Rambut Anda Berminyak? Ini 3 Hal yang Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Rambut seperti apa yang Anda lebih sukai, rambut yang berminyak atau rambut yang kering? Rambut yang kering dikenal dapat menurunkan nilai penampilan seseorang, namun bukan berarti memiliki rambut berminyak takkan menimbulkan masalah. Kehadiran minyak pada kulit kepala sebenarnya dapat memberikan kesan berkilau pada rambut Anda, namun tidak saat produksi minyak yang dihasilkan justru berlebihan. Apa yang menjadi penyebab rambut berminyak?

Penyebab rambut berminyak

Rambut berminyak yang kronis bahkan dapat membuat rambut terlihat kusam dan rentan mengalami kerontokan. Rambut berminyak dapat terjadi karena beberapa hal, di antaranya:

1. Kelenjar keringat yang bertugas dalam memproduksi minyak

Setiap pori-pori pada tubuh Anda memiliki kelenjar keringat yang berperan memproduksi keringat yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit, termasuk pori-pori kulit kepala. Hadirnya keringat pada kulit juga berguna untuk melindungi kulit dari masuknya bakteri. Rambut yang berminyak terjadi karena adanya proses produksi keringat pada kulit kepala. Produksi minyak ini dilakukan agar rambut lebih lembut dan mudah dibentuk.

Namun beberapa orang memproduksi keringat pada kulit kepala lebih banyak daripada yang lain, bahkan meskipun orang tersebut telah membersihkan rambutnya nyaris setiap hari. Bila Anda memiliki jenis kulit yang berminyak, maka kulit kepala Anda pun cenderung akan berminyak.

2. Hormon dalam tubuh

Hormon merupakan salah satu penyebab rambut berminyak. Hal ini didukung oleh seorang konsultan dermatologi, Dokter Gervaise Gerstner, yang mengatakan bahwa kulit Anda, termasuk kulit kepala Anda menjadi semakin mudah berminyak dikarenakan terjadinya fluktuasi hormon dalam tubuh Anda, terutama dalam tubuh perempuan. Peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh diyakini berdampak terhadap kadar minyak pada kulit Anda.

3. Rutinitas perawatan rambut yang salah

Bagaimana Anda merawat rambut Anda bisa jadi salah satu penyebab rambut berminyak, karena rutinitas yang salah dapat meningkatkan produksi keringat pada kulit kepala Anda. Menggaruk kulit kepala saat membersihkan rambut dengan berlebihan, justru dapat menyebabkan kulit kepala iritasi sehingga memproduksi minyak yang lebih banyak. Begitu pula bila Anda membersihkan rambut terlalu sering, hingga lebih dari satu kali dalam satu hari. Hal ini justru akan memperparah kondisi kulit kepala Anda yang berminyak.

Bagaimana cara mengatasi rambut berminyak?

  • Sebelum menggunakan suatu shampoo, sebaiknya Anda pelajari lebih dulu kandungan yang dimiliki shampoo tersebut. Penggunaan shampoo dengan kandungan tertentu justru dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala Anda. Sehingga penggunaan shampoo dengan kandungan yang lembut dan didesain untuk mengendalikan minyak pada rambut dapat mengatasi rambut yang berminyak ini.
  • Bila ternyata rambut Anda justru terlihat semakin kusam bahkan setelah dibersihkan, bisa jadi frekuensi Anda membersihkan rambut yang terlalu sering, yang menyebabkan tingginya produksi minyak pada kulit rambut Anda.
  • Penggunaan terlalu banyak produk pada rambut dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala.
  • Mengurangi makanan yang mengandung minyak dipercaya dapat mengurangi produksi minyak pada kulit, termasuk kulit kepala.
  • Penggunaan beberapa bahan alami juga diyakini dapat mengatasi rambut berminyak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar dan tidak rata bisa mengganggu penampilan. Masker alami bisa mengecilkan pori-pori, Anda bisa memilih sesuai dengan tipe kulit.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Penuaan

Setiap orang akan mengalami penuaan. Gaya hidup dan riwayat kesehatan membuat orang bisa mengalami penuaan lebih dini. Apa saja tandanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Lansia 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Pilihan Cara Menghilangkan Selulit yang Mengganggu

Banyak yang menyangka penyebab selulit adalah tumpukan lemak di tubuh, namun ini ternyata kurang tepat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan selulit?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 5 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Apa Saja Efek Samping Suntik Filler di Wajah?

Tertarik melakukan filler wajah? Ketahui terlebih dulu efek samping dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perawatan wajah satu ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan, Operasi A-Z 31 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
cara menghilangkan hitam di leher

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
penyebab bulu mata rontok

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit