home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Pose Yoga Terbaik untuk Membantu Mengatasi Ejakulasi Dini

4 Pose Yoga Terbaik untuk Membantu Mengatasi Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini adalah masalah seksual yang paling umum dialami oleh hampir sebagian besar pria. Setidaknya 1 dari 3 pria pernah mengalaminya sekali seumur hidup terutama saat sedang stres berat, meski juga bisa menjadi efek samping penyakit tertentu yang mendasarinya — seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung. Ada banyak obat ejakulasi dini yang tersedia di pasaran, namun cara mengatasinya yang paling aman adalah dengan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat. Salah satunya adalah dengan yoga. Ya! Pria pun sah-sah saja untuk beryoga ria.

Kenapa yoga baik untuk mengatasi ejakulasi dini?

Yoga bisa dijadikan obat ejakulasi dini alami karena ampuh untuk membantu Anda mengatasi stress yang biasanya menjadi penyebab utama ejakulasi dini. Yoga membuat Anda untuk bisa lebih tenang secara keseluruhan, dengan melibatkan kombinasi meditasi pikiran, latihan pernapasan, dan teknik relaksasi tubuh.

Dengan melakukan senam yoga, Anda belajar untuk menyelaraskan ritme pernapasan dengan gerakan, serta menyatukan tubuh, jiwa, dan pikiran. Pada akhirnya, semua ini membantu menghindari Anda dari berbagai masalah psikologis lainnya yang juga umum jadi pemicu ejakulasi dini, seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Yoga bahkan juga membantu menguatkan ikatan batin dengan pasangan saat bercinta. Gerakan yoga sedikit banyak turut melatih kekuatan otot dasar panggul yang dapat memberikan Anda performa seks dan sensasi orgasme yang lebih menakjubkan. Terlebih, yoga membuat Anda secara tidak langsung belajar untuk memfokuskan pikiran sembari mengendalikan reaksi diri terhadap lingkungan sekitar. Hal ini membuat Anda lebih mampu untuk menunda orgasme yang terlalu cepat.

Pada akhirnya, yoga merupakan salah satu bentuk kardio yang memacu kekuatan dan kebugaran otot-otot jantung. Semakin kuat otot jantung Anda, semakin lancar jantung mengalirkan darah ke seluruh tubuh, termasuk ke penis untuk menciptakan ereksi saat terangsang.

Macam-macam gerakan yoga untuk obat ejakulasi dini alami

Anda bisa mencoba beberapa pose yoga di bawah ini dengan instruktur yoga yang sudah terlatih. Berikut ini empat gerakan yoga untuk mengatasi ejakulasi dini pada pria, yang juga bisa memanaskan kembali gairah bercinta.

1. Dhanurasana

Dhanurasan atau pose busur mampu merangsang organ reproduksi pria, sehingga dapat mengatasi masalah ejakulasi dini dan menambah intensitas orgasme saat berhubungan seksual.

Posisi busur ini dilakukan dengan berbaring di alas yang datar dan perut menjadi titik tumpunya. Lalu pastikan jika kaki Anda selebar pinggul dan lengan harus berada di sisi tubuh Anda. Setelah itu, secara perlahan angkat kaki dan pegang kaki Anda yang diikuti dengan mengangkat dada saat mengambil napas. Kaki kemudian ikut ditarik ke atas. Tahan posisi ini selama 20 detik.

2. Sarvangasana

Sarvangasana adalah pose yoga yang memengaruhi keseluruhan tubuh. Dengan melakukan gerakan ini dapat menyehatkan sistem reproduksi dan juga meningkatkan potensi air mani (sperma).

Gerakan ini dilakukan dengan berbaring telentang dengan lengan menempel dekat badan dan jari kaki yang bersentuhan. Angkat kaki dengan lutut lurus sambil menghirup napas. Pegang pinggul Anda dengan tangan Anda sambil mengangkat tubuh Anda sebisa mungkin. Ambil beberapa napas pada posisi ini, kemudian perlahan turunkan kaki dan kembali ke posisi awal.

3. Paschimottanasana

Paschimottanasana adalah pose yoga yang dapat membantu relaksasi otot panggul yang tegang dari duduk dalam jangka waktu yang lama dan meningkatkan aliran darah yang lebih baik. Pose ini juga bekerja untuk menenangkan Anda dan meredakan depresi ringan. Gerakan ini juga dapat membuat Anda bertahan lebih lama saat berhubungan seksual.

4. Bhujangasana

Bhujangasan atau disebut juga dengan pose kobra, adalah pose yoga yang mampu mengatasi ejakulasi dini. Gerakan ini akan membantu Anda untuk meregangkan otot di bahu, juga sangat membantu mengurangi kekakuan punggung bagian bawah, serta memberi kekuatan pada lengan dan bahu. Selain itu, gerakan ini juga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Efficacy of certain yogic and naturopathic procedures in premature ejaculation: A pilot study https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3734637/ diakses 22 Februari 2018.

Yoga in premature ejaculation: a comparative trial with fluoxetin https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17888067 diakses 22 Februari 2018.

Yoga to beat premature ejaculation and last longer during sex http://www.thehealthsite.com/fitness/yoga/control-premature-ejaculation-with-yoga-p114/ diakses 22 Februari 2018.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Andisa Shabrina Diperbarui 03/12/2018
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x