home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Beragam Cara Memutihkan Selangkangan yang Bisa Anda Coba

Beragam Cara Memutihkan Selangkangan yang Bisa Anda Coba

Selangkangan yang berwarna gelap dan cenderung menghitam, kadang bikin tidak percaya diri untuk pakai celana pendek. Lalu, bagaimana cara memutihkan selangkangan yang aman dan tidak berisiko tinggi?

Seputar selangkangan yang berwarna gelap

cara memutihkan selangkangan hitam

Selangkangan yang berwarna gelap umumnya disebabkan karena struktur kulit bagian paha dalam menghasilkan melanin berlebihan. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit.

Bila berlebihan, hal ini akan membawa pada kondisi yang disebut dengan hiperpigmentasi kulit. Perubahan warna paha bagian dalam yang menggelap bahkan juga dapat melebar ke daerah luar vagina atau selangkangan.

Berbagai cara memutihkan selangkangan dapat dengan mudah Anda jumpai di dunia maya. Salah satunya yaitu dengan menggunakan krim pemutih instan yang dijual di media sosial atau toko online.

Padahal, krim pemutih selangkangan itu belum tentu aman karena ada kandungan kimiawi di dalamnya.

Penyebab selangkangan menghitam

  • Lecet. Ketika selangkangan mengalami luka lecet (yang mungkin terjadi karena berlari atau berjalan sehingga menyebabkan gesekan), kulit pada area tersebut akan menjadi tipis, gatal, dan berubah warna menjadi gelap.
  • Ketidakseimbangan hormon. Kondisi ini sering terjadi di kalangan wanita selama masa menyusui, kehamilan, atau menstruasi. Ini juga bisa terjadi apabila wanita mengalami kondisi sindrom ovarium polikistik (PCOS).
  • Konsumsi obat-obatan tertentu. Obat seperti alat kontrasepsi oral hormonal atau obat saat melakukan prosedur kemoterapi tertentu bisa bikin warna kulit lipatan jadi menggelap.
  • Akibat paparan sinar matahari.
  • Akibat kulit kering.
  • Akibat gesekan dari pakaian ketat.
  • Akibat akantosis nigrikans (gangguan pigmentasi kulit).
  • Mengalami diabetes melitus.

Selangkangan yang menghitam bisa menandakan beberapa hal

Selangkangan menghitam biasanya menjadi tanda bahwa tubuh Anda kemungkinan sedang mengalami kelebihan berat badan atau mungkin obesitas (kegemukan).

Hal ini juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda mengalami resistensi insulin ketika kulit di sekitar selangkangan menggelap. Kulit yang gelap juga dapat menunjukkan masalah kelenjar hingga tumor ganas.

Cara memutihkan selangkangan secara alami

alergi kentang

Jika khawatir dengan efek samping yang mungkin dibawa krim pemutih instan, Anda mungkin bisa bernapas lega. Pasalnya, terdapat beberapa bahan-bahan alami yang nyatanya bisa Anda racik sebagai cara memutihkan selangkangan alami.

Di bawah ini merupakan cara memutihkan selangkangan yang hitam secara sederhana dengan bahan-bahan di rumah.

1. Minyak kelapa dan lemon

Lemon merupakan buah tinggi vitamin C yang dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi. Sementara itu, minyak kelapa berfungsi sebagai pelembap dan dapat membantu menjaga paha Anda tetap lembap sekaligus menjaga elastisitas kulit.

Di bawah ini cara membuat racikan pemutih selangkangan dengan minyak kelapa dan lemon.

  • Campurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan perasan setengah buah lemon.
  • Gosokkan adonan ke area selangkangan tapi berhati-hatilah agar jangan sampai terkena alat kelamin.
  • Pijat dengan lembut selama 10 menit atau lebih.
  • Cuci bersih area selangkangan.

Penelitian menunjukkan bahwa bahan alami yang mengandung vitamin C mungkin lebih efektif mencerahkan kulit daripada bahan kimia lain.

2. Scrub gula

Gula dapat membantu mengeksfoliasi kulit. Eksfoliasi pada area kulit yang gelap dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Cara memutihkan selangkangan pakai gula bisa diikuti dengan langkah-langkah di bawah ini.

  • Campurkan 1 buah jus lemon segar, satu sendok teh gula, dan satu sendok makan madu.
  • Gosok lembut campuran ke paha bagian dalam.
  • Bilas area selangkangan hingga bersih untuk menghilangkan scrub.

Manfaat Scrubbing Badan dan Cara Melakukannya di Rumah

3. Scrub oatmeal dan yogurt

Oatmeal gandum dapat digunakan untuk mengobati masalah kulit kering yang meradang, seperti penyakit kulit eksim (dermatitis atopik). Sementara itu, yogurt mengandung asam laktat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Cara memutihkan selangkangan dengan ramuan oatmeal dan yogurt yaitu di bawah ini.

  • Campurkan 3 sendok makan yogurt dan 3 sendok makan oatmeal.
  • Aduk hingga rata dan membentuk pasta.
  • Oleskan scrub ke area kulit yang gelap dan gosok dengan lembut.
  • Bersihkan pasta yogurt dan oatmeal ini dari area selangkangan.

4. Baking soda

Baking soda (soda kue) dapat membuat kulit lapisan luar Anda mengelupas. Namun, Anda harus berhati-hati karena terlalu banyak menggunakan baking soda bisa membuat kulit jadi lecet dan akhirnya menimbulkan luka.

Bila Anda ingin mencoba menggunakan baking soda, berikut panduannya.

  • Tuang setengah sendok teh baking soda dan campurkan dengan 1 sendok teh air.
  • Oleskan tipis-tipis ke paha bagian dalam, seperti Anda akan memoleskan masker wajah atau tubuh.
  • Biarkan selama setidaknya 15 menit lalu bilas hingga bersih.

5. Lidah buaya

Gel lidah buaya atau produk pelembap dengan bahan dasar lidah buaya dapat merelaksasikan kulit yang lecet atau teriritasi. Lidah buaya mengandung zat aloin, yang kemungkinan bisa mencerahkan kulit.

Cara pakainya, oleskan seperti lotion, dan biarkan produk meresap ke kulit. Anda tidak perlu membilasnya setelah mengoleskan ke selangkangan.

6. Kentang

Menggosok kentang di kulit sudah lama menjadi cara tradisional untuk menyamarkan bintik gelap yang muncul di wajah atau area lain. Katekolase, enzim yang terkandung dalam kentang, diyakinin dapat membantu mencerahkan kulit.

Di bawah ini cara memutihkan selangkangan dengan bahan utama kentang.

  • Iris kentang.
  • Gosok irisan kentang di atas area selangkangan selama 15 menit atau lebih lama.
  • Cuci bersih dengan lembut area tersebut.

Cara memutihkan selangkangan dengan obat

cara memutihkan selangkangan

Selain dengan bahan alami, ada pula cara memutihkan selangkangan dengan obat. Obat yang digunakan umumnya berfungsi untuk mencerahkan kulit. Biasanya, obat ini juga terbuat dari bahan alami yang bisa mengurangi pigmentasi.

Menurut American Academy of Dermatology, keempat bahan dalam obat pemutih selangkangan di bawah ini dapat bekerja mencerahkan kulit dan tidak terlalu berisiko menimbulkan reaksi alergi.

Beberapa produk pemutih kulit lain juga bisa Anda dapatkan di toko obat, meski potensi menimbulkan reaksi alerginya lebih tinggi. Jika memiliki alergi, Anda mungkin harus berhati-hati dengan kandungan di bawah ini.

  • Arbutin
  • Asam kojic
  • Licorice

Sebelum memakai obat-obatan yang dibeli di apotek, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter dapat mengevaluasi penyebab selangkangan menghitam dan membantu Anda memilih produk yang sesuai.

Selain obat, Anda juga bisa melakukan treatment lain sebagai cara memutihkan selangkangan. Perawatan laser pemutih wajah merupakan salah satu cara untuk mengurangi pigmentasi pada kulit.

Dokter kulit Anda dapat merekomendasikan apakah perawatan laser sesuai untuk kebutuhan Anda. Proses penyembuhan mungkin tidak nyaman saat merawat paha bagian dalam, terutama jika paha Anda sering bergesekan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Acanthosis nigricans – Mayo Clinic. Mayoclinic.org. (2021). Retrieved 17 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acanthosis-nigricans/symptoms-causes/syc-20368983?DSECTION=all.

Alexis, A. F., & Blackcloud, P. (2013). Natural ingredients for darker skin types: growing options for hyperpigmentation. Journal of drugs in dermatology : JDD, 12(9 Suppl), s123–s127.

Ali, S. A., Galgut, J. M., & Choudhary, R. K. (2012). On the novel action of melanolysis by a leaf extract of Aloe vera and its active ingredient aloin, potent skin depigmenting agents. Planta medica, 78(8), 767–771. https://doi.org/10.1055/s-0031-1298406.

Duff, M., Demidova, O., Blackburn, S., & Shubrook, J. (2015). Cutaneous manifestations of diabetes mellitus. Clinical diabetes : a publication of the American Diabetes Association, 33(1), 40–48. https://doi.org/10.2337/diaclin.33.1.40.

Fowler J. F., Jr (2014). Colloidal oatmeal formulations and the treatment of atopic dermatitis. Journal of drugs in dermatology : JDD, 13(10), 1180–1185.

How to Fade Dark Spots in Skin of Color – American Academy of Dermatology Association. Aad.org. (2021). Retrieved 17 March 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/fade-dark-spots.

Hyperpigmentation – The American Osteopathic College of Dermatology. Aocd.org. (2021). Retrieved 17 March 2021, from https://www.aocd.org/page/Hyperpigmentation.

Injectable Skin Lightening and Skin Bleaching Products May Be Unsafe – U.S. Food & Drug Administration. Fda.gov. (2021). Retrieved 17 March 2021, from https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/injectable-skin-lightening-and-skin-bleaching-products-may-be-unsafe.

Skin Complications – American Diabetes Association. Diabetes.org. (2021). Retrieved 17 March 2021, from https://www.diabetes.org/diabetes/complications/skin-complications.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 22/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x