home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Yuk, Coba 5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dalam Semalam Ini!

Yuk, Coba 5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dalam Semalam Ini!

Terbangun dengan wajah yang bruntusan, alias penuh jerawat, tentu dapat merusak suasana hati sepanjang hari. Terlebih ketika Anda hendak pergi ke luar rumah. Lantas, apa saja cara untuk menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam?

Cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam

cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam

Bruntusan atau jerawat pasir adalah jerawat yang ditandai dengan bintil kecil dan biasanya hampir tidak terlihat. Namun, jenis jerawat ini terasa kasar ketika disentuh.

Meski hampir tidak tampak, bruntusan tentu mengganggu kepercayaan diri sebagian orang. Itu sebabnya, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bruntusan di wajah hanya dalam semalam.

Di bawah ini beberapa tips mengatasi bruntusan agar tidak mengganggu penampilan Anda.

1. Menggunakan es batu

Salah satu cara alami menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat yaitu memanfaatkan es batu untuk wajah. Selain untuk menyegarkan minuman Anda, es batu juga bisa dipakai sebagai alternatif mengatasi jerawat pasir.

Dilansir dari Cleveland Clinic, penggunaan es batu dapat membantu mengatasi jerawat, terutama yang berwarna merah dan bengkak. Hal ini dikarenakan efek dingin dari es dapat meredakan peradangan sementara waktu meski efeknya cepat hilang.

Meski begitu, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba es batu sebagai cara menghilangkan bruntusan dengan cepat. Ada pun cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam dengan es batu yakni sebagai berikut.

  • Bungkus es batu dengan kain tipis atau memakai kompres dingin.
  • Tempelkan kain pada jerawat selama satu menit.
  • Lakukan 1 – 2 kali sehari setelah membersihkan wajah.

Perlu diketahui bahwa es batu tidak mesti menghilangkan bruntusan dalam semalam. Namun, cara ini setidaknya dapat membantu meredakan peradangan pada kulit wajah dengan cepat.

2. Memakai tea tree oil

Selain es batu, cara lain menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam yaitu dengan memakai tea tree oil. Minyak jenis ini sudah sejak lama dipakai untuk mengatasi berbagai jenis jerawat, mulai dari yang ringan hingga yang parah.

Begini, penelitian yang dimuat dalam Australasian Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa sedikit minyak pohon teh dapat melawan jerawat. Sayangnya, cara ini hanya berlaku pada mereka yang tidak memiliki reaksi alergi terhadap minyak ini.

Bila tea tree oil yang dioleskan pada wajah yang berjerawat memicu alergi, tentu hal ini bisa menimbulkan masalah kulit baru. Oleh sebab itu, selalu uji bahan alami pada kulit tangan dengan tes kulit alergi sebelum dipakai pada wajah.

3. Mengoleskan teh hijau

Sudah bukan rahasia umum lagi bila minum teh hijau menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan. Namun, tahukah Anda bahwa mengoleskan langsung teh hijau juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi bruntusan dengan cepat?

Berkat kandungan flavonoid dan tanin di dalamnya, teh hijau dipercaya dapat membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Hal ini juga telah dibuktikan lewat penelitian yang dimuat dalam The Journal of investigative dermatology.

Para peneliti melaporkan bahwa teh hijau mengandung antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang tinggi. Jenis antioksidan ini ternyata dapat membantu mengatasi masalah jerawat, termasuk bruntusan dengan cara:

  • melawan peradangan,
  • mengurangi produksi sebum, serta
  • menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat (P. acnes).

Kabar baiknya, olahan teh hijau untuk jerawat dengan cara dioleskan pada wajah tersedia cukup banyak di pasaran. Bahkan, Anda juga bisa membuat olesan teh hijau di rumah dengan mudah.

4. Membuat masker madu

Selain digunakan sebagai pemanis alami, madu yang kaya manfaat ternyata juga bisa dimasukkan ke dalam salah satu cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam.

Madu merupakan bahan alami yang diproduksi oleh aktivitas enzim, materi tanaman, dan bakteri hidup. Ketiganya bersatu dan menghasilkan proses yang unik, sehingga membuat madu sangat berguna, terutama untuk melawan jerawat.

Hal ini mungkin dikarenakan madu, terutama madu mentah, membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit. Salah satu jenis madu mentah yang sering dipakai dalam obat alami jerawat adalah madu manuka.

Anda bisa mengolah madu menjadi masker yang bermanfaat bagi wajah yang bruntusan. Beberapa langkah untuk membuat masker dari olahan madu untuk jerawat yaitu:

  • campurkan madu dengan kayu manis,
  • hangatkan campuran tersebut dalam microwave,
  • oleskan pada kulit,
  • diamkan selama 8 – 10 menit, dan
  • bilas wajah dengan air hangat serta tepuk kulit hingga kering.

Bila Anda alergi terhadap madu atau kayu manis, hindari penggunaan keduanya untuk mencegah kemunculan reaksi alergi. Jika tidak yakin, pastikan Anda melakukan patch test (uji tempel) pada madu dan bahan lain yang hendak digunakan.

5. Melembapkan wajah dengan lidah buaya

Lidah buaya termasuk tanaman sukulen (batang dan daun tebal) yang telah lama menjadi obat alami jerawat. Bahkan, tanaman berwarna hijau ini disebut dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam.

Kandungan gel bening yang ada dalam daun lidah buaya merupakan jawaban dari temuan tersebut. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat meningkatkan efektivitas obat penghilang jerawat.

Salah satu penelitian tersebut berasal dari Journal of Dermatological Treatment. Penelitian ini membandingkan dua kondisi, yaitu menggunakan tretinoin tropikal dan gel lidah buaya, sedangkan lainnya memanfaatkan tretinoin dan plasebo.

Hasilnya, kelompok yang menggunakan tretinoin dan lidah buaya memiliki lebih sedikit jerawat yang memerah. Meski tidak langsung dapat menghilangkan bruntusan dalam semalam, setidaknya lidah buaya dapat meredakan peradangan dengan cepat.

Kenyataannya, tidak ada cara yang benar-benar dapat menghilangkan bruntusan di wajah dalam semalam. Namun, Anda masih bisa mencoba berbagai langkah di atas untuk meredakan kondisi yang dialami, asalkan sudah berkonsultasi dengan dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Malhi, H., Tu, J., Riley, T., Kumarasinghe, S., & Hammer, K. (2016). Tea tree oil gel for mild to moderate acne; a 12 week uncontrolled, open-label phase II pilot study. Australasian Journal Of Dermatology, 58(3), 205-210. doi: 10.1111/ajd.12465. Retrieved 15 March 2021. 

Yoon, J. Y., Kwon, H. H., Min, S. U., Thiboutot, D. M., & Suh, D. H. (2013). Epigallocatechin-3-gallate improves acne in humans by modulating intracellular molecular targets and inhibiting P. acnes. The Journal of investigative dermatology, 133(2), 429–440. https://doi.org/10.1038/jid.2012.292. Retrieved 15 March 2021. 

Burlando, B., & Cornara, L. (2013). Honey in dermatology and skin care: a review. Journal Of Cosmetic Dermatology, 12(4), 306-313. doi: 10.1111/jocd.12058. Retrieved 15 March 2021. 

Hajheydari, Z., Saeedi, M., Morteza-Semnani, K., & Soltani, A. (2013). Effect of Aloe vera topical gel combined with tretinoin in treatment of mild and moderate acne vulgaris: a randomized, double-blind, prospective trial. Journal Of Dermatological Treatment, 25(2), 123-129. doi: 10.3109/09546634.2013.768328. Retrieved 15 March 2021. 

A Dermatologist’s Advice on How to Get Rid of a Pimple — Stat!. (2019). Cleveland Clinic. Retrieved 15 March 2021, from https://health.clevelandclinic.org/a-dermatologists-advice-on-how-to-get-rid-of-a-pimple/ 

Ngan, V. (2014). Comedonal acne. Dermnet NZ. Retrieved 15 March 2021, from https://dermnetnz.org/topics/comedonal-acne/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 3 minggu lalu
x