4 Pose Yoga Terbaik untuk Membantu Mengatasi Ejakulasi Dini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Desember 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ejakulasi dini adalah masalah seksual yang paling umum dialami oleh hampir sebagian besar pria. Setidaknya 1 dari 3 pria pernah mengalaminya sekali seumur hidup terutama saat sedang stres berat, meski juga bisa menjadi efek samping penyakit tertentu yang mendasarinya — seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung. Ada banyak obat ejakulasi dini yang tersedia di pasaran, namun cara mengatasinya yang paling aman adalah dengan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat. Salah satunya adalah dengan yoga. Ya! Pria pun sah-sah saja untuk beryoga ria.

Kenapa yoga baik untuk mengatasi ejakulasi dini?

Yoga bisa dijadikan obat ejakulasi dini alami karena ampuh untuk membantu Anda mengatasi stress yang biasanya menjadi penyebab utama ejakulasi dini. Yoga membuat Anda untuk bisa lebih tenang secara keseluruhan, dengan melibatkan kombinasi meditasi pikiran, latihan pernapasan, dan teknik relaksasi tubuh.

Dengan melakukan senam yoga, Anda belajar untuk menyelaraskan ritme pernapasan dengan gerakan, serta menyatukan tubuh, jiwa, dan pikiran. Pada akhirnya, semua ini membantu menghindari Anda dari berbagai masalah psikologis lainnya yang juga umum jadi pemicu ejakulasi dini, seperti depresi dan gangguan kecemasan.

Yoga bahkan juga membantu menguatkan ikatan batin dengan pasangan saat bercinta. Gerakan yoga sedikit banyak turut melatih kekuatan otot dasar panggul yang dapat memberikan Anda performa seks dan sensasi orgasme yang lebih menakjubkan. Terlebih, yoga membuat Anda secara tidak langsung belajar untuk memfokuskan pikiran sembari mengendalikan reaksi diri terhadap lingkungan sekitar. Hal ini membuat Anda lebih mampu untuk menunda orgasme yang terlalu cepat.

Pada akhirnya, yoga merupakan salah satu bentuk kardio yang memacu kekuatan dan kebugaran otot-otot jantung. Semakin kuat otot jantung Anda, semakin lancar jantung mengalirkan darah ke seluruh tubuh, termasuk ke penis untuk menciptakan ereksi saat terangsang.

Macam-macam gerakan yoga untuk obat ejakulasi dini alami

Anda bisa mencoba beberapa pose yoga di bawah ini dengan instruktur yoga yang sudah terlatih. Berikut ini empat gerakan yoga untuk mengatasi ejakulasi dini pada pria, yang juga bisa memanaskan kembali gairah bercinta.

1. Dhanurasana

Dhanurasan atau pose busur mampu merangsang organ reproduksi pria, sehingga dapat mengatasi masalah ejakulasi dini dan menambah intensitas orgasme saat berhubungan seksual.

Posisi busur ini dilakukan dengan berbaring di alas yang datar dan perut menjadi titik tumpunya. Lalu pastikan jika kaki Anda selebar pinggul dan lengan harus berada di sisi tubuh Anda. Setelah itu, secara perlahan angkat kaki dan pegang kaki Anda yang diikuti dengan mengangkat dada saat mengambil napas.  Kaki kemudian ikut ditarik ke atas. Tahan posisi ini selama 20 detik.

2. Sarvangasana

Sarvangasana adalah pose yoga yang memengaruhi keseluruhan tubuh. Dengan melakukan gerakan ini dapat menyehatkan sistem reproduksi dan juga meningkatkan potensi air mani (sperma).

Gerakan ini dilakukan dengan berbaring telentang dengan lengan menempel dekat badan dan jari kaki yang bersentuhan. Angkat kaki dengan lutut lurus sambil menghirup napas. Pegang  pinggul Anda dengan tangan Anda sambil mengangkat tubuh Anda sebisa mungkin. Ambil beberapa napas pada posisi ini, kemudian perlahan turunkan kaki dan kembali ke posisi awal.

3. Paschimottanasana

Paschimottanasana adalah pose yoga yang dapat membantu relaksasi otot panggul yang tegang dari duduk dalam jangka waktu yang lama dan meningkatkan aliran darah yang lebih baik. Pose ini juga bekerja untuk menenangkan Anda dan meredakan depresi ringan. Gerakan ini juga dapat membuat Anda bertahan lebih lama saat berhubungan seksual.

4. Bhujangasana

Bhujangasan atau disebut juga dengan pose kobra, adalah pose yoga yang mampu mengatasi ejakulasi dini. Gerakan ini akan membantu Anda untuk meregangkan otot di bahu, juga sangat membantu mengurangi kekakuan punggung bagian bawah, serta memberi kekuatan pada lengan dan bahu. Selain itu, gerakan ini juga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Berapa Pengeluaran Rokok Anda Sehari?

Hitung dan coba alihkan uang itu untuk aktivitas lain yang membantu kesehatan Anda.

Cek Sekarang!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Sedang berada di tempat umum, tiba-tiba keluar air mani? Padahal Anda tidak sedang bergairah atau berpikiran mesum. Nah, ini dia penjelasan dari para ahli.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 17 November 2020 . Waktu baca 4 menit

10 Penurun Gairah Seks yang Perlu Anda Hindari

Saat baru menikah, gairah seks Anda mungkin menggebu-gebu. Tapi kok sekarang seperti kehilangan nafsu, ya? Mungkin ini penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Seksual, Tips Seks 7 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Ginseng Korea diyakini bisa mengatasi masalah pria, dari impotensi hingga ejakulasi dini. Tapi apakah manfaat ginseng ini sudah terbukti dan teruji klinis?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 5 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Cara Mencegah Keluar Air Mani Saat Puasa

Bagi beberapa pria, air mani bisa bocor bahkan saat sedang tidak dirangsang. Ada beberapa cara mudah untuk mencegah air mani keluar saat puasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 17 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

retrograde ejaculation atau ejakulasi retrograde

Ejakulasi Retrogade

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
ejakulasi dini

Ejakulasi Dini

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 2 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
mengatasi ejakulasi dini

Psstt… Curhat ke Psikolog Bisa Membantu Mengatasi Masalah Ejakulasi Dini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
masa hidup sperma setelah ejakulasi

Sengaja Menahan Ejakulasi? Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit