Benarkah Ampuh Menggunakan Lemon untuk Jerawat?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Lemon termasuk buah dengan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Bahkan, buah berwarna kuning ini disebut dapat digunakan sebagai obat alami jerawat. Benarkah lemon dapat digunakan untuk mengatasi jerawat? Simak penjelasannya di sini. 

Bolehkah pakai lemon untuk masalah jerawat?

Jerawat adalah kondisi yang cukup umum terjadi pada hampir setiap orang, terutama remaja yang memasuki masa pubertas. Meski termasuk penyakit kulit kronis, ada sejumlah cara mudah untuk mengobati jerawat ketika segera ditangani. 

Salah satu cara yang banyak orang lakukan adalah memanfaatkan bahan alami, seperti lemon, untuk menghilangkan jerawat, mulai dari masker hingga perasan lemon. Sebagian dari mereka percaya bahwa antioksidan, asam sitrat, dan vitamin C di dalam lemon dapat membantu mengatasi masalah ini.

Asam sitrat yang ada di lemon dikenal sebagai zat exfoliant yang bertugas menghilangkan sel kulit mati pada lapisan kulit terluar. Lemon pun mempunyai sifat antibakteri yang dapat menghasilkan lingkungan asam, sehingga tidak disukai bakteri. 

Lemon juga kaya akan vitamin C yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Vitamin C merupakan bahan anti-aging dan antioksidan yang cukup ampuh dalam melawan radikal bebas. Bahkan, vitamin C juga dapat mencerahkan kulit dan mengurangi bekas kerutan di wajah. 

Tidak mengherankan bila banyak orang yang percaya bahwa lemon memiliki khasiat untuk mengatasi jerawat. Sayangnya, belum ada penelitian yang menyebut bahwa menggunakan lemon termasuk cara menghilangkan jerawat. Bahkan, lemon disebut dapat mengiritasi kulit yang berjerawat. 

Oleh sebab itu, penggunaan lemon, baik mengoleskan perasan maupun mengolahnya menjadi masker di kulit yang berjerawat, perlu dikonsultasikan dulu dengan dokter.

Segudang Penyebab Jerawat, Mulai Kosmetik Hingga Genetik

Mengapa lemon tidak cocok untuk masalah jerawat?

lemon menurunkan berat badan

Penggunaan jus atau perasan lemon langsung ke kulit memang bukan cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya dalam menjaga kesehatan kulit. Bahkan, mengoleskan lemon langsung untuk mengatasi jerawat juga tidak disarankan. 

Kandungan asam pada lemon yang cukup tinggi, yakni pH 2, membuatnya tidak cocok sebagai perawatan kulit berjerawat. Pasalnya, pH alami kulit wajah manusia berkisar antara 4,5 – 5,5. Lemon tidak hanya dua kali lebih asam dari pH kulit, tetapi 100 kali lebih asam. 

Kondisi ini dapat terjadi karena setiap penurunan skala pH, tingkat keasaman suatu senyawa juga akan meningkat menjadi 10 kali lipat. pH lemon yang cenderung lemah ini dapat menyebabkan berbagai efek samping pada kulit, seperti: 

Ini disebabkan oleh furocoumarins yang terkandung dalam lemon dapat menyebabkan menimbulkan penyakit kulit ketika terpapar sinar UVA. Jika senyawa tersebut terpapar dengan matahari menimbulkan reaksi berupa ruam dan iritasi kulit yang parah.

Berbagai efek samping tersebut akan lebih berisiko jika Anda menggunakan perasan lemon langsung pada kulit setiap hari. Oleh sebab itu, selalu konsultasikan dengan dokter terkait penggunaan lemon untuk mengatasi jerawat, dari jenis yang ringan hingga berat.

Tips aman menggunakan lemon 

Lemon mungkin bukan obat jerawat alami yang Anda cari. Namun, ketika digunakan dengan hati-hati Anda bisa merasakan berbagai manfaatnya untuk kesehatan kulit. 

Jika ingin menggunakan perasan lemon sebagai perawatan untuk kulit, beberapa tips di bawah ini dapat membantu menghindari risiko efek samping. 

  • Hindari penggunaan lemon jika memiliki kulit sensitif.
  • Hindari mengoleskan perasan air lemon langsung ke kulit.
  • Campurkan lemon dengan bahan lain, seperti madu atau oatmeal jika ingin menggunakannya untuk muka berjerawat.
  • Batasi penggunaan lemon, yakni beberapa kali dalam sebulan karena dapat membuat kulit kering.
  • Segera hentikan pemakaian bila melihat adanya ruam atau iritasi.

Sebenarnya, cara mengatasi jerawat yang paling efektif adalah menggunakan pengobatan yang sudah terbukti aman dan ampuh. Jika Anda memiliki masalah kulit terkait jerawat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Selain lebih murah, waxing di rumah dengan bahan alami ternyata lebih aman karena memiliki kemungkinan infeksi lebih kecil daripada waxing di salon.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Berbagai Penyebab Jamur pada Kuku yang Perlu Anda Ketahui

Kuku rapuh dan menghitam merupakan tanda-tanda infeksi jamur pada kuku. Apa penyebab jamur kuku dan bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Jika memiliki kulit leher hitam, ketahui dulu apa penyebabnya. Setelah itu, cari tahu cara menghilangkan hitam di leher. SImak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Kulit 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

minyak biji anggur untuk bekas jerawat

Seberapa Manjur Minyak Biji Anggur untuk Hilangkan Bekas Jerawat?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
pakai masker wajah setiap hari

Apakah Pakai Masker Wajah Setiap Hari Pasti Bikin Kulit Lebih Mulus?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
skincare anti-aging usia 50 tahun

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
obat flu paling ampuh obat flu di apotek

Beragam Pilihan Obat Flu Paling Ampuh yang Aman untuk Orang Dewasa dan Anak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit