home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sering Dinilai Buruk, Justru Inilah 5 Manfaat Mineral Oil dalam Kosmetik

Sering Dinilai Buruk, Justru Inilah 5 Manfaat Mineral Oil dalam Kosmetik

Mineral oil merupakan salah satu bahan yang paling sering ditemukan dalam produk skin care. Namun, bahan ini sering dinilai buruk karena dianggap dapat menyebabkan kulit kering dan penuaan dini. Padahal, mineral oil justru membawa sejumlah manfaat bagi kulit Anda. Apa saja contohnya?

Apa itu mineral oil?

Mineral oil alias minyak mineral adalah turunan dari petroleum, yaitu bahan bakar fosil atau yang biasa Anda sebut dengan minyak bumi. Minyak mineral sifatnya tidak berbau, tidak berwarna, tidak mudah teroksidasi dan bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Mineral oil memiliki beberapa nama lain dengan manfaat tersendiri, di antaranya liquid paraffin, liquid petroleum, dan petrolatum. Petrolatum atau petroleum jelly masih satu turunan dengan mineral oil, tapi memiliki struktur yang lebih padat seperti lilin (waxy).

Penggunaan minyak mineral untuk kosmetik masih menjadi perdebatan. Minyak mineral dianggap berbahaya karena mengandung zat karsinogen yang bisa menyebabkan kulit kering, penuaan dini, dan meningkatkan risiko kanker.

Faktanya, minyak oil dalam kosmetik adalah minyak yang telah dimurnikan. Fungsi utamanya yakni untuk melembabkan kulit. Studi menunjukkan bahwa minyak mineral yang telah dimurnikan tidak menyebabkan kanker.

Berbagai manfaat mineral oil untuk kulit

Minyak kemiri untuk alis

Berikut beberapa manfaat minyak mineral untuk kulit.

1. Melembapkan kulit yang kering

Seperti minyak pada umumnya, mineral oil juga memiliki efek melembapkan pada kulit yang kering. Jika Anda mengoleskannya pada kulit usai mandi, minyak akan mengunci kelembapan dalam jaringan kulit sehingga kulit tampak lebih sehat, kenyal, dan lembap.

Atas dasar yang sama pula minyak mineral tidak menyebabkan penuaan dini. Proses penuaan berlangsung lebih cepat pada kulit yang kering. Namun, mineral oil justru memiliki manfaat dalam mencegah risiko tersebut dengan menjaga kulit tetap lembap.

2. Mengatasi tumit pecah-pecah

Kulit kaki lebih mudah menjadi kering dan pecah-pecah, apalagi bila Anda sering beraktivitas di luar rumah. Jika Anda memiliki tumit pecah-pecah, akan lebih sulit bagi Anda untuk mengatasinya dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Untungnya, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengoleskan mineral oil pada kaki sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kulit kaki menjadi lebih lembap. Bila perlu, cobalah tidur memakai kaus kaki untuk mengoptimalkan hasilnya.

3. Meringankan gejala eksim ringan

Eksim (dermatitis atopik) bisa menimbulkan rasa gatal hebat dan peradangan kulit yang amat mengganggu. Keluhan ini biasanya semakin parah pada kulit yang kering. Ironisnya, eksim sendiri merupakan salah satu penyebab kulit kering.

Satu lagi manfaat mineral oil untuk kulit ialah meringankan gejala eksim ringan. Minyak akan bekerja sebagai lapisan pelindung yang menjaga kulit tetap lembap. Produk ini juga bisa menjadi alternatif bila Anda ingin mengurangi pemakaian steroid.

4. Mengatasi xerosis

Xerosis merupakan istilah medis untuk kulit kering yang tidak normal. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kebiasaan mencuci tangan secara berlebihan hingga sebagai efek samping dari terapi radiasi untuk kanker.

Sangat wajar bagi seseorang untuk mempunyai kulit yang kering. Namun, terapi radiasi bisa menyebabkan xerosis parah pada area kulit yang dilaser. Kabar baiknya, mineral oil terbukti ampuh mengatasi kulit kering akibat terapi ini.

5. Mengatasi ruam popok

Ruam popok merupakan peradangan kulit yang menimbulkan bercak-bercak merah pada kulit pantat bayi. Gangguan kulit ini umumnya disebabkan karena orang tua jarang mengganti popok, gesekan antara kulit bayi dan popok, atau kulit bayi sensitif.

Mineral oil memiliki manfaat untuk bayi yang mengalami ruam popok. Minyak ini dapat meringankan peradangan sehingga mengurangi rasa gatal dan bercak merah pada kulit pantat bayi. Anda pun bisa menggunakan minyak ini untuk mencegah ruam popok.

Jenis kulit yang sebaiknya tidak dirawat dengan mineral oil

Minyak mineral mampu menjaga kadar air dalam jaringan kulit sehingga kulit menjadi lembap. Jika kulit Anda sangat kering, minyak mineral tentu sangat membantu. Namun, lain halnya bila Anda memiliki kulit berminyak.

Produk yang mengandung mineral oil justru dapat membuat kulit semakin berminyak. Minyak berlebih kemudian bercampur dengan timbunan sel kulit mati dan menyumbat pori-pori kulit. Hal ini merupakan cikal-bakal tumbuhnya jerawat.

Untuk mencegah munculnya jerawat, Anda perlu melakukan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi dengan bahan alami maupun produk kimia akan membersihkan sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbat pori-pori.

Tidak seperti kebanyakan rumor yang ada, mineral oil justru memiliki manfaat sebagai pelembap kulit. Penggunaan minyak mineral pada jenis kulit yang tepat bahkan dapat membantu mengatasi keluhan akibat kulit yang kering.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Diaper rash – Symptoms and causes. (2021). Retrieved 21 June 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diaper-rash/symptoms-causes/syc-20371636

6 Uses of Mineral Oil: For Skin, Feet, Ears, Constipation, and More. (2021). Retrieved 21 June 2021, from https://www.healthline.com/health/mineral-oil-uses

Mineral Oil | Cosmetics Info. (2021). Retrieved 21 June 2021, from https://cosmeticsinfo.org/ingredient/mineral-oil-0

Are there any natural and alternative eczema treatments worth trying?. (2018). Retrieved 21 June 2021, from https://nationaleczema.org/alternative-treatments-dr-shi/

Rawlings, A., & Lombard, K. (2012). A review on the extensive skin benefits of mineral oil. International Journal Of Cosmetic Science, 34(6), 511-518. doi: 10.1111/j.1468-2494.2012.00752.x

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari Diperbarui 21/06/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x