backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

3 Manfaat Lidah Buaya dalam Mengatasi Flek Hitam Wajah

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

3 Manfaat Lidah Buaya dalam Mengatasi Flek Hitam Wajah

Lidah buaya dikenal karena khasiatnya untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti menghilangkan jerawat, mengurangi peradangan, hingga memudarkan flek hitam. Jika lidah buaya memang bisa menghilangkan flek hitam di wajah, bagaimana cara penggunaannya?

Manfaat lidah buaya untuk mengatasi flek hitam

Flek hitam adalah masalah kulit yang umum dialami. Kondisi hiperpigmentasi ini ditandai dengan munculnya bintik kecil berwarna cokelat muda atau cokelat tua di kulit. 

Bintik cokelat di kulit ini terbentuk akibat produksi sel melanin yang berlebih di kulit. Melanin merupakan zat pigmen pemberi warna gelap pada kulit. 

Salah satu cara mengatasi flek hitam di wajah adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Simak khasiat aloe vera dalam melawan hiperpigmentasi kulit berikut.

1. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Sinar matahari memang bermanfaat untuk kulit. Namun, paparan sinar matahari berlebihan justru dapat menjadi penyebab flek hitam dan kerutan di wajah.

Nah, lidah buaya dapat bermanfaat untuk mengatasi wajah flek hitam dengan membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

Studi dalam Photochemical and Photobiological Science menunjukkan bahwa ekstrak aloe vera atau lidah buaya mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

Tak hanya itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan kerutan karena mengandung senyawa antioksidan, seperti aloesone dan aloemodin yang mampu menangkal radikal bebas.

2. Mencerahkan kulit

Manfaat lidah buaya untuk mengatasi flek hitam di wajah selanjutnya berasal dari senyawa aloesin di dalamnya yang dapat membantu mencerahkan kulit. 

Studi dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menunjukkan senyawa aloesin pada lidah buaya dapat menghambat produksi enzim tironase, yakni enzim yang memicu produksi melanin di kulit.

Dengan begitu, lidah buaya bisa membantu memudarkan flek hitam sekaligus membuat wajah tampak cerah merata. 

Artikel terkait

3. Mengurangi peradangan pada kulit

Manfaat lidah buaya untuk mengatasi wajah dengan flek hitam lainnya adalah membantu mengurangi peradangan di kulit. 

Ketika kulit mengalami peradangan akibat jerawat atau eksim, tubuh akan memproduksi melanin lebih banyak dan menyebabkan warna kulit disekitarnya menjadi lebih gelap. 

Akibatnya, muncul bintik gelap di kulit sepeti flek hitam. Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menghambat zat sitokin pemicu perdagangan seperti TNF-alpha.  

Hal ini membuat lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati luka karena sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dimilikinya bisa membantu mencegah luka bertambah parah. 

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi flek hitam

lidah buaya untuk sakit gigi

Guna mendapatkan manfaat lidah buaya untuk mengatasi wajah dengan flek hitam, Anda bisa mengoleskannya langsung pada kulit atau membuat masker lidah buaya

Nah, berikut ini cara membuat masker lidah buaya yang tepat untuk membantu mengatasi flek hitam di wajah. 

  • Siapkan lidah buaya secukupnya, kemudian cuci hingga benar-benar bersih.
  • Kupas kulit lidah buaya dan ambil gel atau daging buahnya yang berwaran putih bening.
  • Masukan gel lidah buaya tersebut ke dalam wadah.
  • Oleskan gel lidah buaya tersebut ke kulit wajah secara perlahan hingga merata.
  • Diamkan selama beberapa saat sampai masker lidah buaya mulai mengering.
  • Setelah itu, bilas menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk. 
  • Lakukan perawatan kulit dengan masker lidah buaya ini secara rutin setidaknya dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal. 

    Meski ada berbagai manfaat lidah buaya untuk mengatasi flek hitam di wajah, Anda tetap harus berhati-hati menggunakannya.

    Pasalnya, pada beberapa orang, lidah buaya bisa memicu reaksi alergi, seperti gatal di kulit atau kemerahan. 

    Oleh sebab itu, lakukan tes di kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Jika Anda mengalami gejala reaksi alergi, segera hentikan penggunaan lidah buaya. 

    Kesimpulan


    • Lidah buaya dapat bermanfaat untuk memudarkan flek hitam di wajah karena bahan herbal ini mampu melindungi kulit dari sinar UV, mencerahkan kulit, serta mengurangi peradangan.
    • Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengoleskannya langsung di wajah sebagai masker lidah buaya. 
    • Lidah buaya bisa saja memicu iritasi dan kemerahan. Agar terhindar dari efek samping, lakukan tes di kulit terlebih dahulu sebelum mencobanya.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Patricia Lukas Goentoro

    General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 2 minggu lalu

    ad iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    ad iconIklan
    ad iconIklan