Makanan untuk Penderita Eksim, Mana yang Baik dan yang Harus Dihindari?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Makanan ternyata bisa memicu atau bahkan mengurangi gejala eksim. Ya, makanan tertentu bisa membantu mengurangi peradangan sementara makanan lainnya justru bisa memicu gejalanya. Berikut berbagai makanan untuk penderita eksim yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari.

Hubungan eksim dengan alergi makanan

jenis probiotik adalah

Eksim atau dermatitis atopik adalah kondisi saat kulit mengalami peradangan yang ditandai dengan rasa gatal, kemerahan, kasar, dan pecah-pecah.

Penyebab eksim masih belum diketahui secara pasti, namun diketahui terdapat hubungan antara eksim dengan kerja sistem imun, riwayat penyakit keturunan, dan alergi makanan.

Alergi makanan itu sendiri disebabkan oleh konsumsi makanan seperti telur, kacang-kacangan, atau susu. Reaksi alergi memang menimbulkan rasa gatal seperti eksim, namun tanda-tanda yang diperlihatkan pada kulit berbeda dengan gejala eksim, ruam kemerahan yang muncul biasanya lebih menyebar dan tidak mengumpul pada satu titik.

Selain itu, alergi juga bisa memunculkan sejumlah reaksi lain seperti sesak napas dan gangguan pencernaan.

Menurut American Academy of Dermatology, 40% bayi dan anak-anak yang mengalami alergi makanan di saat yang bersamaan juga mengalami eksim. Oleh karena itu, menghindari jenis makanan tertentu untuk penderita eksim diyakini bisa membantu meredakan gejala yang muncul.

Meskipun sebenarnya mengonsumsi makanan penyebab alergi tidak lantas menyebabkan seseorang mengalami eksim. Namun, bagi penderita eksim mengonsumsi makanan tersebut dapat memperparah gejala eksim yang muncul.

Makanan untuk penderita eksim yang perlu dikonsumsi

Akan tetapi menghentikan konsumsi makanan tertentu untuk penderita eksim bisa menyebabkan tubuh mengalami malnutrisi, terutama jika diterapkan pada bayi atau anak-anak.

Selain menghambat proses tumbuh kembang, si kecil juga lebih rentan mengalami infeksi dikarenakankekurangan vitamin dan mineral.

Tentunya ini dapat menjadi dilema bagi orang tua dengan anak yang terjangkit eksim. Namun terdapat beberapa jenis makanan untuk penderita eksim yang dapat mencukupi nutrisinya sekaligus meredakan gejalanya.

Untuk mengatasi peradangan  di dalam tubuh, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda konsumsi, yaitu:

1. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membantu melawan peradangan di dalam tubuh. Ikan yang kaya omega 3 yaitu salmon, tuna, dan sarden. Namun, Anda juga perlu berhati-hati saat mengonsumsi makanan untuk penderita eksim ini. Pastikan Anda tidak alergi terhadap ikan tersebut.

Dikutip dari Livestrong, jika Anda alergi terhadap ikan, Anda mungkin malah mengalami eksim setelah mengonsumsi makanan laut.

2. Makanan kaya probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup dan berkembang di dalam tubuh. makanan untuk penderita eksim ini yang kaya probiotik seperti yoghurt, tempe, dan kefir akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Selain itu, berbagai makanan ini juga bisa mengurangi reaksi alergi pada kulit.

3. Makanan tinggi flavonoid

Flavonoid adalah antioksidan yang membantu melawan peradangan di dalam tubuh. makanan untuk penderita eksim inijuga membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel sehat.

Untuk Anda yang memiliki eksim, makan makanan yang mengandung flavonoid membantu mengurangi peradangan. Makanan untuk penderita eksim yang tinggi flavonoid yaitu brokoli, apel, ceri, dan bayam.

Meskipun berbagai makanan untuk penderita dermatitis ini bisa membantu meredakan gejala, tapi tidak pasti menyembuhkan eksim dengan cepat. Selain itu, upaya ini harus tetap dibarengi dengan langkah pengobatan eksim lainnya seperti penggunaan pelembab atau krim steroid secara rutin.

Makanan untuk penderita eksim yang sebaiknya dihindari

cara memasak telur

Jika tadi sudah disebutkan berbagai makanan yang bisa membantu mengurangi peradangan maka berikut ini ada makanan yang sebaiknya dihindari. Eksim biasanya sensitif terhadap makanan tertentu. Biasanya reaksinya akan muncul setelah 6 hingga 24 jam.

Berikut beberapa makanan untuk penderita eksim yang sebaiknya dihindari:

  • Produk susu
  • Telur
  • Gluten atau gandum
  • Kedelai
  • Rempah-rempah seperti vanili, cengkeh, dan kayu manis
  • Tomat
  • Beberapa jenis kacang-kacangan

Terkadang, makanan yang mengandung pengawet buatan seperti margarin, makanan olahan, dan makanan cepat saji juga bisa memicu gejala eksim kumat.

Tak hanya itu, makanan untuk penderita eksim yang harus dihindari adalah makanan yang tinggi gula juga terkadang bikin gejala eksim jadi makin parah.

Hal ini karena gula membuat kadar insulin dalam darah meningkat hingga akhirnya menyebabkan peradangan. Berbagai makanan yang tinggi gula yaitu kue, permen, dan minuman kemasan yang manis.

Diet dengan menu makanan untuk penderita eksim

Eksim menyebabkan terjadinya peradangan atau dermatitis pada kulit. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba diet dengan menu makanan untuk penderita eksim yang dapat mencegah terjadinya inflamasi. Diet anti-inflamasi yang sebagian besar menu makanannya terdiri dari buah-buhan, sayuran, dan ikan dapat dijadikan pilihan untuk penderita eksim.

Hal terpenting dalam melakukan diet anti-inflamasi adalah fokus dengan jumlah lemak pada makanan untuk penderita eksim. Jumlah lemak ini akan memengaruhi proses inflamasi yang terjadi di dalam tubuh.

Menu makanan untuk penderita eksim yang menjalani diet anti-inflamasi

Beberapa makanan untuk penderita dermatitis yang perlu dihindari apabila ingin menjalani diet anti-inflamasi adalah yang mengandung:

  • Lemak trans: makanan dengan minyak terhidrogenasi seperti gorengan, makanan cepat saji
  • Lemak jenuh: daging merah dan makanan yang mengandung susu seperti mentega dan keju

Alih-alih mnegonsumsi makanan seperti di atas, penderita eksim disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3, yakni alpha-linolenic acid (ALA), eicosapentaenoic acid (EPA), dan docosahexaenoic acid (DHA). Makanan untuk penderita eksim yang mengandung omega 3 tinggi adalah:

  • kacang kedelai
  • minyak kanola
  • bayam
  • sawi hijau
  • dan sayuran hijau lainnya

Selain fokus mengonsumsi makanan dapat meningkatkan jumlah asam lemak omega 3, beberapa menu makanan untuk penderita eksim lainnya yang kaya akan antioksidan dan serat dapat membantu meredakan inflamasi di antaranya:

  • Buah-buahan seperti stawberry dan blueberry
  • Kunyit
  • Jahe

Efektifkan diet untuk penderita eksim?

Melakukan diet dan menghindari konsumsi makanan tertentu untuk penderita eksim dapat memberikan manfaat kesehatan kulit lainnya, seperti mengenali jenis makanan apa saja yang bisa memicu terjadinya alergi.

Akan tetapi, diet atau memilih makanan untuk penderita eksim yang perlu dan tidak perlu untuk dikonsumsi tidak selalu memberikan hasil yang efektif. Pada beberapa kasus, cara ini malah memperparah gejala. Oleh karena itu, selalu konsultasikan perkembangan kondisi eksim Anda pada dokter selama menjalani pengobatan eksim.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Desember 28, 2018 | Terakhir Diedit: Januari 29, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca