3 Tips Mencegah Lenting Cacar Jadi Bekas Luka Permanen

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Selain rasa gatal, masalah lainnya yang harus kita hadapi saat sakit cacar air adalah bekas luka di kulit. Ya, lentingan cacar air yang pecah bisa menimbulkan luka yang akan menebal atau bopeng. Bekas luka ini tentu mengurangi kecantikan kulit Anda, bukan? Lantas adakah cara untuk mencegah bekas cacar menjadi luka yang merusak penmpilan kulit? Yuk, sontek beberapa tipsnya berikut ini.

Tips mencegah terbentuknya bekas cacar air di kulit

Cacar air (varicella) adalah infeksi virus yang menyebabkan sekujur tubuh Anda dipenuhi dengan lenting berisi air yang mirip jerawat atau gigitan serangga, biasanya muncul dalam 2 sampai 4 hari. Kemudian, akan melepuh meninggalkan luka, mengering, dan membuat kulit keropeng.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bekas cacar air. Namun, tidak semua cara yang mudah akan ampuh. Pada beberapa kasus, Anda perlu mengikuti prosedur kecantikan yang memakan biaya mahal. Jadi, tindakan pencegahan adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Ada beberapa tips pencegahan yang bisa Anda lakukan supaya lenting cacar tidak meninggalkan bekas keropeng di kulit Anda, di antaranya:

1. Jangan menggaruk lenting cacar air

Bukan hanya cacar air, semua penyakit yang menimbulkan kulit gatal sangat dilarang untuk digaruk. Mengapa? Menggaruk mungkin melegakan kulit yang gatal, namun ini hanya kamuflase saja. Sebenarnya, menggaruk bisa memperburuk kondisi kulit Anda. Apalagi saat Anda terkena cacar air. Kulit yang melenting ini sangat tipis. Sedikit saja gesekan dari kuku Anda akan mengoyak kulit dan lenting bisa pecah.

Pada anak-anak yang masih sulit untuk menahan keinginan menggaruk, bisa Anda pakaikan sarung tangan. Selain itu, ada beberapa cara untuk mengurangi rasa gatal saat cacar, antara lain:

  • Mengoleskan losion calamine. Losion ini mengandung zinc oxide yang menenangkan kulit dari rasa gatal. Gunakan jari tangan yang bersih atau cottonbud untuk mengoleskan lentingan. Namun, hindari penggunaan losion ini pada lenting cacar di sekitar mata.
  • Pakai losion aloe vera. Sensasi dingin dari losion ini bisa meringankan rasa gatal. Oleskan losion setelah Anda mandi aau sebelum tidur untuk mengurangi rasa gatal.
  • Minum obat pereda gatal. Selain obat yang dioleskan di kulit, ada juga obat minum pemberian dokter yang berfungsi untuk mengurangi rasa gatal. Biasanya obat ini mengandung antihistamin dan membuat Anda tidur lebih nyenyak.

2. Jaga kebersihan kuku dan tubuh Anda

Supaya kuku Anda tidak melukai lenting, pastikan kuku Anda pendek dan pastikan tangan selalu bersih. Anda mungkin sering mendengar jika mandi itu pantangan saat kena cacar air. Sebenarnya, pantangan tersebut adalah hal yang salah. Ingat, tidak mandi akan menumpuk keringat dan kotoran di kulit. Hal ini bisa meningkatkan rasa gatal di kulit Anda. Jadi, Anda tetap harus mandi meski kulit dipenuhi lenting.

Hanya saja Anda perlu berhati-hati saat membersihkan kulit dengan sabun. Hindari gerakan menggosok kulit dengan sabun, lebih baik mengusapnya perlahan supaya lening tidak pecah. Bahkan, ada cara alami untuk mengurangi rasa gatal, yaitu mandi dengan campuran air hangat dengan oatmeal koloid. Kemudian, bilas dengan air bersih mengalir dan keringkan tubuh dengan handuk lembut.

3. Gunakan pakaian yang tepat

Lenting cacar air yang mudah pecah ini, bisa pecah karena gesekan dan tekanan. Selain idak menggaruk, Anda juga harus memperhatikan pilihan pakaian. Hindari menggunakan pakaian yang ketat, berbahan kasar, atau menyebabkan Anda berkeringat lebih banyak.

Kemudian, pilih model pakaian yang berkancing sehingga lebih mudah untuk dilepaskan. Untuk kondisi seperti ini, baju tidur biasanya merupakan pilihan aman untuk digunakan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Penyebab Bisul dan Kapan Perlu Diperiksa Dokter?

Meski kecil, bisul bisa jadi mengganggu, bahkan menyakitkan, terutama jika letaknya di pantat. Tapi, apa penyebab bisul sebenarnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Kulit, Penyakit Infeksi Kulit 9 November 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Agar Kulit Cantik Alami Dari Dalam

Menjaga kecantikan kulit tidak cukup dengan krim perawatan kulit. Sejumlah kandungan makanan ini membantu menjaga kulit Anda tetap cantik alami dari dalam.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 5 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Salep Kortikosteroid untuk Masalah Kulit: Manfaat, Aturan Pakai, dan Efek Samping

Gejala dermatitis, eksim, psoriasis, dan alergi dapat ditangani dengan obat oles berupa salep atau krim kortikosteroid. Namun, pahami dulu aturan pakainya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Kesehatan Kulit 4 November 2020 . Waktu baca 7 menit

Cek Menu Harian Anda: 9 Makanan Ini Membuat Anda Tampak Cepat Tua

Ingin terus terlihat awet muda hingga bertahun-tahun ke depan? Hindari makanan yang ada di dalam artikel ini jika tidak ingin tampak cepat tua!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kulit gatal

Terganggu Kulit Gatal di Malam Hari? Simak Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit
penyakit kulit

Jenis Penyakit Kulit Menular dan Tidak Menular yang Umum

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 13 November 2020 . Waktu baca 12 menit
panu tinea versicolor

Panu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 10 November 2020 . Waktu baca 8 menit
obat kurap alami

Obat Kurap, Dari Pengobatan Medis Hingga Bahan Alami

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 10 November 2020 . Waktu baca 6 menit