backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Manfaat Daun Kelor untuk Wajah, Bisa Bantu Cerahkan Kulit

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 23/10/2023

10 Manfaat Daun Kelor untuk Wajah, Bisa Bantu Cerahkan Kulit

Di Indonesia, daun kelor dikenal punya manfaat untuk menjaga kesehatan kulit karena mengandung vitamin C, vitamin A, serta vitamin D. Selain itu, terdapat kandungan fitokimia, seperti flavonoid, fenolik, serta karotenoid yang bersifat antioksidan. Ketahui manfaat daun kelor untuk wajah serta cara menggunakannya.

Manfaat daun kelor untuk wajah

Simak daftar manfaat daun kelor untuk kecantikan berikut ini. 

1. Mencerahkan kulit wajah

Daun kelor dapat bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit wajah. Paparan radikal bebas yang berasal dari radiasi sinar UV dapat menyebabkan kerusakan pada struktur kulit, sehingga membuat kulit terlihat kusam. 

Studi dalam jurnal Creative Science menunjukkan bahwa ekstrak daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah.

Antioksidan bekerja dengan menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada struktur kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah. 

2. Mencegah penuaan kulit

Tranexamic acid untuk kulit wajah

Manfaat daun kelor untuk wajah selanjutnya adalah membantu mencegah penuaan kulit. 

Studi dalam jurnal  Frontiers in Nutrition melakukan penelitian menggunakan ekstrak daun kelor untuk melihat potensi daun herbal ini dalam mencegah penuaan kulit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa aktif di dalam daun kelor dapat membantu melawan enzim yang berkaitan dengan penuaan kulit, seperti enzim elastase, kolagenase, dan hyaluronidase

Peneliti juga menyebutkan bahwa daun kelor dapat menjadi bahan baku alami untuk produk skincare guna mencegah penuaan. Akan tetapi, penelitian tersebut tidak menjelaskan secara rinci mengenai senyawa aktif yang berperan dalam melawan enzim penuaan kulit

3. Mengatasi jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling sering dialami oleh banyak orang. Kondisi ini terjadi karena produksi minyak yang berlebih di kulit wajah dan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Selain itu, infeksi bakteri sering kali menjadi penyebab munculnya jerawat meradang pada kulit wajah. 

Daun kelor diketahui memiliki sifat antibakteri yang mampu melawan salah satu bakteri penyebab jerawat, yakni Curtobacterium acne

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat atau risiko menggunakan daun kelor untuk jerawat.

4. Memudarkan bekas jerawat

Bekas jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang kerap menurunkan kepercayaan diri. Kondisi ini ditandai dengan munculnya noda hitam atau kemerahan pada area kulit.

Daun kelor memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat pada kulit.

Vitamin C diketahui dapat meningkatkan produksi kolagen, yakni protein penting yang berperan dalam pembentukan sel kulit baru. Dengan begitu, bekas jerawat akan perlahan memudar. 

5. Mencegah kulit kering

Selain dapat membantu memudarkan bekas jerawat, manfaat daun kelor untuk wajah selanjutnya adalah mencegah kulit kering.

Studi dalam Journal of Medicinal Plants Research melakukan penelitian pada hewan menggunakan krim yang mengandung ekstrak daun kelor untuk melihat efektivitasnya dalam membantu melembapkan kulit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat gizi yang terdapat di dalam daun kelor, seperti vitamin A dan vitamin B, dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mengatasi kulit kering

6. Mengurangi minyak berlebih

foundation untuk kulit berminyak

Pada dasarnya, tubuh memproduksi minyak atau sebum secara alami untuk melembapkan kulit.

Namun, produksi minyak yang berlebihan justru dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit baru, seperti jerawat dan komedo. Nah, daun kelor diketahui mampu mengurangi minyak di wajah.

Studi dalam jurnal Biomedical Research mengungkapkan bahwa mengaplikasikan krim yang mengandung daun kelor sebanyak dua kali sehari selama 12 minggu berpotensi mengurangi produksi sebum di kulit. 

Penting diketahui, penelitian ini dilakukan pada musim dingin ketika kulit cenderung kering sepanjang hari.

7. Mengencangkan kulit wajah

Paparan radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan menurunnya elastisitas kulit. Daun kelor memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu mengencangkan kulit wajah.

Sebagai antioksidan, vitamin C dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang dapat menurunkan elastisitas kulit.

Selain itu, vitamin C juga diketahui dapat membantu untuk meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein untuk pembentukan sel kulit baru. Dengan begitu, kulit akan terlihat kencang.

8.  Mencegah flek hitam

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak struktur kulit dan mengakibatkan munculnya flek hitam atau age spot.

Kondisi ini biasanya terjadi pada bagian kulit yang sering terkena sinar matahari, seperti pada kulit wajah, tangan atau lengan.

Daun kelor memiliki sifat antioksidan yang diperoleh dari kandungan senyawa seperti flavonoid, tanin, atau saponin. 

Antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang menyebabkan kerusakan pada struktur kulit dan mencegah munculnya flek hitam

9. Menghaluskan kulit

Salah satu manfaat daun kelor untuk kecantikan adalah membantu menghaluskan kulit wajah secara alami

Pasalnya, kandungan vitamin A dan vitamin B di dalam daun herbal ini diketahui dapat membantu menghidrasi kulit dan mencegah kulit kering dan kasar.

Tidak hanya itu, daun herbal ini diketahui memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit akan terlihat lebih halus. 

10. Melindungi bibir

Sifat antioksidan yang dimiliki oleh daun herbal ini juga diketahui dapat membantu melindungi bibir dari paparan sinar matahari.

Selain itu, daun herbal ini dikenal sebagai pelembap alami yang mampu menghidrasi kulit bibir dan mencegah kulit bibir menjadi kering.

Hal ini membuat daun kelor seringkali digunakan sebagai bahan untuk pembuatan berbagai produk lip balm guna mengatasi bibir kering

Cara menggunakan daun kelor untuk perawatan wajah

manfaat daun kelor

Salah satu cara mendapatkan manfaat daun kelor untuk wajah adalah dengan mengonsumsinya secara langsung atau membuatnya menjadi masker wajah. Simak cara membuat masker daun kelor berikut ini. 

Bahan-bahan:

  • 1 sendok teh daun kelor yang telah dihaluskan menjadi bubuk.
  • 1 sendok makan madu.
  • 1 – 2 sendok makan air mawar untuk melembapkan kulit.

Cara membuat:

  • Siapkan satu buah mangkuk, lalu masukkan bubuk daun kelor bersama dengan satu sendok makan madu. 
  • Selanjutnya, masukkan air mawar ke dalam mangkuk dan aduk hingga merata.
  • Jika ingin teksturnya menjadi lebih halus, Anda juga bisa menambahkan 3 – 5 tetes essential oil.
  • Setelah semua bahan tercampur merata, oleskan bahan tersebut pada wajah Anda sebagai masker wajah.

Nah, itulah berbagai manfaat daun kelor untuk menjaga kesehatan kulit. Meskipun terbilang aman dan minim efek samping, daun herbal ini bisa menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang.

Jika timbul rasa gatal, kemerahan atau bengkak, segera hentikan penggunaan masker daun kelor. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 23/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan