Gatal di Leher Terasa Menyiksa? Ini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Rasa gatal bisa muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk area leher. Sensasi gatal di leher bisa terasa sangat mengganggu, bahkan membuat Anda ingin terus menggaruk area tersebut dan bisa menyebabkan luka. Jika Anda pernah mengalaminya, ada baiknya Anda memahami apa saja penyebab dan cara mengatasi gatal di leher supaya tidak muncul lagi di kemudian hari.

Penyebab leher gatal yang harus diketahui

Area leher terdiri dari kulit, karena itu berbagai penyebab gatal pada kulit juga dapat memicu timbulnya sensasi gatal pada leher. Tanpa disadari, rasa gatal pada leher Anda bisa saja disebabkan oleh hal seperti:

  • terkena sinar matahari terlalu sering dan lama
  • berada di lingkungan yang kurang lembap dan kering
  • digigit serangga seperti kutu
  • reaksi alergi terhadap makanan, bahan-bahan tertentu, atau pemicu lainnya
  • iritasi akibat bahan kimia, pakaian, atau sabun
  • penyakit pada kulit atau penyakit yang melibatkan saraf
  • terlalu jarang atau terlalu sering mandi

Ketika Anda merasakan gatal di leher, cobalah untuk mengingat makanan apa yang baru-baru ini Anda konsumsi, bahan pakaian yang Anda kenakan, atau aktivitas apa yang Anda lakukan. Hal ini dapat membantu Anda mengenali penyebab timbulnya rasa gatal pada leher.

Cara mengatasi leher gatal yang bisa Anda lakukan

Jika rasa gatal pada leher disertai semburat kemerahan, kulit Anda mungkin mengalami ruam. Ruam yang ringan biasanya akan hilang dengan sendirinya, tapi Anda juga dapat mengatasi rasa gatal dengan tips berikut ini.

  • Oleskan tipis gel lidah buaya di area yang gatal setiap dua jam sekali. Anda bisa membeli gel lidah buaya yang dijual di apotek atau mengambilnya sendiri dari daun tanaman lidah buaya.
  • Ganti pakaian yang Anda kenakan dengan pakaian berbahan alami seperti katun. Pakaian tersebut juga sebaiknya longgar di area leher untuk mencegah iritasi.
  • Gunakan petroleum jelly pada leher yang gatal. Petroleum jelly memiliki beberapa keunggulan, di antaranya murah dan lembut pada kulit. Karenanya, Anda dapat menggunakan petroleum jelly setiap kali merasakan gatal di leher.
  • Mandi menggunakan bubuk oatmeal. Haluskan bubuk oatmeal dengan blender, lalu taburkan ke dalam bak berisi air. Setelah itu, Anda dapat berendam selama 15 menit.
  • Selain bubuk oatmeal, Anda juga bisa menggunakan baking soda. Campurkan segenggam baking soda ke dalam bak berisi air. Lalu, berendamlah selama 15-20 menit. Anda dapat mengulanginya sesuai kebutuhan.
  • Membuat pasta vitamin C. Caranya dengan menghaluskan dua tablet vitamin C, lalu tambahkan beberapa tetes air hingga teksturnya menjadi pasta. Oleskan pasta pada leher yang gatal.
  • Menggunakan bahan yang dapat melembapkan kulit seperti losion antigatal, gel pelembap, atau krim penyejuk kulit. Anda juga bisa menggunakan kompres dingin pada leher yang gatal.

Jika gatal di leher Anda disebabkan oleh alergi atau kondisi medis lainnya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter mungkin akan menyarankan pengobatan menggunakan krim kortikosteroid, obat alergi, fototerapi, atau metode lain yang sesuai dengan penyebabnya.

Meskipun dapat diatasi sendiri, tetaplah waspadai tanda-tanda lain seperti demam, menggigil, sesak napas, kaku sendi, dan sakit kepala. Anda pun sebaiknya memeriksakan diri bila kondisi ini berlangsung selama lebih dari 10 hari atau mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Gejala Alergi Dingin Ringan Hingga Berat yang Wajib Anda Kenali

Kulit mendadak memerah, hidung meler, dan bersin-bersin di ruangan ber-AC? Ini mungkin pertanda gejala alergi dingin. Simak ciri-ciri alergi dingin lainnya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Alergi, Alergi Lainnya 21 September 2020 . Waktu baca 6 menit

3 Cara Mengatasi Gatal Selama Pemulihan Luka Bakar

Meski menandakan bahwa luka akan sembuh, rasa gatal pada luka bakar dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagaimana cara mengatasi gatal pada luka bakar?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Pertolongan Pertama, Hidup Sehat 27 Maret 2020 . Waktu baca 3 menit

5 Penyebab Jerawat Terasa Gatal dan Tidak Nyaman

Banyak orang yang mengira bahwa penyebab jerawat terasa gatal adalah proses dari penyembuhan. Namun, ternyata ada faktor lain yang menyebabkan hal ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Jerawat, Kesehatan Kulit 24 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit

Ketiak Gatal Mengganggu? Jangan Digaruk, Ini 5 Cara Mengatasinya

Ketiak gatal pasti membuat Anda tidak nyaman dan gemas ingin terus menggaruknya. Supaya terbebas, ikuti cara mengatasi ketiak gatal berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 23 Maret 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gatal di selangkangan

8 Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Ampuh Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
gatal di malam hari

Sering Gatal di Malam Hari? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
obat gatal alami lidah buaya

Berbagai Pilihan Obat Gatal Alami Paling Ampuh

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
bentol merah pada bayi

Bentol Merah pada Bayi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit