home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Ragam Kandungan pada Salep Gatal yang Ampuh dan Efektif

Ragam Kandungan pada Salep Gatal yang Ampuh dan Efektif

Gatal pada kulit tentu bikin tidak nyaman. Untungnya, Anda bisa mengatasinya dengan salep gatal. Tak hanya meredakan gatal, salep gatal juga bisa melembapkan kulit dan membantu sistem kekebalan tubuh agar tidak menimbulkan reaksi berlebihan.

Kenali dulu penyebab kulit gatal

Sebenarnya, gatal yang terjadi pada kebanyakan orang merupakan jenis penyakit kulit ringan yang muncul dalam waktu yang cepat dan dapat menghilang sendiri tanpa pemakaian obat-obatan khusus.

Anda bisa meredakan gatal dengan melakukan berbagai cara yang ada pada video berikut ini.

Gatal juga bisa menjadi pertanda dari suatu kondisi serius, apalagi jika gatal tak kunjung mereda meski telah ditangani dengan perawatan rumahan dan malah memunculkan tanda-tanda lain seperti ruam kulit kemerahan, lenting berair, dan demam.

Jenis obat gatal yang Anda pilih nantinya harus sesuai dengan penyakit atau kondisi yang mendasari kemunculannya. Banyak hal yang bisa membuat kulit Anda menjadi gatal.

Gatal bisa terjadi sebagai reaksi alergi setelah kulit Anda bersentuhan dengan pemicu gatal, seperti sabun atau lotion yang tidak cocok untuk jenis kulit Anda. Keadaan ini juga disebut dermatitis kontak.

Kondisi lain seperti kulit kering, eksim, tergigit serangga, atau infeksi seperti kurap dan kudis juga ditandai dengan munculnya rasa gatal pada kulit.

Jika Anda tidak yakin dengan penyebab rasa gatal pada kulit Anda, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kulit. Dengan begitu, Anda dapat memastikan ada atau tidaknya penyakit lain dan mendapatkan salep gatal yang tepat.

Jenis salep gatal yang ampuh mengobati

Salep untuk cacar air

Sebelum membeli krim atau salep untuk mengobati kulit gatal Anda, lihat labelnya dan pastikan produk yang Anda pilih mengandung bahan-bahan berikut ini.

Akan tetapi, sebelumnya Anda tetap wajib berkonsultasi dengan dokter agar tidak salah memilih krim untuk kulit gatal Anda.

1. Hidrokortison

Hidrokortison adalah salah satu krim steroid yang dapat mengurangi peradangan pada kulit.

Menurut dr. Ethan Lerner, Ph.D., seorang profesor dermatologi di Harvard Medical School, krim yang mengandung 1% hidrokortison dapat mengobati ruam dan gatal yang disebabkan oleh logam perhiasan, gesper, dan iritan dari produk laundry.

Meski demikian, Anda tidak dianjurkan untuk menggunakan hidrokortison tanpa resep dokter dan selama lebih dari dua minggu. Pasalnya, pemakaian hidrokortison yang terlalu lama dapat menipiskan lapisan kulit dan bisa membuatnya menjadi lebih gatal.

Pemakaian obat juga tidak disarankan untuk area sekitar jari kaki, vagina, dan pangkal paha.

2. Calamine

Calamine yang biasanya tersedia dalam bentuk losion memang tidak sepopuler hidrokortison. Namun, kandungan calamine ini mengandung campuran oksida seng dan oksida besi yang efektif untuk menghilangkan gatal dan mengeringkan ruam yang melepuh.

Selain itu, gatal pada kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga dan sengatan terbukti ampuh teratasi dengan calamine.

3. Dipenhydramine

Dipenhydramine merupakan antihistamin yang banyak terdapat pada krim, gel, maupun semprot untuk mengobati kulit gatal. Dipenhydramine ini bekerja dengan menghalangi efek gatal dari histamin, senyawa yang diproduksi di kulit selama reaksi alergi.

Kandungan dipenhydramine direkomendasikan untuk kulit gatal yang disebabkan karena gigitan serangga atau sengatan hewan. Namun, Anda perlu hati-hati sebab penggunaan krim ini dapat mengiritasi kulit dan menimbulkan alergi pada beberapa orang.

4. Pramoxine

Pramoxine merupakan anastesi ringan yang sering ditambahkan pada produk salep atau krim anti gatal yang juga mengandung hidrokortison atau bahan aktif lainnya.

Kandungan ini efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga.

5. Menthol

Menthol adalah senyawa yang ditemukan dalam daun peppermint. Sensasi dingin pada kandungan ini akan mengalihkan perhatian Anda dari gatal yang dirasakan.

Selain dimanfaatkan untuk memberikan aroma atau rasa pada beberapa produk pembersih dan makanan, kandungan menthol pada krim dan salep obat gatal juga dapat berfungsi untuk mengirimkan sensasi dingin ke kulit.

Menthol sangat efektif untuk mengatasi kulit gatal, tapi sayangnya tidak untuk semua orang. Pada orang yang memiliki alergi terhadap bahan ini, efek paparannya bisa saja menimbulkan reaksi alergi parah berupa syok anafilaksis.

Apapun jenis krim atau salep yang Anda pilih untuk mengatasi gatal, sebelumnya Anda perlu mendiskusikannya dengan dokter spesialis kulit agar obat tidak menimbulkan efek samping yang serius.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Pick the Right Products to Stop Itchy Skin. (2017). Consumer Reports. Retrieved 20 November 2020, from https://www.consumerreports.org/medical-conditions/right-products-to-stop-itchy-skin/

What Can I Do for Dry, Itchy Skin? (2003). American Family Physician. Retrieved 20 November 2020, from https://www.aafp.org/afp/2003/0915/p1145.html

Hydrocortisone Cream: A Steroid Medicine. (2017). National Health Service. Retrieved 20 November 2020, from https://www.nhs.uk/medicines/hydrocortisone-skin-cream/

Menthol. (n.d.). RX List. Retrieved 20 November 2020, from https://www.rxlist.com/consumer_bengay_menthol_topical/drugs-condition.htm

Pramoxine. (2017). MedlinePlus Drug Information. Retrieved 20 November 2020, from https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682429.html

Diphenhydramine. (2018). MedlinePlus Drug Information. Retrieved 20 November 2020, from https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682539.html

Calamine. (2020). Drugs.com. Retrieved 20 November 2020,from https://www.drugs.com/mtm/calamine-topical.html#moreResources

 

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri Diperbarui 28/12/2020
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x