12 Cara Menghilangkan Selulit di Tubuh

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Selulit adalah lemak di bawah kulit Anda yang muncul ke permukaan kulit. Kemunculannya membuat kulit Anda terlihat bergelombang, karena selulit mendorong jaringan ikat Anda. Selulit sering terlihat pada paha, bokong, atau perut Anda. Hal ini normal terjadi, tetapi jika Anda merasa terganggu, ada cara menghilangkan selulit di tubuh agar terlihat lebih samar.

Berbagai cara menghilangkan selulit di tubuh

Berikut ini beberapa cara menghilangkan selulit yang bisa Anda coba:

1. Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara menghilangkan selulit secara alami. Olahraga tidak membuat selulit langsung menghilang, tetapi akan membuat Anda memiliki otot yang kuat di bawah area yang berselulit sehingga membuat kulit Anda terlihat lebih rata. Cobalah lakukan tiga rangkaian ini: diet sehat, olahraga singkat, dan pembentukan otot.

2. Perbanyak asupan serat

Makanlah serat lebih banyak, seperti gandum, buah, dan sayuran, dibandingkan makanan berkalori “kosong”. Karbohidrat sederhana atau olahan yang ditemukan dalam banyak roti, permen, dan minuman ringan dapat menambah kalori. Hal ini menyebabkan lemak, terutama di daerah yang rawan selulit.

3. Menurunkan berat badan

Kurus atau gemuk, Anda dapat memiliki selulit, tapi berat badan berlebih dapat membuatnya lebih terlihat. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu. Sebaiknya turunkan berat badan secara perlahan.

Diet yang menurunkan berat tubuh secara drastis dapat membuat selulit tampak lebih buruk. Jika Anda kehilangan banyak berat badan, Anda mungkin melihat terdapat selulit di daerah kulit Anda yang kendur. Tanyakan kepada dokter Anda tentang cara yang aman dan sehat untuk menurunkan berat badan.

4. Berhenti merokok

Merokok memengaruhi suplai darah ke kulit Anda, sehingga membuatnya lebih tipis dan mungkin kendur. Hal ini membuat selulit di lengan, paha, dan bokong lebih terlihat. Oleh sebab itu, berhenti merokok adalah salah cara menghilangkan selulit secara alami yang bisa Anda coba.

Bagi Anda perokok aktif, berhenti merokok memang susah untuk dilakukan. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai hambatan terbesar Anda. Selain membantu menyamarkan selulit di tubuh, cara ini juga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara menyeluruh.

5. Pijatan

Luangkan beberapa menit setiap hari untuk memijat bagian yang berselulit. Lakukan saat di kamar mandi atau ketika Anda mengoleskan pelembap. Pijatan meningkatkan aliran darah dan menghilangkan kelebihan cairan, yang dapat membuat selulit terlihat lebih samar untuk sementara waktu.

6. Pakai krim retinol

efek samping krim steroid

Saat Anda mencari krim yang tepat untuk menghilangkan selulit di tubuh, carilah yang mengandung retinol. Retinol tidak menyembuhkan selulit, tetapi dapat memperbaiki tampilan dan tekstur kulit Anda. Anda perlu menggunakannya setidaknya selama 6 bulan, dan produk dengan 0,3 persen retinol adalah yang terbaik. Retinol akan memperkuat lapisan luar kulit Anda untuk membantu menutupi daerah bergelombang di bawahnya.

Namun, sebelum menggunakan obat ini, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya.

7. Gelapkan kulit

Jika Anda memiliki kulit yang sangat putih, menggelapkan warna kulit (tanning) dapat membantu menyamarkan selulit. Selulit tak akan terlalu terlihat pada kulit yang lebih gelap. Mulailah dengan mengoleskan scrub khusus tubuh yang lembut, lalu oleskan losion self-tanning ke daerah selulit saja. Kemudian semprotkan seluruh tubuh Anda dengan semprotan pewarna. Jangan tanning dengan berjemur. Hal ini akan merusak kulit Anda dan membuat selulit tampak lebih buruk.

8. Kenakan support stocking

Support stocking modern tidak terlihat tebal dan longgar seperti yang nenek Anda kenakan dulu. Jika Anda sering memakainya, selulit Anda akan terlihat lebih halus. Yang menjadi masalah adalah, biasanya dibutuhkan satu hingga dua tahun! Stocking kompresi dapat membantu mencegah selulit menyimpan cairan. Dokter atau apoteker dapat membantu Anda memilih jenis yang tepat.

9. Memanjakan diri dengan spa wrap

Anda bisa menggunakan spa wrap untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit Anda. Efeknya berlangsung sekitar satu hari, dan biayanya bervariasi. Sebuah pembentuk tubuh atau perban Ace akan melilit zona selulit Anda dan mungkin dapat memberikan hasil spa yang tidak memakan banyak biaya.

10. Lipomassage

Lipomassage adalah prosedur menggunakan perangkat untuk mengumpulkan kulit Anda dan melakukan pijatan. Pengobatan mahal ini telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat atau setara dengan Badan POM di Indonesia, dan membutuhkan beberapa kali perawatan sampai mendapatkan hasilnya. Namun, manfaatnya cenderung tak bertahan lama kecuali Anda melakukannya berulang-ulang.

11. Laser dan radio frequency

cara menghilangkan lemak

Laser atau frekuensi radio (RF) dapat menghangatkan kulit Anda dari luar, membuat permukaan yang berselulit tampak lebih halus, biasanya selama enam bulan atau lebih. Tidak terlalu menyakitkan, tetapi bisa sangat mahal, dan Anda mungkin perlu beberapa kali kunjungan.

12. Operasi cellulaze

Operasi ini menangani selulit langsung pada sumbernya. Sebuah laser masuk di bawah kulit untuk mengecilkan sel-sel lemak, memotong bagian keras yang menyebabkan gumpalan selulit, dan merangsang kulit tebal. Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat atau setara dengan Badan POM di Indonesia menyetujui Cellulaze pada tahun 2012 berdasarkan sebuah penelitian kecil yang berlangsung selama tiga bulan.

Hasilnya dapat bertahan satu tahun atau lebih, tetapi efek jangka panjang dari Cellulaze tidak diketahui. Pastikan Anda menemui dokter bedah plastik bersertifikat untuk prosedur ini. Cellulaze mungkin tidak bekerja dengan baik jika Anda memiliki berat badan berlebih atau selulit parah. Tanyakan kepada dokter Anda untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca