Definisi

Apa itu tahi lalat?

Tahi lalat adalah bintik coklat atau hitam pada kulit. Mereka sering muncul pada awal masa kanak-kanak, walaupun beberapa tahi lalat dapat muncul pada usia 30-an. Tahi lalat dapat muncul di manapun pada tubuh dan bentuknya bisa perlahan berubah. Tahi lalat mungkin berubah warna dan ukuran, atau mungkin hilang seiring waktu, atau beberapa sama sekali tidak berubah.

Seberapa umumkah tahi lalat?

Tahi lalat sangat umum, yang mampu mempengaruhi pasien dalam segala golongan usia. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala tahi lalat?

Tahi lalat adalah bintik-bintik umum yang muncul di kulit. Tahi lalat sering berwarna coklat, meskipun beberapa mungkin berwarna lebih gelap atau kulit. Mengenai penampilan, sejumlah tahi lalat bisa saja rata atau menonjol, halus atau kasar, dan bahkan tumbuh rambut. Tahi lalat biasanya berbentuk lingkaran atau lonjong dengan pinggir yang halus.

Beberapa gejala atau tanda lainnya mungkin tidak tercantum di atas. Jika Anda merasa cemas tentang gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Walaupun sebagian besar tahi lalat adalah jinak (non-kanker), dalam kasus langka mereka dapat berkembang menjadi melanoma. Melanoma adalah sejenis kanker kulit yang muncul di kulit, menyebabkan perdarahan, gatal-gatal, atau kulit memerah. Melanoma mungkin berkembang dari tahi lalat yang sebelumnya ada, atau di mana sama sekali tidak ada tahi lalat. Anda juga harus memeriksakan tahi lalat jika tiba-tiba berdarah, mengeluarkan cairan, gatal, atau menjadi lunak atau menyakitkan.

Penyebab

Apa penyebab tahi lalat?

Beberapa tahi lalat muncul sejak lahir, meskipun kebanyakan berkembang selama 30 tahun pertama hidup Anda. Tahi lalat adalah sel kulit bernama melanosit yang muncul secara berkelompok. Sel-sel ini membuat pigmen yang memberikan warna kulit. Mereka cenderung menggelap jika terpapar sinar matahari, selama masa remaja atau selama hamil.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk tahi lalat?

Ada banyak faktor risiko tahi lalat, yaitu:

  • Paparan sinar matahari
  • Beberapa ras lebih rentan terhadap tahi lalat

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk tahi lalat?

Tahi lalat normal tidak memerlukan pengobatan bila Anda tidak merasa terganggu oleh kehadiran mereka. Dalam kasus tersebut, Anda boleh menghilangkan tahi lalat sesuai dengan saran dokter kulit. Seandainya Anda terdiagnosis memiliki tahi lalat yang bersifat kanker, operasi untuk melanoma pada stadium awal sering kali berjalan sukses. Operasi sering kali merupakan pengobatan utama untuk melanoma. Setelah operasi, Anda tentu saja akan membutuhkan rehabilitasi untuk mencegah kemunculan tahi lalat kembali.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk tahi lalat?

Untuk memeriksa tahi lalat kanker, dokter akan bertanya tentang tahi lalat dan memeriksa ABCDE:

  • Asimetri: salah satu sisi tahi lalat tidak simetris dengan sisi lainnya
  • Border (batasan): batasan atau pinggir tahi lalat kasar, buram, atau tidak teratur
  • Color (warna): warna tahi lalat tidak sama seluruhnya atau agak berwarna sawo matang, coklat, hitam, biru, putih, atau merah
  • Diameter: diameter tahi lalat lebih besar daripada penghapus pensil
  • Evolusi: ukuran, bentuk, atau warna tahi lalat berubah

Jika tahi lalat tidak berubah sepanjang waktu, tidak perlu cemas. Bila Anda melihat tanda perubahan pada tahi lalat, atau memiliki tahi lalat baru, atau ingin menghilangkan tahi lalat untuk alasan penampilan, bicarakan dengan dokter kulit. Jika dicurigai adanya tahi lalat yang bersifat kanker, dokter mungkin meminta Anda untuk menjalani biopsi kulit. Biopsi kulit adalah pengambilan sampel kecil dari tahi lalat untuk diperiksa di laboratorium.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi tahi lalat?

Anda disarankan terus mengawasi tahi lalat agar mencegah tahi lalat kanker. Tahi lalat kanker ini dapat muncul di manapun pada tubuh, tapi kebanyakan muncul di punggung, kaki, lengan, dan wajah. Anda harus waspada terhadap:

  • Tahi lalat dengan dua atau lebih warna yang berbeda
  • Tahi lalat dengan pinggiran yang tidak teratur atau kasar
  • Tahi lalat berdarah, gatal, merah, bengkak, atau berkerak
  • Tahi lalat menjadi jauh lebih besar

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan