backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

8 Cara Membesarkan Pipi Tanpa Harus Menaikkan Berat Badan

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 30/07/2023

    8 Cara Membesarkan Pipi Tanpa Harus Menaikkan Berat Badan

    Pipi yang chubby bisa membuat Anda terlihat awet muda. Sementara itu, pipi yang kendur sering kali membuat wajah tampak lebih tua atau terlalu kurus. Untungnya, ada beberapa cara membesarkan pipi yang dapat Anda coba.

    Cara membesarkan pipi tanpa menggemukkan berat badan

    Berikut ini beberapa cara membesarkan pipi baik secara alami maupun dengan perawatan kulit di klinik kecantikan.

    1. Melakukan senam wajah

    Senam wajah atau disebut juga yoga wajah merupakan serangkaian gerakan untuk mengencangkan otot wajah agar lebih kuat dan tidak kendur. 

    Dalam penelitian JAMA Dermatology, peserta yang melakukan yoga wajah selama 30 menit sehari dalam 8 minggu memiliki kulit yang lebih kencang dan terlihat lebih muda.

    Salah satu gerakan yoga wajah yang bisa Anda coba yaitu dengan menutup mulut dan isi pipi dengan udara sebanyak mungkin lalu tahan posisi selama 45 detik. Kemudian, hembuskan udara secara perlahan.

    2. Mengoleskan lidah buaya

    manfaat lidah buaya untuk rambut

    Lidah buaya kaya akan vitamin C, E, dan B12 yang berperan dalam produksi kolagen dalam tubuh. Kandungan vitamin tersebut bermanfaat untuk mengencangkan kulit kendur.

    Lidah buaya juga kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kerutan.

    Sebuah penelitian dalam Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology mengatakan bahwa kandungan sterol dalam lidang buaya merangsang produksi hyaluronic acid yang mampu mengurangi kerutan pada wajah.

    3. Mengoleskan produk skincare berbahan apel

    Meski belum ada penelitian ilmiah yang spesifik menguji khasiat apel untuk kulit, banyak yang menganggap produk skincare yang mengandung apel dapat membesarkan pipi.

    Manfaat ini karena kandungan kolagen, elastin, dan antioksidan yang dapat membuat kulit muka makin kencang.

    Selain melalui produk skincare, Anda dapat membuat masker apel sendiri. Caranya dengan memarut apel kemudian jadikan masker muka.

    Diamkan masker menempel pada kulit selama 20 menit, lalu bilas dengan air mengalir. Lakukan secara rutin agar manfaatnya maksimal.

    4. Mengonsumsi apel

    Selain dijadikan masker, makan apel juga bisa menjadi cara membesarkan pipi. Hal ini karena kandungan vitamin A, B, dan C yang baik untuk mencegah kerusakan jaringan. 

    Apel juga dipercaya dapat merangsang kolagen dan elastin sehingga pipi terlihat lebih kenyal dan lembut.

    Anda dapat mengonsumsi apel secara langsung, dijadikan topping dalam salad buah, dibuat smoothies, atau dijadikan keripik apel.

    5. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat

    manfaat lemak bagi kesehatan tubuh

    Cara membesarkan pipi tanpa menggemukkan badan lainnya yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat.

    Beberapa contoh jenis makanannya yaitu biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan laut, seperti salmon serta kod.

    Makanan tersebut merupakan makanan tinggi kalori, dan mengandung zat gizi lainnya, seperti vitamin, asam lemak, dan mineral yang membantu menambah berat badan dengan cara yang sehat.

    6. Mengoleskan susu ke pipi

    Cara lain yang dapat Anda coba untuk membesarkan pipi secara alami yaitu dengan mengoleskan susu ke permukaan kulit

    Penelitian yang ditulis dalam Molecules mengatakan bahwa susu dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan mengangkat sel kulit mati.

    Penelitian tersebut juga disebutkan bahwa protein dan asam amino dalam susu dapat menyembuhkan jaringan rusak, sehingga membuat kulit lebih kencang dan bebas kendur.

    7. Oleskan face oil

    Cara bikin pipi tembem berikutnya yaitu dengan mengoleskan face oil. Pasalnya, menurut penelitian International Journal of Molecular Sciences, mengoleskan beberapa jenis face oil dapat membuat kulit makin kencang dan sehat.

    Hal ini karena face oil memiliki kandungan antiradang, melembabkan, dan meregenerasi sel kulit mati. Kandungan inilah yang membuat kulit makin kencang dan bebas kendur.

    Beberapa jenis face oil yang bisa Anda coba yaitu minyak almon, minyak alpukat, minyak kelapa, dan minyak zaitun.

    Bahaya reaksi alergi

    Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi pada jenis minyak wajah tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan uji tempel di sedikit area kulit sebelum mengoleskannya ke area yang lebih luas. 

    8. Derma filler

    Apabila cara membesarkan pipi secara alami di atas tidak berhasil, Anda dapat mempertimbangkan prosedur medis seperti derma filler.

    Derma filler yaitu prosedur dengan menyuntikkan filler ke bagian tubuh yang diinginkan. Untuk membesarkan pipi, filler atau zat pengisi langsung disuntikkan ke pipi oleh dokter spesialis.

    Perawatan ini cukup populer karena memiliki banyak manfaat, seperti mengatasi kulit kendur, menghilangkan kerutan, menghaluskan kulit wajah, membuat wajah awet muda, dan menyamarkan bekas luka.

    Cara menggemukkan pipi lainnya yaitu dengan menggunakan krim tabir surya. Hal ini penting untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang membuat gejala penuaan makin cepat muncul.

    Pertimbangkan juga untuk berhenti merokok, mengonsumsi alkohol, dan mengonsumsi makanan sehat.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Patricia Lukas Goentoro

    General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 30/07/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan