Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

8 Jenis Bayi Kembar yang Perlu Calon Orangtua Ketahui

8 Jenis Bayi Kembar yang Perlu Calon Orangtua Ketahui

Mungkin ibu dan ayah hanya mengenal dua tipe bayi kembar, yakni identik dan berbeda jenis kelamin. Namun sebenarnya, ada beragam jenis anak kembar yang ada tersebar di semua negara, lho! Berikut penjelasan selengkapnya seputar macam-macam bayi kembar. Yuk, kenali lebih lanjut!

Mengenal macam-macam bayi kembar

Saat ibu hamil bayi kembar, mungkin yang terbayang adalah wajahnya yang mirip satu sama lain. Bila ternyata ada perbedaan, paling hanya sedikit.

Padahal, kembar itu tidak selalu sama. Ada berbagai macam jenis bayi kembar di dunia.

Untuk memudahkan, berikut daftar macam-macam bayi kembar yang perlu calon orangtua ketahui.

1.Kembar identik

bagaimana cara mengetahui jika bayi kembar anda identik

Mengutip dari Pregnancy, Birth, & Baby, kembar identik terbentuk dari pemecahan satu embrio atau dikenal dengan kembar monozigot.

Sepertiga dari kembar identik memiliki plasenta, membran luar, dan membran dalam sendiri-sendiri.

Selanjutnya, hampir dua pertiga kembar identik berbagi plasenta dan korion (selaput terluar pembungkus janin) yang sama, tetapi punya amnion (ketuban) sendiri-sendiri.

Sementara itu, 4% dari kembang identik berbagi seluruh bagian bersama-sama, mulai dari plasenta, korion, sampai ketuban.

2.Kembar fraternal (tidak identik)

Selain kembar identik, seorang ibu juga bisa mengandung bayi kembar fraternal atau tidak identik. Ini termasuk salah satu jenis atau macam-macam bayi kembar yang umum terjadi.

Kembar fraternal terbentuk dari pembuahan dua sel telur oleh dua sperma berbeda.

Selama ada di dalam kandungan, janin kembar fraternal memiliki plasenta, korion, dan amnion yang berbeda.

Ibu yang mengalami kehamilan kembar tidak identik bisa memiliki bayi dengan jenis kelamin berbeda.

Kembar beda jenis kelamin paling sering terjadi pada bayi kembar tidak identik karena pembuahannya berasal dari sel telur dan sperma berbeda.

3. Kembar identik beda jenis kelamin

cara mendapatkan anak kembar

Ada berbagai macam bayi kembar, salah satu yang unik adalah kembar identik tetapi beda jenis kelamin.

Umumnya, bayi kembar identik terjadi dari hasil pembuahan satu sperma dan satu sel telur, kemudian menghasilkan jenis kelamin yang sama.

Hal tersebut karena mereka terbentuk dari bakal janin yang sama dan mengandung kromosom seks laki-laki (XY) atau wanita (XX).

Namun, pada kasus kembar identik tetapi beda jenis kelamin, ada beberapa kasus mutasi (perubahan) genetik yang seharusnya membuat bakal janin kembar laki-laki atau perempuan.

Ya, salah satu bakal janin kehilangan kromosom Y atau X yang sedang berkembang. Nantinya, bakal janin yang kehilangan kromosom Y akan berkembang menjadi janin perempuan.

Begitu pula bakal janin yang kehilangan kromosom X akan berkembang menjadi janin laki-laki.

Alhasil, bayi yang seharusnya kembar identik dengan jenis kelamin sama ini, kemudian memiliki kromosom berbeda sehingga jenis kelaminnya pun berbeda.

Meski begitu, menurut penelitian terbitan American Journal Of Medical Genetics Part C: Seminars In Medical Genetics ada risiko kesehatan yang akan anak alami.

Pada anak perempuan kembar identik bisa memiliki sindrom Turner dengan ciri perawakan pendek dan kurangnya perkembangan ovarium.

4. Kembar cermin

Jenis atau macam-macam bayi kembar lainnya adalah kembar cermin. Ini terjadi ketika satu sel sperma dan sel telur yang berhasil melakukan pembuahan dan membelah jadi dua.

Pada kasus macam jenis kembar cermin, proses pembelahan bisa terjadi sangat lambat (bisa lebih dari 1 minggu).

Selama proses pembelahan yang lambat, bakal janin kembar bisa berkembang dan tumbuh dengan asimetris terbalik, layaknya sedang bercermin.

Nantinya, setelah lahir, mungkin satu anak ada yang kidal dan satu ada yang menggunakan tangan kanan biasa.

Ada juga anak yang mungkin punya tanda lahir di sisi berlawanan tubuh. Jadi, kalau si kembar saling berhadapan, mereka akan tampak sebagai pantulan cermin.

Penelitian dari American Journal of Obstetrics & Gynecology (AJOG) menemukan bahwa 25% kembar identik adalah kembar cermin.

5. Kembar superfetasi

merawat bayi kembar

Berdasarkan macam-macam bayi kembar, jenis anak kembar yang satu ini terbilang cukup langka bahkan kerap dinilai tidak kembar. Bagaimana bisa?

Kembar superfetasi terjadi ketika ibu yang sedang hamil mengalami ovulasi atau pelepasan sel telur.

Bila saat ovulasi ibu dan pasangan melakukan hubungan intim kemudian sel sperma lepas di dalam rahim, pembuahan bisa terjadi lebih dari satu kali.

Oleh karena itu, nantinya ibu akan memiliki lebih dari satu janin hasil dari sperma serta sel telur yang berbeda.

Mengingat janin terbentuk dari proses pembuahan yang berbeda, terdapat rentang usia antara janin satu dan dua.

Usia janin mungkin beda hitungan hari atau minggu sesuai waktu pembuahan terjadi. Namun, bayi kembar superfetasi bisa lahir pada waktu yang bersamaan.

6. Kembar heteropaternal superfekundasi

Kembar heteropaternal superfekundasi adalah satu dari macam-macam bayi kembar ketika ibu mengandung janin kembar beda ayah.

Kembar beda ayah adalah kondisi kembar dizigotik (dua sel sperma dan dua sel telur yang berbeda) dari hasil hiperovulasi.

Kondisi ini terjadi ketika ada lebih dari satu sel telur yang dilepaskan oleh tubuh wanita.

Polanya, pria pertama melepaskan sperma dan menempel pada sel. Selang beberapa hari atau waktu kemudian, pria kedua membuahi sel telur berikutnya.

Kembar ini juga biasa disebut sebagai kembar superfekundasi.

Nantinya, kondisi fisik (rambut, kulit, warna mata) pada kedua bayi kembar yang lahir bisa berbeda karena berasal dari sperma yang berbeda pula.

7. Kembar siam

bagaimana cara mengetahui jika bayi kembar anda identik

Kembar siam adalah salah satu dari macam-macam bayi kembar dengan kondisi monozigotik (hasil pembuahan sperma dan sel telur) yang tidak sepenuhnya terpisah.

Memisahnya sel yang terbagi dua ini terjadi karena sel ovum tidak tuntas membelah dirinya sendiri.

Nantinya, anak kembar siam memiliki salah satu bagian tubuh yang terhubung satu sama lain, entah itu jaringan, organ, atau bahkan anggota tubuh lainnya.

8. Kembar parasit

Kembar parasit adalah jenis kembar jenis kembar siam yang salah satu kembarannya tidak berkembang secara normal.

Selanjutnya, kembaran yang tidak berkembang secara normal tersebut berhenti tumbuh dan dalam masih menempel pada kembarannya.

Berdasarkan penelitian terbitan Fetal Diagnosis and Therapy, istilah kembar parasit karena kembaran yang tidak berkembang mengambil asupan darah dari kembarannya yang sempurna.

Setelah membaca ulasan di atas, ibu dan ayah mungkin sudah lebih memahami bahwa ada berbagai macam atau jenis bayi kembar di dunia ini.

Kesemua macam-macam bayi kembar tersebut memiliki keunikannya masing-masing dan tentunya ibu dan ayah perlu merawat bayi kembar dengan cara yang berbeda-beda pula.

Bila bayi kembar ibu dan ayah memiliki masalah kesehatan tertentu, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Durasi siklus haid

28 days
Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Twins – identical and fraternal – Better Health Channel. (2021). Retrieved 19 August 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/twins-identical-and-fraternal

Types of twins. (2021). Retrieved 19 August 2021, from https://www.pregnancybirthbaby.org.au/types-of-twins

Fraternal twins, identical twins and other types of twins. (2021). Retrieved 19 August 2021, from https://raisingchildren.net.au/pregnancy/health-wellbeing/twin-pregnancy/twins

Multiple Pregnancy. (2021). Retrieved 19 August 2021, from https://www.acog.org/womens-health/faqs/multiple-pregnancy

McNamara, H., Kane, S., Craig, J., Short, R., & Umstad, M. (2016). A review of the mechanisms and evidence for typical and atypical twinning. American Journal Of Obstetrics And Gynecology, 214(2), 172-191. doi: 10.1016/j.ajog.2015.10.930

Mutchinick, O., Luna-Muñoz, L., Amar, E., Bakker, M., Clementi, M., & Cocchi, G. et al. (2011). Conjoined twins: A worldwide collaborative epidemiological study of the International Clearinghouse for Birth Defects Surveillance and Research. American Journal Of Medical Genetics Part C: Seminars In Medical Genetics, 157(4), 274-287. doi: 10.1002/ajmg.c.30321

Gou, C., Gao, Y., Chen, B., & Fang, Q. (2013). Prenatal Diagnosis and Management of Monozygotic Twins Discordant for Turner Syndrome. Fetal Diagnosis And Therapy, 36(3), 255-258. doi: 10.1159/000355603

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Riska Herliafifah Diperbarui 26/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita