backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Cara Alami Memutihkan Kuku yang Menguning

Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri · General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 15/10/2023

7 Cara Alami Memutihkan Kuku yang Menguning

Kuku dapat mengalami perubahan warna yang membuatnya terlihat kusam atau kuning. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga masalah kesehatan. Untungnya, terdapat beberapa cara memutihkan kuku secara alami yang bisa Anda coba.

Berbagai cara memutihkan kuku yang kuning

Sebelum mencoba salah satu cara di bawah ini, bersihkan dulu kuku Anda dari sisa-sisa kotoran dan cat kuku yang mungkin masih menempel. Kalau sudah, silakan cara memutihkan kuku yang kuning di bawah ini.

1. Gosok dengan jus lemon

Cara memutihkan kuku menggunakan jus lemon cukup mudah. Caranya tuang perasan air lemon dari satu buah lemon besar ke dalam mangkuk, dan rendam kuku Anda di dalamnya selama beberapa menit.

Kemudian, gosok permukaan kuku dengan sikat gigi bulu halus dengan perlahan. Bilas sampai bersih lalu akhiri dengan pijat kuku.

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu menghilangkan noda, kotoran, dan lapisan yang mungkin menempel pada permukaan kuku.

Asam ini juga membantu dalam mengatasi masalah perubahan warna atau kuning pada kuku.

2. Gosok dengan pasta soda kue dan hidrogen peroksida

Untuk membersihkan kuku kuning dengan soda kue dan hidrogen peroksida cukup sederhana. Caranya, campurkan 1 sdm asam peroksida dan 2 1/2 sdm soda kue dalam mangkuk kecil. Aduk hingga menjadi pasta lalu oleskan permukaan kuku dengan pasta tersebut. 

Setelah itu, diamkan selama 5 – 10 menit. Kemudian, bilas sampai bersih dan pijat kuku jari dengan hand cream atau minyak atsiri. Ulangi cara ini pada kuku kuning Anda setiap 6 – 8 minggu sekali.

Soda kue memiliki sifat abrasif ringan, sehingga dapat membantu menghilangkan noda, kotoran, dan lapisan permukaan yang kasar pada berbagai benda, termasuk kuku. 

Soda kue juga bersifat sedikit basa sehingga dapat membantu menghilangkan asam yang mungkin terdapat pada kuku, yang dapat menyebabkan perubahan warna atau kuning pada kuku.

3. Oleskan dengan minyak zaitun

Cara menghilangkan kuku kuning dengan minyak zaitun yaitu dengan merendam kuku dan minyak zaitun selama beberapa menit.

Kemudian, sikat kuku dengan lembut untuk membersihkan kuku. Setelah itu, bilas tangan dengan air bersih dan keringkan.

Minyak zaitun kaya akan asam lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat. Asam lemak ini membantu menjaga kelembaban dan elastisitas kuku, sehingga membuatnya tampak lebih sehat dan cerah.

Selain itu, minyak zaitun juga memiliki sifat pemutih alami yang dapat membantu mengurangi perubahan warna pada kuku, termasuk warna kuning. Agar manfaatnya maksimal, lakukan perawatan kuku ini secara rutin.

4. Oleskan pasta gigi pemutih

Cara memutihkan kuku menggunakan pasta gigi cukup mudah. Gosok permukaan kuku Anda dengan pasta gigi pemutih dengan sikat kuku. Diamkan beberapa menit, dan bilas.

Sekadar mengingatkan, cara ini khususnya hanya ampuh untuk noda kuning pada kuku yang baru saja muncul.

Pasta gigi juga mengandung bahan pemutih seperti hidrogen peroksida atau peroksida karbamida. Bahan-bahan ini dapat membantu mengurangi warna kuning pada kuku dan memberikan tampilan yang lebih cerah.

Saat menggosok kuku menggunakan pasta gigi sebaiknya pelan-pelan menggosoknya. Pasta gigi bersifat abrasif sehingga dapat merusak kuku jika digunakan dengan cara kasar.

5. Bersihkan dengan cuka apel

Cuka apel tidak hanya mengeliminasi warna kuku kuning Anda, cairan kecut ini juga menyingkirkan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di kuku Anda.

Cara memutihkan kuku yang kuning dengan cuka apel cukup rendam kuku anda dalam 1/2 cangkir cuka apel selama 20 menit lalu keringkan. Anda bisa ulangi cara ini tiga kali sehari selama sebulan.

Cuka apel mengandung asam asetat, yang merupakan asam lemah yang dapat membantu menghilangkan noda, kotoran, dan lapisan yang menempel pada permukaan kuku.

Itu adalah salah satu alasan mengapa cuka apel sering digunakan sebagai bahan pembersih alami.

Cuka apel juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang dapat membantu menjaga kesehatan kuku dan mencegah kuku kaki menguning.

6. Oleskan tea tree oil

gambar kuku kuning dan menguning

Minyak pohon teh atau tea tree oil adalah minyak esensial yang dikenal memiliki berbagai sifat antijamur, antibakteri, dan antiseptik.

Menurut studi dalam jurnal Mycopathologia, sifat-sifat ini membuat tea tree oil sering digunakan dalam perawatan kulit dan kuku, termasuk untuk mengatasi perubahan warna kuning pada kuku. 

Cara menggunakan tea tree oil untuk menghilangkan noda kuning pada kuku yaitu dengan meneteskan beberapa tetes minyak pada kapas lalu oleskan ke kuku, diamkan 5 hingga 10 menit.

Anda dapat melakukannya beberapa kali sehari, terutama jika Anda memiliki infeksi jamur kuku yang sedang diobati.

7. Gosok dengan kulit jeruk

Apabila kuku Anda kuning dan memiliki jeruk di rumah, jangan dulu buang kulitnya. Anda bisa menyingkirkan kuku kuning dengan menggosokkan bagian dalam kulit jeruk langsung di permukaan kuku Anda.

Alternatifnya, Anda bisa membuat pasta halus dari kulit jeruk yang sudah dikeringkan dan ditumbuk halus, kemudian campur dengan sedikit air.

Oleskan pasta jeruk langsung di kuku anda lalu bilas sampai bersih dan oleskan minyak atsiri.

Kulit jeruk mengandung vitamin C, antioksidan, dan minyak esensial yang bisa membantu menjaga kuku Anda sehat dan memberikan tampilan yang lebih bersih.

Namun, efeknya mungkin tidak seketika terlihat dan memerlukan penggunaan secara teratur. Agar hasilnya maksimal dan kuku kuning hilang, ulangi cara ini dua kali sehari selama beberapa minggu.

Perawatan dan pembersihan kuku secara teratur adalah kunci untuk menjaga kuku tetap sehat dan bersih. Untuk mencegah kuku berwarna kuning sebaiknya hindari mengupas kunyit, menggunakan sarung tangan saat mencuci piring, serta menggunakan hand cream agar tangan dan kuku tetap lembap dan cerah.

Catatan akhir

Terdapat berbagai cara memutihkan kuku yang kuning, mulai dari menggunakan minyak zaitun, cuka apel, pasta gigi, hingga kulit jeruk. Lakukan perawatan ini secara rutin agar hasilnya maskimal, ya.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Tania Savitri

General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 15/10/2023

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan