home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sering Menyisir Ternyata Malah Bikin Rambut Rusak

Sering Menyisir Ternyata Malah Bikin Rambut Rusak

Rambut merupakan ‘aset’ berharga bagi setiap perempuan. Tidak mengherankan jika banyak perempuan yang sengaja menghabiskan waktu berjam-jam di salon kecantikan hanya untuk merawat rambut mereka. Banyaknya informasi soal perawatan rambut yang salah, terkadang membuat Anda melakukan hal yang seharusnya tidak dilakukan, salah satunya menyisir rambut terlalu sering.

Apa akibatnya jika rambut terlalu sering disisir?

Jika Anda termasuk orang yang percaya bahwa menyisir rambut sesering mungkin bisa membuat rambut Anda panjang, ada baiknya Anda hentikan segera kebiasaan ini. Hal ini bukan berarti menyisir tidak baik untuk rambut Anda. Banyak sekali manfaat menyisir yang bisa Anda dapatkan, namun, tidak dengan menyisir terlalu sering.

Menyisir terlalu sering justru dapat membuat rambut Anda cepat rusak. Menurut penata rambut Mika Fowler, menyisir rambut secara normal dapat membuat minyak alami atau sebum pada rambut yang diproduksi oleh kelenjar minyak (sebaceous glands) dapat didistribusikan secara merata ke seluruh rambut. Sehingga setiap kali Anda selesai menyisir, rambut Anda jadi rapi dan berkilau

Menyisir rambut terlalu sering bisa membuat gesekan pada rambut yang dapat menyebabkan kerusakan kutikula dan membuat rambut Anda terlihat keriting. Selain itu, jika Anda mengalami penipisan atau rambut rontok, menyisir rambut yang terlalu sering justru dapat menambah lebih banyak tekanan pada folikel rambut yang sudah rapuh.

Anda disarankan hanya menyisir rambut sesuai kebutuhan. Sisirlah rambut Anda dengan lembut menggunakan sisir ‘bergigi’ lebar atau sisir dengan bulu lembut untuk mengurai rambut kusut Anda tanpa harus menarik dan menyakiti setiap helai rambut. Bukannya rambut Anda bertambah panjang dan berkilau, rambut Anda justru akan rusak

Lantas, bagaimana cara menyisir yang benar?

1. Jangan kasar

Tidak ada yang suka diperlakukan dengan kasar, termasuk rambut Anda. Namun, kebanyakan wanita menyisir rambutnya dengan kasar, apalagi ketika rambutnya kusut dan berantakan. Sisirlah rambut Anda dengan lembut agar tidak merusaknya. Termasuk saat mengeringkan rambut, jangan mengeringkannya dengan kasar. Gunakan handuk yang dapat menyerap air dengan baik.

2. Menyisir secukupnya saja

Sebagian wanita memang sulit untuk jauh-jauh dari sisir. Ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan tersebut. Terlalu sering menyisir rambut akan membuat rambut Anda rusak karena terus-menerus menarik rambut hingga ke akarnya. Sisirlah rambut Anda secukupnya saja.

3. Jangan sisiran saat rambut basah

Banyak wanita yang langsung menyisir rambutnya seusai keramas. Padahal, rambut yang basah itu rapuh. Menyisir rambut saat basah dapat memicu kerontokan. Keringkanlah rambut terlebih dahulu sebelum menyisirnya.

4. Mulailah menyisir dari 5 cm setelah akar rambut

Tanpa sadar, kebanyakan wanita menyisir rambut langsung dari akarnya. Padahal, ini merupakan cara menyisir yang salah. Menyisir dengan cara ini dapat membuat rambut tertarik dari akarnya dan menyebabkan rontok. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menyisir rambut mulai dari 5 cm setelah akar rambut.

5. Pilih sisir yang sesuai, hindari sisir plastik

Selain caranya, jenis sisir yang Anda gunakan akan sangat memengaruhi kesehatan rambut. Hindari menggunakan sisir dengan bahan 100% plastik, karena listrik statis yang tercipta dari sisir plastik dapat menyebabkan batang rambut terluka. Memang kondisi ini tidak kasat mata, tapi rambut akan berkurang kehalusannya.

6. Pastikan sisir Anda bersih

Selain memilih sisir yang tepat, pastikan sisir yang Anda gunakan bersih. Bersihkan sisir Anda minimal seminggu sekali. Sisir kotor dapat membuat kulit kepala kotor dan menyumbat pori-pori. Akibatnya, kulit kepala akan terasa gatal dan bahkan bisa berketombe. Tidak mau ini terjadi pada Anda, kan?

Setelah mengetahui cara menyisir rambut yang benar, Anda akan dapat memberi perawatan lebih pada mahkota Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The truth about hair: 10 things we’ve all been getting wrong. http://www.today.com/style/truth-about-10-common-hair-myths-t8001. Accessed 13 Juni 2017.

13 Hair Mistakes You Need To Stop Making. http://www.huffingtonpost.com/2013/08/22/hair-mistakes_n_3790579.html.

The 5 biggest hair myths. http://edition.cnn.com/2012/01/13/living/hair-myths-o/index.html. Accessed 13 Juni 2017.

Hair Cosmetics: An Overview. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4387693/. Accessed June 15 2017


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari
Tanggal diperbarui 23/06/2017
x