backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Manfaat Asam Folat untuk Kulit yang Jarang Diketahui

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 27/11/2023

    7 Manfaat Asam Folat untuk Kulit yang Jarang Diketahui

    Asam folat, folat, folic acid, atau dikenal juga sebagai vitamin B9, adalah zat gizi penting yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit. Folat berpotensi melindungi kulit dari sinar matahari hingga meredakan gejala psoriasis. 

    Berbagai manfaat asam folat untuk kulit

    Secara umum, asam folat berfungsi penting dalam pembentukan sel darah merah, mendukung perkembangan sel, metabolisme asam amino, serta mengontrol tingkat hormon homosistein yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

    Namun, ternyata senyawa yang dikenal sebagai vitamin B9 ini juga baik untuk kesehatan kulit. Berikut penjelasannya. 

    1. Mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari

    Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak DNA sel kulit, sehingga meningkatkan risiko kerusakan kulit, seperti kulit kemerahan, kulit kering, ruam, kulit berminyak, flek hitam, penuaan dini, dan kanker kulit.

    Asam folat membantu tubuh membuat DNA dan RNA, termasuk membantu mengembangkan sel-sel kulit yang sehat, sehingga dapat membantu mengurangi berbagai kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

    2. Menjaga kelembapan kulit

    Manfaat folic acid untuk kulit lainnya meningkatkan dan mengunci kelembapan kulit. Hal ini karena folat mendukung regenerasi sel kulit, yang berperan dalam mempertahankan kulit yang sehat dan lembap. 

    Selain itu, senyawa ini memiliki sifat antiradang yang dapat mengatasi kulit kering. Pasalnya, kulit kering sering kali disebabkan oleh iritasi sehingga mengurangi peradangan dan dapat berkontribusi pada kulit yang lebih lembap.

    3. Meredakan penuaan kulit

    Manfaat asam folat untuk kulit penting untuk pembentukan kolagen, protein struktural yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Kolagen membantu menjaga kulit tetap kencang dan elastis, mengurangi munculnya garis-garis halus dan keriput.

    Oleh karena itu, menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam folat dapat meredakan berbagai gejala penuaan kulit, seperti garis halus, keriput, kulit kendur, dan kantung mata.

    4. Mengurangi peradangan kulit

    Asam folat memiliki sifat antiradang yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Hal ini karena asam folat dapat memengaruhi produksi sitokin, yang merupakan molekul sinyal dalam sistem kekebalan yang dapat memicu peradangan. 

    Dengan mengatur produksi sitokin, asam folat dapat membantu mengontrol respons inflamasi. Ini bermanfaat untuk kondisi kulit seperti jerawat atau dermatitis.

    5. Meredakan psoriasis

    Menurut penelitian dalam jurnal British Journal of Dermatology, pasien psoriasis memiliki tingkat hormon homosistein yang tinggi. Asam folat membantu mengurangi tingkat homosistein, sehingga dapat memberikan manfaat tambahan bagi individu dengan psoriasis.

    Oleh karena itu, tambahan folat melalui suplementasi atau mengonsumsi makanan tinggi asam folat penting untuk meredakan gejala psoriasis.

    6. Meredakan hiperpigmentasi

    asam folat untuk pria

    Paparan berlebihan terhadap sinar UV dapat menyebabkan produksi melanin yang berlebihan dan munculnya bintik-bintik gelap pada kulit (hiperpigmentasi).

    Nah, asam folat memiliki manfaat untuk mendukung regenerasi sel kulit, membantu menggantikan sel-sel kulit yang mati dengan yang baru. 

    Fungsi ini dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dengan merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih merata dalam produksi melanin.

    7. Mengatasi jerawat

    Folat memiliki sifat antiradang yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Jerawat sering kali terkait dengan peradangan pada folikel rambut dan kelenjar minyak. Nah, efek anti-inflamasi folat dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang terkait dengan jerawat.

    Selain itu, folat dapat membantu mengatur produksi minyak kulit. Kontrol yang baik terhadap produksi minyak kulit dapat membantu mencegah penyumbatan pori-pori dan perkembangan jerawat.

    Manfaat asam folat untuk kulit

    • Mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari.
    • Menjaga kelembapan.
    • Meredakan penuaan kulit.
    • Mengurangi peradangan kulit.
    • Meredakan gejala psoriasis.
    • Menyamarkan hiperpigmentasi.
    • Mengatasi jerawat.

    Tips memperoleh manfaat asam folat untuk kulit

    Untuk memperoleh manfaat di atas, Anda dapat mengonsumsi makanan yang tinggi asam folat. Makanan tersebut yaitu:

    • bayam,
    • brokoli,
    • asparagus, 
    • jeruk, 
    • pisang, 
    • lobak,
    • bit,
    • sawi hijau,
    • kedelai,
    • hati sapi,
    • ragi,
    • kacang-kacangan,
    • biji-bijian, dan 
    • produk-produk sereal yang diperkaya asam folat.

    Selain itu, manfaat asam folat untuk kulit dapat diperoleh lewat asupan suplemen asam folat yang dijual secara bebas. 

    Namun, untuk memastikan keamanannya, sebaiknya Anda konsultasi dulu dengan dokter. Hal ini untuk mengurangi efek samping dan melihat apakah asam folat cocok dikonsumsi oleh Anda atau tidak.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Andreas Wilson Setiawan

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 27/11/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan