home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tato Baru Terasa Gatal, Wajar atau Berbahaya?

Tato Baru Terasa Gatal, Wajar atau Berbahaya?

Anda mungkin sudah lama ingin memiliki tato di tubuh, namun begitu akhirnya memberanikan diri ditato, beberapa hari kemudian tato baru Anda terasa gatal. Anda pun khawatir, jangan-jangan ini artinya Anda terinfeksi, atau peralatan tato tidak steril? Jangan khawatir, tato baru terasa gatal adalah hal yang normal dan bahkan sering diabaikan oleh orang-orang yang sudah berkali-kali ditato. Tapi, apa penyebabnya? Dan bagaimana cara membedakannya dengan gatal yang perlu diwaspadai?

Kenapa tato baru terasa gatal?

Tato dibuat pada kulit dengan cara menusukkan tinta ke bawah lapisan atas kulit Anda. Biasanya proses ini dilakukan dengan jarum berisi tinta yang ditusuk sesuai pola yang diinginkan untuk membuat tato. Proses pembuatan tato bisa berlangsung selama berjam-jam, tergantung pada besar dan tingkat kesulitan tato yang Anda inginkan. Tato pasti menimbulkan luka tusukan jarum yang perlu disembuhkan dengan segera dan tepat.

Peradangan

Untuk menyembuhkan luka tusukan karena proses pembuatan tato, Anda membutuhkan waktu beberapa hari. Pada fase awal penyembuhan, bekas luka Anda akan mengalami peradangan. Kulit yang terluka akan sedikit membengkak dan warnanya memerah. Anda mungkin merasakan sakit atau pedih yang akan bertahan selama beberapa hari awal. Semakin lama proses pembuatan tato Anda pada waktu itu, semakin lama pula proses penyembuhan yang Anda butuhkan karena luka pada kulit yang lebih serius.

Regenerasi kulit

Setelah peradangan mulai mereda, kulit Anda akan mulai menyembuhkan diri secara alami lewat proses regenerasi. Kulit baru akan terbentuk dan menggantikan lapisan kulit atas yang mulai mengering dan terasa kencang. Inilah mengapa bekas luka tato baru terasa gatal. Ketika lapisan kulit atas mengelupas, rasa gatal pada tato jadi semakin parah dan bisa berlangsung selama satu hingga empat hari.

Penyembuhan

Ketika lapisan kulit atas yang lama telah sepenuhnya terkelupas dan digantikan dengan lapisan kulit baru, rasa gatal belum benar-benar hilang. Tato baru terasa gatal karena lapisan kulit baru Anda yang masih sensitif dan tipis akan menyesuaikan diri dengan kulit lama di sekitarnya. Bagi beberapa orang, proses penyembuhan kulit karena bekas luka tato ini bisa memakan waktu beberapa minggu.

Gatal pada tato yang perlu Anda waspadai

Perhatikan jika pada bekas luka tato Anda muncul iritasi dan ruam-ruam atau benjolan-benjolan kecil yang disertai rasa gatal yang hebat. Reaksi alergi ini bisa muncul pada saat yang berbeda-beda bagi setiap orang, mulai dari beberapa bulan hingga bertahun-tahun setelah membuat tato. Biasanya yang menyebabkan alergi ini adalah tinta merah atau bahan-bahan kimia yang disuntikkan pada kulit saat membuat tato.

Mengatasi gatal karena tato baru

Untuk meredakan dan mengurangi rasa gatal, Anda perlu menjaga kelembapan kulit Anda yang bertato. Oleskan salep atau losion pelembap jika bekas luka tato mulai terasa kering atau gatal. Anda bisa mengompres tato yang terasa sangat gatal dengan es, tapi jangan langsung menempelkan es atau air dingin pada kulit. Bungkus es batu dengan kain yang lembut dan cukup tebal atau tahan air sebelum Anda tempelkan pada kulit bertato. Selama kulit dengan tato baru masih menjalani proses penyembuhan, hindari menggunakan produk-produk kesehatan atau kecantikan kulit seperti sabun dan losion yang mengandung terlalu banyak bahan kimia atau yang bisa menyebabkan kulit kering. Produk yang keras bagi kulit bisa memperparah rasa gatal.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk tidak memaparkan tato baru Anda di bawah sinar matahari langsung karena ada jenis-jenis pigmen yang terkandung dalam tinta tato yang bisa menyebabkan alergi pada kulit.

Bila Anda mengalami alergi, jangan didiamkan saja dengan harapan akan sembuh sendiri. Jika tidak ditangani dengan baik, pada sebagian orang alergi bisa menyebabkan kesulitan bernapas atau pembengkakan pada bagian-bagian tubuh tertentu. Segera konsultasikan dengan dokter kulit. Anda mungkin diresepkan antibiotik dan salep untuk mengendalikan reaksi alergi pada tato baru Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Allergic Reaction to Tattoo Dye. http://www.webmd.com/allergies/tc/allergic-reaction-to-tattoo-dye-topic-overview Diakses pada 26 September 2016.

Tattoo Problems – Home Treatment http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/tc/tattoo-problems-home-treatment#1 Diakses pada 26 September 2016.

Tattoo Allergy. Cook M.D., John and Metcalf M.D., John. http://www.nejm.org/doi/full/10.1056/NEJMicm0706441#t=article Diakses pada 26 September 2016.

Health Standards and Recommendations for Tattooing. New York City Department of Health and Mental Hygiene. https://www1.nyc.gov/assets/doh/downloads/pdf/hany/tattoo-manual.pdf Diakses pada 26 September 2016.

Tattoo Ink: Allergic Reaction Warnings. http://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/tattoo-ink-allergies.aspx Diakses pada 26 September 2016.

Why Do Tattoos Itch? http://www.livestrong.com/article/160455-why-do-tattoos-itch/ Diakses pada 26 September 2016.

Foto Penulis
Ditulis oleh Irene Anindyaputri
Tanggal diperbarui 07/02/2017
x