home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Stop Lakukan Ini Jika Ingin Bekas Jerawat Cepat Hilang

Stop Lakukan Ini Jika Ingin Bekas Jerawat Cepat Hilang

Saat berhadapan di depan kaca dan melihat ada satu spot bekas jerawat yang tak kunjung hilang, rasanya gemas ingin menuntaskan bekas jerawat tersebut. Padahal berbagai cara sudah dimaksimalkan untuk menuntaskan masalah bekas jerawat yang membandel.

Sayangnya, ada beberapa hal yang kadang tidak disadari dapat memperparah bekas jerawat. Ketahui kebiasaan dan hal apa saja yang membuat bekas jerawat tidak kunjung hilang.

Jangan lakukan ini kalau ingin bekas jerawat cepat hilang

Setitik bekas jerawat saja membuat tangan kita gatal untuk mengenyahkannya. Butuh kesabaran dan ketelitian untuk menuntaskan noda jerawat. Tak bisa dipungkiri, terkadang tangan atau tindakan sulit dikontrol sehingga menyebabkan bekas jerawat tak kunjung hilang.

Maka dari itu, ketahui beberapa hal yang harus Anda hentikan agar bekas jerawat cepat hilang.

1. Eksfoliasi berlebihan

Eksfoliasi memang membantu produksi protein alami untuk melapisi permukaan kulit paling luar dan meningkatkan aliran oksigen. Jika tidak dilakukan berlebihan, eksfoliasi mampu memperbaiki bekas kulit yang berjerawat.

Walaupun terbilang sebagai cara mengatasi masalah bekas jerawat, eksfoliasi yang berlebihan justru memperparah kondisi tersebut. Hal ini bisa menimbulkan iritasi, kemerahan, hingga peradangan bekas jerawat.

Hal ini juga memicu kulit pecah-pecah dan kering. Eksfoliasi yang berlebihan justru memicu reaksi kulit wajah menimbulkan breakout.

2. Terlalu sering mencuci wajah

Bila ingin bekas jerawat cepat hilang, jangan terlalu sering mencuci wajah. Mungkin saja sebagian orang berharap dengan sering mecuci muka dapat menghilangkan masalah jerawat dan bekasnya.

Menurut American Academy of Dermatology, mencuci wajah lebih dari dua kali sehari dapat meningkatkan iritasi dan memicu timbulnya jerawat (breakouts).

Agar bekas jerawat dapat teratasi secara optimal, cucilah muka seperti biasa. Cukup dua kali sehari, pagi dan malam.

3. Tidak mengaplikasikan sunscreen

Tidak mengaplikasikan sunscreen pada wajah, tentu tak mendukung bekas jerawat cepat hilang. Bekas jerawat terkadang menimbulkan dark spot yang membuat warna kulit tidak merata.

Paparan sinar matahari dapat menimbulkan dark spot akibat bekas jerawat. Oleh karena itu, penting untuk mengaplikasikan ulang sunscreen untuk melindungi permukaan kulit, serta menghindari kondisi kulit yang semakin parah.

Untuk aplikasi sunscreen, sebaiknya Anda memilih sunscreen dengan SPF minimal 30, yang mampu memproteksi kulit dari UVA dan UVB, serta tahan air.

4. Tidak mengaplikasikan gel penghilang bekas jerawat

Bekas jerawat tak kunjung hilang, padahal berbagai cara sudah ditempuh. Mungkin saja Anda tak terpikirkan untuk mengoleskan gel penghilang bekas jerawat. Ini adalah kunci ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat yang menetap.

Penampilan jadi tak maksimal karena jerawat mengganggu. Segera tangani dengan gel penghilang bekas jerawat yang memiliki kandungan Niacinamide, Allium Cepa, Mucopolysaccharide (MPS), serta pionin.

Keempat kandungan ini dapat secara efektif membantu memudarkan bekas jerawat, meratakan kulit akibat noda jerawat, serta menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

5. Memakai foundation yang tebal

Salah satu cara untuk menutupi bekas jerawat agar hilang sementara dengan membubuhkan foundation. Sayangnya, menerapkan foundation yang tebal bisa memperburuk masalah bekas jerawat.

Meskipun menjadi alternatif penyamar noda jerawat, aplikasi foundation berlebihan dapat mengiritasi kulit dan bisa menimbulkan jerawat. Ini bukan jadi solusi yang terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat.

Bila Anda perlu menutupi bekas jerawat dengan makeup karena harus menghadiri sebuah acara atau undangan, gunakan foundation yang bebas dari minyak dan non-comedogenic. Selain itu, cukup terapkan seperti biasa, tak perlu berlapis.

Perlu diketahui, Anda bisa saja mengaplikasikan gel penghilang bekas jerawat terlebih dahulu, lalu mengaplikasikan foundation. Dengan demikian, cara ini bisa mengoptimalkan bekas jerawat hilang.

Jangan lupa selalu mengingat kelima poin di atas untuk menghentikan kebiasaan buruk yang menyebabkan jerawat tak kunjung hilang.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

7 ways to improve the appearance of scarring. https://www.netdoctor.co.uk/beauty/skincare/a26570/what-you-can-do-about-scarring/. Diakses 2 Desember 2019.

7 Innocent Habits That Practically Guarantee Your Acne Will Scar. https://www.thehealthy.com/skin-health/acne/acne-scars/. Diakses 2 Desember 2019.

Halt the Face Acids: Here’s How to Know If You’re Over-Exfoliating. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/over-exfoliating#signs-of-over–exfoliation. Diakses 2 Desember 2019.

The best ways to get rid of dark spots on black skin. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325454.php#how-to-get-rid-of-dark-spots. Diakses 2 Desember 2019.

10 SKIN CARE HABITS THAT CAN WORSEN ACNE. https://www.aad.org/habits-to-stop. Diakses 2 Desember 2019.

Everything You Should Know About Niacinamide. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/niacinamide#niacinamide-vs.-niacin. Diakses 2 Desember 2019.

Wanitphakdeedecha, R., Eimpunth, S., & Manuskiatti, W. (2011). The Effects of Mucopolysaccharide Polysulphate on Hydration and Elasticity of Human Skin. Dermatology Research And Practice, 2011, 1-5. doi: 10.1155/2011/807906. Diakses 2 Desember 2019.

Pionin. https://cosmetics.specialchem.com/product/i-nagase-pionin. Diakses 2 Desember 2019.

A New Proprietary Onion Extract Gel Improves the Appearance of New Scars. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3390235/. Diakses 2 Desember 2019.


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal diperbarui 14/01/2020
x