Definisi

Apa itu kembar siam?

Kembar siam adalah istilah untuk menggambarkan sepasang kembar yang kulit dan organ dalamnya tergabung. Sekitar 40-60 persen kembar siam mati saat lahir dan sekitar 35 persen bertahan hidup hanya selama 1 hari. Hanya 5-25% kembar siam bertahan hidup sampai mereka tumbuh besar.

Ada beragam jenis kembar siam. Jenis paling umum adalah kembar thoracopagus, alias kembar siam yang terhubung pada bagian atas badan. Terkadang, mereka berbagi jantung jika mereka terhubung sangat dekat.

Jenis umum kembar siam lainnya adalah kembar omphalopagus. Kembar ini terhubung dari tulang dada sampai pinggang. Mereka mungkin berbagi hati, fungsi pencernaan atau kemih/alat kelamin, tapi jarang berbagi jantung.

Jenis kembar siam yang langka adalah kembar craniopagus, di mana kembar terhubung pada tengkorak atau kepala.

Seberapa umumkah kembar siam?

Kondisi kesehatan ini sangatlah langka. Kembar siam terjadi sekali pada setiap 200.000 kelahiran langsung. Sekitar 70 persen kembar siam adalah perempuan.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala kembar siam?

Kembar siam terlahir dengan bagian tubuh tertentu yang terhubung. Tergantung jenis kembar siam, bagian yang terhubung berbeda:

  • Kembar thoracopagus: bagian atas badan terhubung.
  • Kembar omphalopagus: kulit dari tulang dada sampai pinggang terhubung.
  • Kembar craniopagus: tempurung kepala terhubung.
  • Kembar pygopagus: punggung bawah dan area pantat terhubung.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Kebanyakan kembar siam sangat lemah saat lahir, yang menjelaskan mengapa dokter harus mengamati kondisi mereka dengan hati-hati dan terus-menerus.

Penyebab

Apa penyebab kembar siam?

Kembar siam disebabkan oleh genetik. Kondisi ini terjadi ketika wanita melepaskan sel telur yang unik, yang tidak sepenuhnya terbelah setelah pembuahan. Embrio mulai membelah menjadi kembar identik selama 2 minggu pertama setelah kehamilan, tapi berhenti sebelum proses ini lengkap. Sel telur yang hanya sebagian terbelah berkembang menjadi kembar siam. Ada teori lain mengenai kembar siam: sel telur sepenuhnya membelah tapi kemudian kembali bergabung.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk kembar siam?

Kembar siam memiliki kecenderungan genetik. Ini berarti jika Anda memiliki riwayat kembar siam dalam keluarga (kerabat memiliki kembar siam), Anda mungkin juga memiliki keturunan kembar siam.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk kembar siam?

Bagaimana bayi terhubung menentukan pengobatan mereka. Bila organ tubuh dalam terhubung, sangat sulit bagi dokter untuk memisahkan mereka karena risiko tinggi. Jika diagnosis menunjukkan bahwa kembar siam dapat dipisahkan, dan keluarga mereka setuju untuk memisahkan mereka, dokter akan melakukan operasi pemisahan. Bayi yang terpisah akan tumbuh secara normal seperti bayi lainnya.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk kembar siam?

Ibu hamil dapat menemukan bahwa dirinya hamil kembar siam dengan tes pencitraan. Tes kembar siam yang umum adalah tes ultrasound (USG) dan magnetic resonance imaging (MRI). Gambar yang diambil dengan tes ini menunjukkan hubungan kembar. Bila orangtua memutuskan untuk melanjutkan kehamilan mereka, bayi akan memerlukan operasi Caesar untuk dilahirkan. Setelah persalinan, banyak jenis tes gambaran akan dilakukan untuk mengetahui bagaimana bayi terhubung, yang memutuskan cara merawat kembar siam.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kembar siam?

Tidak semua kasus kembar siam mampu diselesaikan dengan operasi pemisahan. Bayi kembar siam sangat membutuhkan perawatan dari keluarga dan penyedia layanan kesehatan. Jika Anda atau kerabat Anda memiliki kembar siam, Anda harus dilatih oleh perawat, ahli gizi, spesialis hidup anak, pekerja sosial, dan sebagainya. Hal ini membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk merawat kembar siam.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan