backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

4

Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Kering agar Tetap Lembap

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 23/10/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Kering agar Tetap Lembap

Pelembap atau moisturizer termasuk rangkaian perawatan kulit yang sangat penting, terlebih untuk kulit yang kering. Ini karena pelembap bisa membantu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai masalah di kulit.

Namun tentunya, Anda harus bisa memilih moisturizer yang paling cocok untuk jenis kulit Anda. Untuk membantu Anda memilih moisturizer yang tepat untuk kulit kering, simak rekomendasinya di bawah ini.

Cara kami memilih moisturizer untuk kulit kering

moisturizer yang mengandung hyaluronic acid

Memilih pelembap atau moisturizer yang tepat untuk kulit kering adalah langkah penting dalam rangkaian perawatan kulit wajah Anda.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda memilih moisturizer yang sesuai untuk mengatasi kulit kering.

1. Kenali jenis kulit

Sebelum memilih moisturizer, penting untuk mengenali jenis kulit kering Anda. Kulit kering dapat bervariasi dalam tingkat kekeringannya

Beberapa orang dengan kulit kering juga memiliki masalah kulit lainnya, seperti kulit sensitif atau berjerawat.

Oleh karena itu, memahami jenis kulit Anda akan membantu Anda memilih produk yang sesuai.

2. Pilih tekstur pelembap yang tepat

Dilansir dari American Academy of Dermatology Association, moisturizer untuk kulit kering tersedia dalam beberapa tekstur berbeda, yang meliputi losion, gel, krim, dan salep.

Pelembap gel umumnya berbahan dasar air dan terasa lebih ringan dibandingkan dengan losion. Oleh karena itu, untuk kulit kering yang berjerawat, pelembap dengan tekstur gel lebih disarankan.

Sementara itu, tekstur pelembap krim lebih tebal dan memiliki kandungan minya yang lebih banyak dibandingkan losion dan gel, sehingga lebih melembapkan.

Namun dalam hal memperbaiki kondisi kulit yang sangat kering, manfaat moisturizer bertekstur salep diketahui bisa bekerja lebih efektif karena memiliki tekstur yang paling tebal.

3. Perhatikan bahan aktif yang terkandung

Cari moisturizer yang mengandung bahan-bahan aktif yang melembapkan dan menutrisi kulit Anda. Beberapa bahan dalam moisturizer yang baik untuk kulit kering meliputi berikut ini.

  • Ceramide: membantu menjaga kelembapan kulit.
  • Glycerin: menarik dan menjaga kelembapan kulit.
  • Hyaluronic acid: menarik dan menjaga kelembapan kulit.
  • Minyak alami (misalnya minyak argan, minyak almond, minyak zaitun): Melembapkan dan melembutkan kulit.
  • Shea butter: membantu mengunci kelembaban.

4. Hindari produk dengan alkohol

Alkohol dalam produk skincare dapat membuat kondisi kulit kering menjadi lebih buruk.

Maka dari itu, pastikan untuk menghindari moisturizer yang mengandung alkohol, terutama alkohol denat atau alkohol isopropil.

5. Pilih moisturizer bebas pewangi dan hypoallergenic

Produk yang mengandung pewangi bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang kering.

Jadi sebaiknya, pilih moisturizer yang bebas dari pewangi atau hypoallergenic untuk menghindari potensi iritasi.

6. Pertimbangkan kandungan SPF (sunscreen)

Kulit kering juga perlu perlindungan dari sinar matahari. Untuk itu, Anda bisa memilih pelembap yang sekaligus mengandung SPF (sunscreen)

Jika Anda tidak menggunakan tabir surya terpisah, pertimbangkan moisturizer dengan SPF yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

10 rekomendasi moisturizer untuk kulit kering

Berikut ini adalah rekomendasi moisturizer yang bagus untuk kulit kering.

1.  SOMETHINC Calm Down! Skinpair R-Cover Cream Moisturizer

SOMETHINC Calm Down! Skinpair R-Cover Cream Moisturizer adalah pelembab wajah yang diklaim vegan atau tidak mengandung bahan hewani.

Pelembap ini bertekstur ringan dan berfungsi untuk melindungi lapisan barrier kulit dengan menghidrasi secara maksimal dan menenangkan kulit secara instan.

Bahan-bahan yang terkandung di dalam pelembap ini juga disebut cocok untuk kulit sensitif dan bisa meresap hingga ke dalam pori-pori.

Nomor registrasi BPOM: NA18230100935

2. Skin Game Kind Moisturizer

Skin Game Kind Moisturizer merupakan pelembap gel dengan kandungan yang dipercaya bisa membantu menghidrasi kulit wajah.

Bahan-bahan pelembap ini meliputi kolagen untuk melembapkan kulit, hyaluronic acid untuk menghidrasi, dan tiga jenis ceramide yang berfungsi untuk memperkuat skin barrier.

Tekstur pelembap ini diklaim nyaman digunakan semua jenis kulit pada siang ataupun malam hari. Ada dua ukuran yang tersedia, yaitu 120 ml dan 50 ml.

Nomor registrasi BPOM: NA18210103206

3. THE ORIGINOTE Hyalucera Moisturizer Gel

THE ORIGINOTE Hyalucera Moisturizer Gel adalah pelembab wajah yang diformulasikan dengan dua jenis hyaluron, ceramide, dan chlorelina.

Kandungan-kandungan diklaim dapat membantu merawat skin barrier dan menjaga keremajaan kulit.

Bahan-bahan tersebut juga berfungsi untuk mengunci hidrasi dan kelembapan untuk membuat kulit terasa kencang serta mencegah tanda penuaan dini.

Nomor registrasi BPOM: NA11230100109

4. COSRX Oil Free Ultra Moisturizing Lotion

COSRX Oil Free Ultra Moisturizing Lotion merupakan pelembap berbentuk lotion yang diklaim cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif, kulit berminyak, hingga berjerawat.

Pelembap ini bekerja dengan memberi sekaligus menjaga kelembapan dan kenyamanan dengan formula yang disebut ringan dan bebas minyak.

Ada juga bahan betula platyphylla japonica juice 70% (birch sap) dan bahan pelembap khusus untuk membantu menjaga air tetap di dalam dan permukaan kulit.

Nomor registrasi BPOM: NA26180102309

5. TRUEVE Advanced Brightening Gel

TRUEVE Advanced Brightening Gel adalah pelembap wajah yang diklaim mampu menghidrasi kulit hingga 48 jam dan dilengkapi dengan bahan pencerah kulit.

Bahan-bahan yang terkandung dalam pelembap ini meliputi berikut ini.

  • VC-IP (vitamin C premium) untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit tiga kali lebih cepat.
  • HYALU-10 untuk menghidrasi kulit hingga sepuluh lapisan terdalam.
  • Enam kali ceramide dan NMF untuk memperbaiki dan memperkuat skin barrier.
  • Nomor registrasi BPOM: NA18211902645

    6. SKIN1004 Madagascar Centella Soothing Cream

    SKIN1004 Madagascar Centella Soothing Cream adalah pelembap wajah yang mengandung bahan alami serta bahan-bahan penguat lapisan kulit yang secara instan memberikan hidrasi pada kulit.

    Pelembap ini mengandung empat jenis botanical ceramides berbeda yang biasa ditemukan di lapisan pengencang kulit.

    Selain itu, ada juga bahan pH6, yaitu formula asam untuk menutrisi lapisan kekencangan kulit.

    Untuk menjaga keamanannya, pelembap ini juga diklaim tidak mengandung 26 bahan penyebab alergi dan 20 bahan yang harus dihindari menurut daftar yang dibuat oleh MFDS.

    Nomor registrasi BPOM: NA26210100508

    7. SKINTIFIC 5x Ceramide Barrier Moisturizer Gel

    SKINTIFIC 5x Ceramide Barrier Moisturizer Gel merupakan pelembap yang menggabungkan tiga kandungan aktif ceramide, hyaluronic acid, dan centella asiatica.

    Bahan-bahan tersebut berfungsi untuk mengatasi permasalahan skin barrier yang rusak seperti kemerahan, kulit bertekstur, jerawat, dan juga kulit kering secara cepat.

    Pelembab ini juga diperkaya dengan teknologi gabungan lima jenis ceramide untuk melembapkan secara mendalam dan memperkuat lapisan kulit.

    Lima kali ceramide tersebut mampu membantu memperbaiki dan melindungi skin barrier dengan menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari faktor eksternal.

    Nomor registrasi BPOM: NA11230100167

    8. L’Oreal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Moisturizer Day Cream

    L’Oreal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Moisturizer Day Cream adalah pelembap wajah yang berfungsi untuk melembapkan dan mengenyalkan kulit serta membuat kulit tampak cerah dan muda.

    Dengan fungsinya tersebut, produk moisturizer ini mungkin cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering dan kusam.

    Pelembap ini diformulasikan dengan teknologi hyaluronic acid yang mengandung micro hyaluron berukuran 50 kali lebih kecil dari hyaluron pada umumnya.

    Kandungannya tersebut disebut mampu terserap lebih dalam untuk menjaga kelembapan yang tahan lama.

    Nomor registrasi BPOM: NA11210100015

    9. Cetaphil Moisturizing Cream

    Cetaphil Moisturizing Cream merupakan pelembap perawatan kulit wajah dengan kandungan yang melembutkan dan membantu melembapkan segala jenis kulit.

    Pelembap ini diklaim cocok untuk jenis kulit yang sangat kering, pecah-pecah, kasar, bersisik dan semua masalah kulit kering lainnya, bahkan yang sensitif sekalipun.

    Berkat khasiatnya tersebut, produk ini bahkan disebut dapat digunakan bayi baru lahir hingga dewasa.

    Terdapat kandungan minyak biji bunga matahari, vitamin E, dan minyak almond untuk membantu menjaga dan memperbaiki kelembapan serta memberikan perlindungan antioksidan pada lapisan kulit.

    Nomor registrasi BPOM: NC14160102779

    10. CeraVe daily moisturizing lotion

    CeraVe daily moisturizing lotion merupakan pelembap yang dikembangkan bersama dokter kulit dan disebut memiliki formula unik, ringan, dan tidak berminyak.

    Bahan-bahan yang terkandung diklaim bisa memberikan hidrasi 24 jam dan membantu memulihkan pelindung kulit dengan tiga ceramide esensial (1, 3, 6-II).

    Formulanya juga mengandung asam hialuronat untuk membantu menjaga kelembapan alami kulit.

    Nomor registrasi BPOM: NA11230100288

    Itu adalah rekomendasi moisturizer yang diklaim cocok dan bagus untuk kulit kering.

    Agar tidak salah pilih, Anda juga bisa membaca ulasan produk atau meminta rekomendasi dari dokter kulit untuk membantu memilih moisturizer yang cocok untuk kulit kering Anda.

    Jangan lupa pula untuk menerapkan cara pakai pelembap wajah yang tepat agar hasilnya maksimal.

    Ingat!

    Ingatlah bahwa perawatan kulit adalah hal yang sangat personal. Produk skincare yang bekerja efektif pada kulit orang lain belum tentu cocok untuk kulit Anda. Jadi, cobalah beberapa produk moisturizer yang berbeda hingga Anda bisa menemukan yang paling sesuai untuk kebutuhan kulit kering Anda.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Fakta medis diperiksa oleh

    Hello Sehat Medical Review Team


    Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 23/10/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan