home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Makanan untuk Mencegah Munculnya Flek Kecokelatan di Kulit Anda

4 Makanan untuk Mencegah Munculnya Flek Kecokelatan di Kulit Anda

Kita menyebutnya flek, atau freckles, atau noda kecokelatan. Ia muncul di bagian kulit yang sering terkena matahari, seperti wajah, tangan, punggung tangan, dan bahu, dan biasanya bentuknya kecil-kecil namun banyak.

Biasanya flek ini akan mulai muncul saat usia Anda mencapai 50 tahun. Namun, anak-anak muda yang sering menghabiskan waktu di bawah sinar matahari juga biasanya sudah punya flek ini di beberapa bagian kulit.

Kabar baiknya, flek di kulit ini bisa dicegah dengan cara mengubah pola makan Anda.

Makanan yang bisa mencegah flek di kulit

1. Tuna

Ikan ini kaya akan nutrisi, termasuk niacin, piridoksin, magnesium, kalium, dan selenium, yang dapat mencegah dan memperbaiki flek kecokelatan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

2. Makanan yang kaya antioksidan

Flek di kulit juga bisa muncul akibat molekul radikal bebas yang menyerang sel-sel kulit. Makanan yang kaya antioksidan, contohnya buah-buahan dan kacang-kacangan, dapat menetralisir efek buruk radikal bebas ini, dan mengubah penampakan kulit.

Contoh vitamin, mineral, dan nutrisi dari makanan yang bisa mencegah dan menghilangkan flek di kulit antara lain adalah vitamin E, vitamin C, selenium, kromium, zinc, glutathione, kalsium, dan vitamin D. Tapi ingat, sebaiknya dapatkan nutrisi ini dari makanan dan bukan dari suplemen, kecuali direkomendasikan dokter.

3. Buah-buahan yang kayak vitamin C

Buah yang kaya vitamin C seperti jeruk atau nanas, bisa mencegah radikal bebas merusak sel kulit yang akibatnya memunculkan flek kecokelatan pada kulit. Vitamin C juga penting untuk memperbaiki jaringan kulit dan melawan kanker kulit.

4. Sayuran mentah

Sayuran mengandung banyak nutrisi, terutama serat, vitamin C, dan vitamin B, yang penting untuk kesehatan kulit. Lebih sehat lagi bila Anda mengonsumsi sayuran dalam keadaan mentah, karena ini dapat membersihkan racun dari tubuh yang jadi penyebab pembentukan flek pada kulit.

Yang harus dihindari

Konsumsi alkohol dalam jumlah tinggi dapat memicu munculnya flek pada kulit. Jika Anda sudah memiliki banyak flek kecokelatan di kulit, Anda harus menghindari alkohol dan mengurangi kafein, makanan manis, gorengan, dan makanan berlemak.

Mengatur pola makan dapat membantu mencegah flek di kulit jadi makin banyak, dan menyamarkan penampakan flek yang sudah Anda. Namun jika masalah flek Anda cukup parah, Anda mungkin perlu konsultasi dengan dermatologis untuk mencari solusi dan perawatan medis yang lebih efektif.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
  1. 5 ways to prevent age spots. http://www.thankyourbody.com/prevent-age-spots/. Accessed January 13, 2017
  2. Are there foods that heal age spots? http://www.livestrong.com/article/231509-foods-that-heal-age-spots/. Accessed January 13, 2017
  3. Anti aging diet. http://www.best-anti-aging-secrets.com/age-spots.html. Accessed January 13, 2017
  4. Combat age spots naturally with these foods. http://www.naturalnews.com/045550_age_spots_natural_treatment_food.html. Accessed January 13, 2017
Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi
Tanggal diperbarui 04/05/2017
x