Anda mungkin lebih sering memanfaatkan jahe sebagai rempah untuk menghangatkan tubuh. Padahal, ada banyak manfaat jahe lainnya yang bisa Anda dapatkan, lho! Selain diolah menjadi jamu atau ke dalam masakan, jahe ternyata juga bisa digunakan sebagai obat asma alami. Bagaimana bisa? Berikut penjelasannya.

Manfaat jahe sebagai obat asma alami

6 manfaat jahe bagi kesehatan

Selama ribuan tahun, jahe dikenal sebagai rempah dengan segudang manfaat. Bukan cuma cocok dikonsumsi sebagai jamu penghangat tubuh, manfaat jahe juga bisa menjadi obat asma alami.

Para ahli sebetulnya belum tahu pasti bagaimana jahe bisa membantu meredakan gejala asma. Mereka menduga bahwa konsumsi jahe dapat membantu mengurangi respon alergi dengan menurunkan kadar IgE.

Kadar IgE adalah imunoglobulin yang bertanggung jawab untuk gejala alergi. Ketika kadar IgE ini menurun, maka reaksi alergi yang muncul pun perlahan-lahan akan berkurang. Alhasil, gejala asma Anda bisa semakin dikendalikan dan jarang kambuh.

Jahe juga mengandung antioksidan dan antiradang yang dapat membantu melonggarkan otot jalan napas. Menurut sebuah penelitian dalam American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology tahun 2013, hal ini membuat aliran oksigen yang masuk ke dalam tubuh jadi lebih lancar dan asma jadi jarang kambuh.

Perhatikan ini dulu sebelum mengolah jahe untuk asma

khasiat jahe

Hal ini tentu menjadi angin segar bagi Anda yang mengidap asma dan ingin memanfaatkan obat-obatan herbal yang lebih aman. Anda mungkin jadi bertanya-tanya, apakah boleh hanya mengandalkan jahe saja tanpa minum obat asma?

Meskipun manfaat jahe sebagai obat asma alami sudah tidak diragukan lagi, ini bukan berarti Anda bisa mengabaikan obat asma medis. Ada baiknya, konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda mencoba obat asma alami yang satu ini.

Selama ini, belum ada penelitian yang berhasil membuktikan bahwa manfaat jahe bisa menggantikan pengobatan asma secara medis. Jahe hanya berfungsi untuk membantu meredakan gejala asma saja, bukan untuk menyembuhkannya.

Sebaiknya hindari juga minum air jahe bersamaan dengan jadwal minum obat asma. Meskipun air jahe aman diminum, ini bertujuan untuk mencegah efek samping atau interaksi tertentu yang mungkin terjadi antara air jahe dengan obat asma.

Terlebih, minum air jahe secara berlebihan dapat memicu efek samping tertentu. Mulai dari perut kembung, asam lambung naik, dan mual. Itulah kenapa, penting bagi Anda untuk konsultasi ke dokter sebelum mencoba obat asma alami yang satu ini.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca