home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Pose Yoga yang Dijamin Bikin Sesi Bercinta Makin Panas

6 Pose Yoga yang Dijamin Bikin Sesi Bercinta Makin Panas

Tak diragukan lagi, yoga memang memiliki banyak manfaat. Tidak hanya sebagai penghilang stres, manfaat yoga lainnya antara lain menurunkan berat badan dan memperbaiki pencernaan. Namun, mungkin Anda tidak pernah sangka, ternyata yoga juga dapat baik bagi kehidupan seks Anda. Bagaimana bisa? Gerakan yoga seperti apa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat yoga tersebut?

Manfaat yoga untuk meningkatkan kualitas seks

Manfaat utama yoga yang sudah dikenal banyak orang adalah mengurangi stres. Penelitian menunjukkan bahwa latihan yoga teratur dapat membantu mengurangi tingkat stres dalam tubuh dengan menurunkan tingkat kortisol.

Stres yang meningkat dapat memiliki banyak efek negatif pada tubuh, salah satunya adalah menurunnya hasrat seksual.

Selain itu, manfaat yoga dalam kehidupan seks juga dapat meningkatkan fungsi seksual secara keseluruhan. Sebuah penelitian mengamati 40 wanita saat sedang berlatih yoga selama 12 minggu. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita tersebut memiliki kehidupan seks yang lebih baik.

Manfaat yoga lainnya juga dapat membantu Anda mendengarkan tubuh Anda dan bagaimana mengendalikan pikiran Anda. keduanya dapat memberi Anda wawasan tentang apa yang Anda sukai dan tidak suka, yang mengarahkan Anda untuk lebih baik mengkomunikasikan apa yang terbaik bagi pasangan Anda.

Gerakan yoga untuk meningkatkan kehidupan seks Anda

Jika Anda ingin meningkatkan kehidupan seks Anda, cobalah menggunakan beberapa pose ini dalam latihan yoga Anda.

1. Cat pose (Marjaryasana) dan cow pose (Bitilasana)

sumber: Healthline

Gerakan ini sering dilakukan secara bersamaan yang dapat membantu Anda menenangkan dan melonggarkan tulang belakang. Gerakan ini membantu menurunkan tingkat stres Anda secara keseluruhan dan membuat suasana hati lebih tenang.

Cara melakukan gerakan ini yaitu:

  • Pose ini dimulai dengan posisi merangkak. Pastikan pergelangan tangan Anda di bawah bahu dan lutut Anda sejajar dengan pinggul Anda. Jagalah agar tulang punggung Anda stabil dan berat badan Anda seimbang secara merata di seluruh tubuh Anda.
  • Tarik nafas saat Anda melihat ke atas dan biarkan perut Anda melengkung ke lantai. Angkat mata, dagu, dan dada saat Anda meregang.
  • Buang napas, masukkan dagu ke dada Anda, dan tarik pusar ke arah tulang belakang Anda. Bulatkan tulang belakang Anda ke arah langit-langit.
  • Bergerak perlahan antara keduanya selama 1 menit

2. Bridge Pose (Setu Bandha Sarvangasana)

sumber: Healthline

Pose ini membantu memperkuat dasar panggul Anda. Memperkuat otot-otot ini membantu mengurangi rasa sakit saat berhubungan seks dan bahkan dapat membuat seks terasa lebih baik.

Cara melakukan pose ini yaitu:

  • Berbaring telentang, tekuk kedua lutut dan posisikan kaki Anda selebar pinggul dengan lutut sejajar dengan pergelangan kaki Anda.
  • Letakkan tangan Anda di lantai dengan telapak tangan menempel di lantai dan renggangkan jari-jari Anda.
  • Angkat daerah panggul Anda dari lantai, biarkan tubuh Anda mengikuti, tetapi bahu dan kepala Anda tetap di lantai.
  • Tahan pose ini selama 5 detik, lalu lepaskan.

3. Happy Baby (Ananda Balasana)

sumber: Healthline

Pose ini merupakan pose rileks untuk otot bokong (gluteus) dan punggung bawah. Selain itu, pose ini dapat berfungsi sebagai variasi posisi misionaris. Untuk mencobanya di tempat tidur, mulailah dengan posisi misionaris dengan pasangan Anda di atas, dan kemudian rentangkan kaki Anda dan lilitkan di sekitar tubuh pasangan Anda.

Cara melakukan pose ini untuk latihan yoga yaitu:

  • Berbaring terlentang
  • Tekuk lutut Anda ke arah perut dengan mengeluarkan napas
  • Tarik napas dan ambil untuk meraih bagian luar kaki Anda, lalu lebarkan lutut Anda. Anda juga dapat menggunakan ikan pinggang atau handuk di atas kaki Anda untuk membuatnya lebih mudah.
  • Lenturkan kaki Anda, dorong tumit ke atas saat Anda menarik ke bawah dengan tangan Anda untuk meregangkan badan.

4. One-Legged Pigeon (Eka Pada Rajakapotasana)

suber: Healthline

Pose ini memiliki banyak variasi dan semuanya sangat baik untuk peregangan dan membuka pinggul Anda. Pinggul yang kencang dapat membuat seks tidak nyaman. Selain itu, juga membuat Anda sulit untuk mencoba posisi seks yang berbeda-beda.

Cara melakukan pose ini yaitu:

  • Mulai dengan posisi pushup
  • Angkat kaki kanan Anda dan gerakkan di depan tubuh Anda sehingga kaki bawah Anda berada pada sudut 90 derajat dari tubuh Anda.
  • Regangkan kaki kiri Anda di belakang Anda di lantai dengan bagian atas kaki Anda menghadap ke bawah dan jari-jari kaki Anda menunjuk ke belakang.
  • Buang napas saat Anda membungkuk ke depan, menggeser berat badan Anda. Gunakan lengan Anda untuk mendukung berat badan Anda. Jika ini tidak nyaman, cobalah melipat selimut atau bantal dan meletakkannya di bawah pinggul kanan Anda.
  • Lepaskan dan ulangi di sisi lain.

5. Child’s pose (Balasana)

sumber: Healthline

Pose ini adalah cara terbaik untuk membuka pinggul Anda dan dapat relaksasi yang mendalam. Ini juga merupakan pose grounding, yang berarti fokus Anda harus beristirahat dan bernapas sepanjang pose, yang dapat mencairkan kecemasan dan stres.

Cara melakukan pose ini yaitu:

  • Mulailah dengan berlutut di lantai, dengan jari-jari kaki Anda saling menyentuh, lebarkan lutut selebar pinggul Anda.
  • Buang napas dan condong ke depan. Letakkan tangan Anda di depan Anda dan berbaring, memungkinkan tubuh bagian atas untuk bersantai di antara kaki Anda. Cobalah untuk menyentuh dahi Anda ke matras, tetapi Anda juga bisa meletakkan kepala Anda di atas balok atau bantal.
  • Bersantai dalam posisi ini selama 30 detik hingga beberapa menit.

6. Corpse Pose (Savasana)

sumber: Healthline

Kelas yoga biasanya berakhir dengan Corpse Pose, atau Savasana. Pose ini membantu Anda rileks dan belajar melepaskan stres. Anggap saja sebagai sesi meditasi mini di akhir latihan yoga Anda yang memberi relaksasi dan upaya untuk merasa lebih baik.

Cara melakukan pose ini yaitu:

  • Berbaring telentang dengan telapak kaki terbuka dan telapak tangan menghadap ke atas. Bersantai setiap bagian tubuh Anda dari wajah Anda ke jari-jari tangan dan kaki Anda.
  • Tetap di pose ini sesuai keinginan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

6 Yoga Poses That Will Make You Better at Sex https://www.healthline.com/health/sex-yoga#yoga-benefits diakses 24 September 2018.

Dhikav V, et al. 2010. Yoga in female sexual functions. J Sex Med 7: 964-970. DOI: 10.1111/j.1743-6109.2009.01580.x

Katuri K, et al. 2016. Association of yoga practice and serum cortisol levels in chronic periodontitis patients with stress-related anxiety and depression. J Int Soc Prevent Communit Dent 6: 7-14. DOI: 10.4103/2231-0762.175404

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 04/10/2018
x