Patuhi Aturan Mandi yang Tepat Ini Jika Anda Memiliki Eksim

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Mandi mungkin jadi ritual menyenangkan bagi sebagian besar orang, tapi tidak untuk orang yang memiliki eksim atau dermatitis atopik. Pasalnya, eksim bisa menimbulkan gatal, kemerahan, dan kering pada kulit yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Mirisnya, kondisi dermatitis ini bisa semakin memburuk bila Anda belum memahami betul bagaimana cara mandi untuk eksim yang tepat.

Apa yang perlu diperhatikan dalam mandi untuk eksim

mengatasi eksim

Dalam mengikuti aturan mandi untuk eksim, Anda dituntut untuk lebih jeli dalam memilah-milah produk perawatan kulit mana yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Sebab salah memilih kandungan produk, justru bisa semakin mengiritasi kulit yang akan memperparah kondisi eksim.

Sebaiknya hindari produk mandi untuk eksim maupun perawatan kulit (seperti sabun, krim, atau body lotion) yang mengandung wewangian, menghasilkan banyak busa, dan mengandung pewarna buatan.

Menurut Yunyoung Claire Chang, MD, seorang dokter spesialis kulit di Union Square Laser Dermatology di New York City, jika digunakan selama mandi untuk eksim bahan-bahan ini bisa menimbulkan iritasi dan alergi pada kulit.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam aturan mandi untuk eksim adalah suhu air. National Eczema Association (NEA), menganjurkan Anda untuk Anda menggunakan suhu air hangat – yakni tidak terlalu panas ataupun dingin. Alasannya karena suhu air selama mandi untuk eksim dapat membantu untuk mempertahankan kelembapan kulit ketika mandi untuk eksim.

Setelah mengikuti aturan mandi untuk eksim, pastikan Anda rutin mengaplikasikan produk perawatan yang dapat melembapkan kulit.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, kulit yang mengalami eksim rentan kering dan tampak pecah-pecah. Itulah mengapa Anda butuh produk perawatan kulit yang dapat memberi kelembapan optimal bagi kulit eksim Anda. Kulit yang lembap akan mengunci kadar air di kulit yang dapat mencegah risiko terkena infeksi.

Waktu terbaik untuk mengaplikasikan pelembab adalah tiga menit setelah selesai mandi untuk eksim, menurut Dr. Chang.

Lantas, apa saja aturan mandi untuk eksim?

manfaat mandi susu

National Eczema Association merekomendasikan beberapa langkah penting bagi Anda yang ingin mandi untuk eksim. Langkah ini diyakini dapat membantu meringankan gejala eksim.

1. Berendam di air hangat

Cara mandi untuk eksim adalah dengan berendam dalam air hangat, tapi tidak terlalu lama. Isilah bak dengan air bersuhu hangat. Kemudian biarkan tubuh Anda berendam di dalamnya selama kurang lebih 5-10 menit, dengan memakai sabun yang aman untuk kulit eksim.

Selama mandi untuk eksim, gosokkan sabun dengan lembut ke sekujur tubuh tanpa tenaga yang kuat. Hindari waktu mandi untuk eksim yang terlalu lama karena justru bisa memperparah gejala.

2. Membilas tubuh setengah kering

Langkah setelah mandi untuk eksim selesai adalah membilas tubuh hingga setengah kering. Sapukan handuk dengan lembut atau sekadar ditepuk halus ke sekeliling tubuh Anda, tapi jangan sampai benar-benar kering.

Biarkan kulit dalam keadaan agak lembab guna memudahkan penyerapan obat dan produk pelembab kulit yang akan dilakukan pada langkah mandi untuk eksim selanjutnya.

3. Memakai obat topikal

Pakai obat eksim topikal untuk eksim berupa salep, krim, atau losion sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter. Anda bisa mengaplikasikan obat ini segera setelah selesai mengeringkan tubuh dengan handuk.

4. Mengoleskan pelembab

Setelah selesai pakai obat topikal, lanjutkan dengan mengaplikasikan pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Selain meresepkan penggunaan obat topikal, biasanya dokter juga akan merekomendasikan produk pelembab kulit tergantung kondisi eksim yang Anda alami.

Beri waktu sejenak bagi kulit untuk menyerap seluruh perawatan yang telah diberikan sebelum Anda mengenakan pakaian. Beri jeda setidaknya sekitar 3-5 menit.

Tujuan dari langkah akhir mandi untuk eksim ini adalah untuk menjaga kelembapan di area kulit yang terkena eksim. Sebagai perawatan tambahan, penting untuk mencukupi kebutuhan cairan agar tubuh tetap terhidrasi optimal.

Tips mandi oatmeal untuk redakan eksim

Cara mandi untuk eksim lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan oatmeal. Oatmeal memang merupakan bahan makanan bergizi yang biasa dikonsumsi untuk sarapan, tapi oatmeal bisa dipakai saat mandi untuk eksim terutama untuk bayi yang mengalami penyakit kulit.

Selain bisa dipergunakan dalam mandi untuk eksim, mandi oatmeal ini memiliki banyak manfaat dalam menjaga kelembapan kulit.

Mandi oatmeal dapat menjadi cara alami untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit, seperti kulit kering. Selain itu, mandi oatmeal juga cocok diterapkan pada semua jenis kulit. Kelebihannya lagi, Anda bisa membuat mandi oatmeal sendiri di rumah dengan  biaya yang cukup terjangkau.

Manfaat mandi oatmeal untuk eksim

Oatmeal mempunyai banyak manfaat bagi kulit Anda karena kandungan lemak dan gula yang ada di dalamnya. Lemak dapat menjadi pelumas yang dapat membantu mengatasi kulit kering.

Gula dalam bentuk polisakarida yang terkandung dalam oatmeal juga dapat membuat kulit lebih lembab. Selain itu, oatmeal juga mempunyai beberapa kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology tahun 2010 menunjukkan bahwa kandungan avenanthramides dalam oatmeal dapat menghambat senyawa yang menyebabkan peradangan dan antihistamin.

Sehingga, oatmeal dapat membantu menenangkan kulit yang gatal. Fenol dan antioksidan yang terkandung dalam oatmeal juga dapat membantu mengurangi peradangan kulit dan mengatasi gatal pada kulit.

Beberapa masalah kulit lainnya selain eksim pada bayi dan dewasa yang dapat diatasi dengan mandi oatmeal adalah:

Bagaimana cara menyiapkan mandi oatmeal?

Selain bergizi, ternyata oatmeal juga dapat melembabkan kulit, melindungi kulit, dan menangkan kulit dari iritasi dan gatal. Namun, untuk mendapatkan manfaat ini, oatmeal tidak dimakan melainkan dipakai saat mandi.

Berikut ini merupakan cara menyiapkan mandi untuk eksim dengan oatmeal:

  • Siapkan 1 cangkir oatmeal instan tanpa rasa atau oatmeal yang masih mentah. Untuk bayi, Anda bisa menggunakan oatmeal sebanyak 1/3 cangkir.
  • Giling oatmeal dengan blender sampai benar-benar menjadi bubuk halus seperti susu. Jangan menggunakan oatmeal dengan bentuk yang masih utuh untuk berendam.
  • Tuang oatmeal yang sudah jadi ke dalam bak mandi yang sudah berisi air hangat. Aduk beberapa kali dengan tangan sampai merata.
  • Anda bisa berendam di dalam air hangat yang sudah tercampur dengan bubuk oatmeal tersebut selama 15-20 menit. Anda juga bisa menggosok oatmeal langsung pada kulit Anda dengan lembut, sehingga kotoran yang menempel pada kulit Anda terlepas.
  • Setelah itu, keringkan kulit Anda dengan handuk lembut.

Anda bisa melakukan mandi oatmeal sebanyak sekali atau dua kali dalam sehari.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: September 26, 2018 | Terakhir Diedit: Januari 23, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca