home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Kondisi Penyebab Kulit Wajah Merah (Berbahaya Apa Tidak?)

5 Kondisi Penyebab Kulit Wajah Merah (Berbahaya Apa Tidak?)

Ketika Anda melihat wajah berwarna kemerahan, segera cari tahu penyebabnya. Wajah yang tiba-tiba memerah bisa disebabkan karena banyak hal dari yang ringan hingga cukup serius. Berikut berbagai penyebab wajah merah yang perlu Anda ketahui.

Berbagai penyebab wajah merah yang perlu diwaspadai

sindrom Cushing

1. Rosacea

Rosacea termasuk kondisi kulit yang menyebabkan kemerahan pada wajah. Tak hanya itu, kondisi ini juga membuat pembuluh darah di wajah akan terlihat dan terkadang menimbulkan benjolan kecil, merah berisi nanah.

Rosacea memang tidak dapat disembuhkan; tetapi beberapa perawatan yang tepat bisa membantu mengatasi kemerahan. Segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami masalah yang satu ini.

2. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak merupakan kondisi yang terjadi saat kulit terpapar benda atau zat yang memicu iritasi dan reaksi alergi. Biasanya, wajah menjadi salah satu bagian kulit yang rentan terkena dermatitis kontak seperti dari produk perawatan atau pewarna rambut.

Ruam ini biasanya disertai keluhan gatal, kulit kering, hingga rasa nyeri. Anda perlu berkonsultasi ke dokter jika ruam tersebut tidak kunjung sembuh.

3. Reaksi obat bisa jadi penyebab wajah merah

Beberapa jenis obat bisa menyebabkan reaksi kulit seperti terbakar matahari. Kondisi ini biasanya membuat kulit menjadi memerah secara tiba-tiba setelah Anda minum atau menggunakan obat-obatan jenis tertentu.

Krim hidrokortison (steroid) menjadi salah satu obat yang bisa membuat kulit wajah mengalami kemerahan.

Ruam yang disebabkan oleh krim hidrokortison biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika tak juga hilang Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter kulit.

4. Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh mengalami kekeliruan sehingga menyerang sel tubuh yang sehat.

Ketika seseorang mengidap lupus, sistem imunnya biasanya akan menyerang berbagai organ di tubuh hingga membuat kemerahan dan pembengkakan pada kulit termasuk wajah.

Biasanya kemerahan pada wajah akibat lupus membentuk pola seperti kupu-kupu. Kondisi ini membutuhkan perawatan dari dokter untuk membantu meredakan gejala yang muncul.

5. Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi saat kulit mengalami bercak merah keperakan yang bersisik dan terangkat. Psoriasis biasanya muncul di kulit kepala, wajah, siku, tangan, lutut, kaki, dada, punggung bawah, dan lipatan antara bokong.

Namun, psoriasis juga bisa muncul di kuku tangan maupun kaki.

Psoriasis termasuk penyakit autoimun yang tidak dapat disembuhkan. Akan tetapi, jangan khawatir karena biasanya berbagai perawatan baik dari dokter maupun rumahan bisa membantu meringankan masalah kulit yang satu ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal diperbarui 08/02/2021
x