Ragam Kandungan pada Salep Gatal yang Ampuh dan Efektif

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Gatal pada kulit tentu bikin tidak nyaman. Untungnya, Anda bisa mengatasinya dengan salep gatal. Tak hanya meredakan gatal, salep gatal juga bisa melembapkan kulit dan membantu sistem kekebalan tubuh agar tidak menimbulkan reaksi berlebihan.

Kenali dulu penyebab kulit gatal

Sebenarnya, gatal yang terjadi pada kebanyakan orang merupakan jenis penyakit kulit ringan yang muncul dalam waktu yang cepat dan dapat menghilang sendiri tanpa pemakaian obat-obatan khusus.

Anda bisa meredakan gatal dengan melakukan berbagai cara yang ada pada video berikut ini.

Gatal juga bisa menjadi pertanda dari suatu kondisi serius, apalagi jika gatal tak kunjung mereda meski telah ditangani dengan perawatan rumahan dan malah memunculkan tanda-tanda lain seperti ruam kulit kemerahan, lenting berair, dan demam.

Jenis obat gatal yang Anda pilih nantinya harus sesuai dengan penyakit atau kondisi yang mendasari kemunculannya. Banyak hal yang bisa membuat kulit Anda menjadi gatal.

Gatal bisa terjadi sebagai reaksi alergi setelah kulit Anda bersentuhan dengan pemicu gatal, seperti sabun atau lotion yang tidak cocok untuk jenis kulit Anda. Keadaan ini juga disebut dermatitis kontak.

Kondisi lain seperti kulit kering, eksim, tergigit serangga, atau infeksi seperti kurap dan kudis juga ditandai dengan munculnya rasa gatal pada kulit.

Jika Anda tidak yakin dengan penyebab rasa gatal pada kulit Anda, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kulit. Dengan begitu, Anda dapat memastikan ada atau tidaknya penyakit lain dan mendapatkan salep gatal yang tepat.

Jenis salep gatal yang ampuh mengobati

Salep untuk cacar air

Sebelum membeli krim atau salep untuk mengobati kulit gatal Anda, lihat labelnya dan pastikan produk yang Anda pilih mengandung bahan-bahan berikut ini.

Akan tetapi, sebelumnya Anda tetap wajib berkonsultasi dengan dokter agar tidak salah memilih krim untuk kulit gatal Anda.

1. Hidrokortison

Hidrokortison adalah salah satu krim steroid yang dapat mengurangi peradangan pada kulit.

Menurut dr. Ethan Lerner, Ph.D., seorang profesor dermatologi di Harvard Medical School, krim yang mengandung 1% hidrokortison dapat mengobati ruam dan gatal yang disebabkan oleh logam perhiasan, gesper, dan iritan dari produk laundry. 

Meski demikian, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan hidrokortison tanpa resep dokter dan selama lebih dari dua minggu. Pasalnya, pemakaian hidrokortison yang terlalu lama dapat menipiskan lapisan kulit dan bisa membuatnya menjadi lebih gatal.

Pemakaian obat juga tidak disarankan untuk area sekitar jari kaki, vagina, dan pangkal paha.

2. Calamine

Calamine yang biasanya tersedia dalam bentuk losion memang tidak sepopuler hidrokortison. Namun, kandungan calamine ini mengandung campuran oksida seng dan oksida besi yang efektif untuk menghilangkan gatal dan mengeringkan ruam yang melepuh.

Selain itu, gatal pada kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga dan sengatan terbukti ampuh teratasi dengan calamine.

3. Dipenhydramine

Dipenhydramine merupakan antihistamin yang banyak terdapat pada krim, gel, maupun semprot untuk mengobati kulit gatal. Dipenhydramine ini bekerja dengan menghalangi efek gatal dari histamin, senyawa yang diproduksi di kulit selama reaksi alergi.

Kandungan dipenhydramine direkomendasikan untuk kulit gatal yang disebabkan karena gigitan serangga atau sengatan hewan. Namun, Anda perlu hati-hati sebab penggunaan krim ini dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan alergi pada beberapa orang.

4. Pramoxine

Pramoxine merupakan anastesi ringan yang sering ditambahkan pada produk salep atau krim anti gatal yang juga mengandung hidrokortison atau bahan aktif lainnya.

Kandungan ini efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga.

5. Menthol

Menthol adalah senyawa yang ditemukan dalam daun peppermint. Sensasi dingin pada kandungan ini akan mengalihkan perhatian Anda dari gatal yang dirasakan.

Selain dimanfaatkan untuk memberikan aroma atau rasa pada beberapa produk pembersih dan makanan, kandungan menthol pada krim dan salep obat gatal juga dapat berfungsi untuk mengirimkan sensasi dingin ke kulit.

Menthol sangat efektif untuk mengatasi kulit gatal, tapi sayangnya tidak untuk semua orang. Pada orang yang memiliki alergi terhadap bahan ini, efek paparannya bisa saja menimbulkan reaksi alergi parah berupa syok anafilaksis

Apapun jenis krim atau salep yang Anda pilih untuk mengatasi gatal, sebelumnya Anda perlu mendiskusikannya dengan dokter spesialis kulit agar obat tidak menimbulkan efek samping yang serius.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Cacingan, toksoplasmosis, dan malaria adalah contoh penyakit infeksi parasit yang cukup umum di Indonesia. Bagaimana cara mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Penyakit Infeksi, Infeksi Jamur dan Parasit 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ketika demam menyerang, Anda pasti tidak enak badan. Mau istirahat atau makan jadi susah. Tenang saja, ini enam solusi yang tepat supaya Anda lebih nyaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Adakah dampak kesehatan tertentu jika kita makan makanan yang sama tiap harinya? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Pernah merasakan tidak bisa kentut? Tentu rasanya sangat mengganggu dan membuat perut terasa sakit. Tenang, atasi masalah susah kentut dengan cara alami ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit



Direkomendasikan untuk Anda

tremor bisa sembuh

Apakah Tremor Bisa Disembuhkan? Apa Saja Pengobatannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
penyakit kaki pada lansia

7 Masalah Pada Kaki yang Umum Terjadi Seiring Bertambahnya Usia

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
berhenti makan junk food

7 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Makan Junk Food

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit