Asma adalah penyakit paru-paru yang menyebabkan kesulitan bernapas. Asma dapat menjadi akut atau kronis. Serangan asma dapat terjadi ketika ada rangsangan pada aliran udara yang masuk ke paru-paru.

Penyebab pasti dari penyakit ini tidak diketahui tapi dapat dipicu oleh alergi, polusi udara, infeksi pernapasan, emosi, kondisi cuaca, kandungan dalam makanan, dan beberapa pengobatan. Gejala umum meliputi batuk, mengi, napas yang pendek, dan sesak di dada.

Banyak pengobatan untuk asma. Namun, beberapa pengobatan alami yang sederhana juga tersedia untuk melegakan gejalanya.

Berikut adalah 5 pengobatan rumahan untuk asma. Konsultasikan juga pada dokter anda untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

1. Jahe

Jahe diketahui sebagai bahan alami untuk berbagai masalah termasuk asma. Peneliti telah menemukan bahwa jahe dapat membantu mengurangi peradangan saluran pernapasan dan mengalangi kontraksi pada saluran pernapasan.

Ditambah lagi, studi mengindikasi bahwa jahe juga dapat meningkatkan relaksasi pada otot seperti yang terdapat pada beberapa obat asma.

  • Campurkan jus jahe, jus delima, dan madu dalam jumlah yang sama. Minum campuran ini sebanyak 1 sendok makan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.
  • Alternatif lain, Anda dapat mencampur 1 sendok teh jahe dengan satu setengah cangkir air dan konsumsi 1 sendok makan campuran ini setiap malam.
  • Potong 3 cm jahe kecil-kecil dan masukan ke dalam panci air mendidih. Biarkan selama 5 menit, tunggu hingga dingin dan minum.
  • Untuk mendetoksifikasi paru-paru Anda, siapkan rebusan fenugreek dengan mendidihkan 1 sendok makan biji fenugreek dalam secangkir air dan campurkan 1 sendok teh jus jahe dan madu. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore.
  • Anda juga dapat mengonsumsi jahe mentah dicampur garam.

2. Bawang putih

Pengobatan menggunakan bawang putih ini dapat membantu membersihkan paru-paru Anda pada asma stadium awal.

  • Didihkan 2 atau 3 siung pada 1 ½ cangkir susu.
  • Biarkan hingga sama dengan suhu ruangan kemudian minum.

3. Kopi

Kafein pada kopi dapat membantu mengontrol serangan asma karena dapat bertindak sebagai bronchodilator. Kopi panas membantu merelaksasikan dan melegakan saluran pernapasan dalam membantu Anda bernapas lebih mudah. Semakin kuat kopinya, semakin bagus hasilnya.

Tetapi cobalah untuk tidak meminum lebih dari 3 cangkir kopi hitam dalam sehari. Jika Anda tidak suka kopi, gantilah dengan teh hitam panas. Jangan menggunakan kafein sebagai perawatan rutin.

4. Madu

Madu adalah salah satu obat alami untuk asma. Alkohol dan minyak yang sangat halus pada madu membantu mengurangi gejala asma.

  • Menghirup aroma madu dapat memproduksi hasil positif dari beberapa orang.
  • Anda juga dapat mencampur 1 sendok teh madu ke dalam segelas air panas dan meminumnya perlahan sekitar 3 kali sehari.
  • Sebelum tidur, konsumsilah 1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis (cinnamon). Ini dapat membantu Anda menghilangkan dahak dari tenggorokan dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

5. Bawang bombay

Bawang bombay memiliki zat anti-peradangan yang dapat membantu anda mengurangi penyumbatan di saluran pernapasan ketika menderita asma. Zat sulfur yang ada pada bawang juga dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru.

Konsumsilah bawang bombay mentah untuk melegakan saluran udara anda supaya dapat bernapas lebih baik. Jika Anda tidak dapat mentoleransi rasa bawang mentah, cobalah memakan bawang yang sudah dimasak.

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca