backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

5 Manfaat Body Butter untuk Kulit dan Cara Menggunakannya

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 11 jam lalu

5 Manfaat Body Butter untuk Kulit dan Cara Menggunakannya

Saat ini, ada banyak rupa produk skincare di pasaran, salah satunya adalah body butter. Produk ini diketahui dapat membantu untuk melembabkan kulit dan melembutkan kulit. Telusuri beragam manfaat body butter untuk merawat kulit selanjutnya dalam ulasan berikut ini. 

Apa itu body butter?

Body butter adalah produk perawatan kulit yang terbuat dari berbagai minyak essensial dan butter untuk menjaga kelembapan kulit. 

Biasanya, produk skincare ini terbuat dari shea butter, cocoa butter, serta minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak jojoba.

Body butter memiliki tekstur yang kental, mirip dengan mentega dan cocok untuk tipe kulit kering yang tidak cukup hanya dengan menggunakan body lotion.

Manfaat body butter

Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan body butter secara rutin.

1. Menjaga kelembapan kulit

eksfoliasi kulit

Fungsi utama body butter adalah untuk melembapkan kulit, terutama pada area kulit yang mudah bersisik atau mengelupas, seperti siku kulit.

Hal ini karena body butter mengandung minyak yang mampu melindungi kulit dengan cara menciptakan lapisan penghalang antara permukaan kulit dan lingkungan luar.

Penghalang tersebut dapat mengunci kelembapan kulit Anda, sehingga produk perawatan kulit ini cocok digunakan untuk membantu mengatasi kulit kering.

2. Menghaluskan kulit

Kulit kering dan kasar memang dapat membuat tidak percaya diri. Nah, salah satu manfaat body butter adalah membantu menghaluskan kulit.

Hal ini karena body butter mengandung minyak esensial seperti minyak kelapa yang memiliki sifat emolien.

Emolien dapat menghaluskan kulit serta meningkatkan hidrasi kulit. Dengan begitu, kulit akan tampak lebih kenyal dan halus. 

Perbedaan body butter dan body lotion

Body butter memiliki tekstur yang lebih kental dan padat dibandingkan body lotion karena tidak adanya kandungan air. Karena lebih kental, tingkat penyerapan body butter cenderung lebih lambat dari body lotion, sehingga produk skincare ini cocok digunakan di malam hari untuk melindungi kulit semalaman.  

3. Menutrisi kulit

Tidak hanya berfungsi melembapkan kulit yang kering, body butter juga dapat membantu menutrisi kulit. 

Beberapa produk body butter dilengkapi dengan asam lemak esensial serta berbagai vitamin yang bagus untuk kulit, seperti vitamin E dan vitamin C. 

Vitamin C dapat membantu menjaga elastisitas kulit serta mencegah munculnya tanda penuaan dini. 

4. Meredakan peradangan di kulit

Selain dapat melindungi kulit dari kerusakan, manfaat body butter selanjutnya adalah membantu mengurangi kemerahan di kulit. 

Mengutip Cleveland Clinic, salah satu bahan di dalam body butter, yakni shea butter memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan di kulit.

Selain itu, body butter juga mengandung asam linoleat yang mampu meredakan gejala dermatitis atopik, yakni penyakit kulit kronis yang membuat kulit meradang.

5. Melindungi kulit dari kerusakan

Kulit merupakan bagian tubuh yang paling rentan terpapar oleh radikal bebas yang berasal dari asap kendaraan, radiasi UV, atau debu. 

Paparan radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada sel kulit dan membuat kulit tampak kering dan kusam. 

Body butter mengandung vitamin E yang dapat berperan sebagai antioksidan untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga kulit tampak kencang dan sehat.

Cara menggunakan body butter

Untuk mendapatkan manfaat body butter, Anda tentu harus tahu cara menggunakannya yang tepat. Sebenarnya, cara pakai body butter hampir sama dengan body lotion. Berikut ini caranya.

  • Bersihkan kulit terlebih dahulu. Sebelum mengaplikasikan body butter di kulit, pastikan kulit Anda dalam keadaan bersih untuk meningkatkan penyerapan body butter
  • Tuangkan secukupnya. Ambil produk skincare ini secukupnya saja sesuai dengan kebutuhan area kulit yang akan diaplikasikan. Jangan terlalu banyak menggunakan body butter karena dapat menyebabkan kulit terasa lengket
  • Oleskan secara merata di kulit. Oleskan body butter secara merata ke kulit, terutama kulit yang mudah kering seperti siku, lutut, dan tumit.
  • Pijat lembut kulit. Pijat kulit Anda dengan lembut menyerupai gerakan melingkar untuk membantu penyerapan body butter

Nah, itulah beragam manfaat body butter serta cara menggunakannya yang tepat untuk merawat kulit agar tetap lembap.

Jika muncul reaksi alergi kulit setelah menggunakan produk pelembap kulit ini, seperti kemerahan dan gatal-gatal, segera hubungi dokter kulit untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Catatan

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 11 jam lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan