dan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk sembuh.
  • Cangkok kulit. Prosedur ini biasanya dilakukan untuk mengobati bekas luka parah yang lebih luas. Caranya dengan menggunakan bagian kulit tubuh lain untuk menutupi lokasi kulit yang terluka.
  • Laser Resurfacing (terapi laser wajah). Perawatan ini sangat umum dilakukan baik untuk mengurangi bekas luka sekaligus mengurangi perbedaan warna yang ditimbulkan oleh luka. Terapi laser wajah ini dilakukan secara bertahap menggunakan anestesi lokal yang dioleskan ke kulit.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 16, 2019 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca