Kebiasaan Buruk Penyebab Semakin Parahnya Bekas Jerawat

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28/02/2020
Bagikan sekarang

Masalah jerawat sudah tuntas, tetapi ada satu hal yang masih belum terselesaikan, yakni bekas jerawat. Seringkali masalah bekas jerawat lebih sulit dihilangkan dibandingkan dengan jerawat itu sendiri. Tentu tak nyaman melihat bekas jerawat tak kunjung hilang.

Terkadang ada beberapa kebiasaan yang kerap tak disadari sebagai penyebab bekas jerawat. Mungkin saja poin-poin berikut bisa menjelaskan keresahan Anda mengenai penyebab bekas jerawat tak hilang tuntas.

Penyebab bekas jerawat kian parah

Terkadang perlakuan kita terhadap jerawat, secara tak disadari menjadi penyebab bekas jerawat sulit hilang.

Jika Anda bertanya-tanya, apa penyebab parahnya bekas jerawat, coba kulik beberapa poin berikut. Siapa tahu pertanyaan Anda dapat terjawab.

1. Menghentikan treatment terlalu cepat

Menghentikan treatment jerawat terlalu cepat bisa jadi salah satu faktor penyebab bekas jerawat. Beberapa produk yang menuntaskan bekas jerawat membutuhkan proses setidaknya 6-8 minggu. Anda butuh sedikit bersabar agar jerawat dapat hilang secara tuntas.

Jika rangkaian perawatan dihentikan di tengah jalan, sebelum jerawat hilang, justru bekas jerawat tak sembuh secara optimal.

Biasanya perawatan untuk mengobati jerawat masih perlu dilakukan, meskipun jerawat sudah hilang. Hal ini perlu diterapkan untuk mencegah timbulnya jerawat kembali. Penyebab bekas jerawat juga ditimbulkan karena tak ada penggunaan obat untuk mengatasi bekas jerawat.

Anda perlu menerapkan post acne gel agar bekas jerawat hilang secara optimal. Obat topikal ini diaplikasikan pada bekas jerawat yang membandel dan secara cepat dapat menyerap ke dalam kulit.

Selain mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit, post acne gel dapat meminimalkan risiko timbulnya jerawat lagi di area yang sama. Oleh karena itu, Anda bisa memilih kandungan gel antibakteri, seperti allium cepa. 

Menurut Jundishapur journal of microbiology, Allium cepa merupakan gel dari ekstrak bawang merah yang mampu mengatasi masalah bekas jerawat. Allium cepa bekerja untuk menyembuhkan iritasi dan infeksi yang diakibatkan bakteri Acne vulgaris.

2. Terlalu sering cuci muka

Terkadang jerawat membuat seseorang panik. Apalagi dalam waktu dekat ada wawancara pekerjaan. Sehingga keputusan mencuci muka secara sering dilakukan untuk mengentaskannya.

Perlu diketahui, mencuci wajah terlalu sering dapat memperparah kondisi jerawat. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya bekas jerawat.

Menurut Maral Skelsey, MD, direktur bedah dermatologi dari Georgetown University Medical Center, ketika kulit kering dan meradang, kulit jadi intoleran terhadap obat jerawat yang diaplikasikan, Sehingga obat jerawat tak bekerja secara optimal.

3. Memencet jerawat

jerawat di pipi

Rasanya sulit untuk menahan godaan untuk memencet jerawat. Sayangnya, kebiasaan memencet jerawat dapat memperparah jerawat.

Memencet jerawat juga menimbulkan bekas kemerahan dalam jangka panjang. 

Skelsey juga menyebutkan bahwa jerawat dapat menimbulkan infeksi dalam jangka pendek dan memperbesar jerawat.

Kebiasaan tersebut juga dipercaya sebagai penyebab parahnya bekas jerawat. Sehingga noda sulit hilang dalam jangka panjang, bahkan bisa meninggalkan jejak permanen.

4. Tidak menggunakan sunscreen

Salah satu penyebab menetapnya bekas jerawat adalah tidak menggunakan sunscreen. Fungsi dari sunscreenadalah untuk melindungi kulit dari penuaan dini, kanker kulit, termasuk mencegah hiperpigmentasi.

Hiperpigmentasi adalah salah satu efek yang muncul dari bekas jerawat. Biasanya hiperpigmentasi menimbulkan noda kehitaman pada kulit. Saat kulit berjerawat, penting untuk menggunakan sunscreen noncomedogenic,sehingga tak memperparah dampak bekas jerawat yang tertinggal.

5. Kondisi handphone yang kotor

Secara tidak disadari banyak bakteri yang menempel pada telepon genggam. Ada keringat dan minyak wajah yang menempel pada layar telepon. 

Bila tak segera dibersihkan, kotoran akan kembali menempel pada kulit wajah. Sehingga bakteri bisa berkembang dan mengiritasi jerawat, serta meninggalkan bekas yang sulit hilang setelahnya.

Karena ini bisa jadi salah satu penyebab bekas jerawat yang sulit hilang, Anda perlu membersihkan telepon genggam secara rutin, sesuai dengan instruksinya.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Seberapa Ampuh Minyak Zaitun Ampuh Mengobati Jerawat dan Bekasnya?

Minyak zaitun menjadi produk serba guna yang banyak digunakan untuk kecantikan termasuk mengatasi jerawat. Namun, jangan asal pakai sebelum tahu faktanya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini

Mitos Bekas Jerawat yang Harus Diketahui

Mitos bekas jerawat ini perlu Anda ketahui. Pastikan apakah perawatan dan perlakuan terhadap bekas jerawat yang sudah dilakukan adalah mitos atau fakta.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Perawatan Bekas Jerawat yang Cocok untuk Remaja

Menghilangkan bekas jerawat remaja dilakukan dengan pemilihan produk perawatan secara tepat. Berikut produk perawatan bekas jerawat yang bisa diterapkan.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Stop Lakukan Ini Jika Ingin Bekas Jerawat Cepat Hilang

Ingin Bekas jerawat hilang, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari. Ternyata kebiasaan beriku tak disadari memicu masalah pada bekas jerawat,

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Direkomendasikan untuk Anda

rosehip oil untuk jerawat

Khasiat Penting Niacinamide untuk Samarkan Bekas Jerawat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 21/02/2020
cara menyamarkan bekas jerawat

Apakah Bekas Jerawat Membandel Bisa Hilang Total?

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 27/01/2020
memperbaiki tekstur kulit wajah

Tips dan Trik Menghaluskan Tekstur Wajah yang Tidak Rata Akibat Bekas Jerawat

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 24/01/2020
bekas jerawat hitam

Kenapa Bekas Jerawat Lama-lama Berubah Jadi Hitam?

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 23/01/2020